lulusan pesantren jadi apa

Lulusan Pesantren Jadi Apa? Berikut 7 Pekerjaan yang Cocok

Mungkin masih banyak orang yang bertanya-tanya, lulusan pesantren jadi apa? Karena pesantren berbeda dengan sekolah pada umumnya. Yaitu merupakan tempat pendidikan yang fokus mempelajari ilmu agama (Islam).

Sampai saat ini, pesantren masih banyak diminati, terutama oleh para orangtua supaya anak-anaknya mempelajari ilmu agama. Dengan harapan menjadi anak-anak yang soleh, beriman, bertakwa, dan menjadi anak yang berbakti.

Selain itu, dengan memasukkan ke pesantren para orangtua berharap anak-anak mereka akan terjaga dari pergaulan remaja yang meresahkan. Karena pada umumnya, anak-anak di pesantren akan tinggal (mondok) dalam waktu yang telah ditetapkan. 

Lalu, anak-anak pesantren apakah bisa kerja ? Tentu saja, setelah lulus mereka dapat bekerja dalam berbagai profesi, sesuai dengan kualifikasinya. Berikut beberapa daftar pekerjaan yang dapat dijadikan rekomendasi bagi lulusan pesantren.

Lulusan Pesantren Jadi Apa? Berikut Daftar Pekerjaan yang Cocok

Bagi Anda yang saat ini sedang menjalani pendidikan di pesantren, atau bagi orangtua yang telah memasukkan anak-anaknya ke pesantren. Jangan khawatir, karena lulusannya dapat bekerja di berbagai bidang, sesuai dengan minat dan kualifikasi yang dimilikinya.

Untuk itu, perlu untuk mengetahui lulusan pesantren jadi apa? Supaya dapat menentukkan pekerjaan yang diinginkan setelah lulus nanti. Apalagi bagi seorang lelaki, mendapatkan pekerjaan adalah keharusan, karena setelah menikah akan menjadi kepala rumah tangga.

1. Staff di Pesantren

Salah satu pekerjaan yang diperuntukkan bagi lulusan pesantren, salah satunya adalah menjadi Staff di Pesantren. Karena, pesantren merupakan tempat yang besar dengan berbagai manajemen yang dimiliki.

Sehingga, membutuhkan beberapa pegawai, seperti staff untuk mengurus berbagai administrasi pesantren dan yang lainnya.

Baca juga: Jurusan kuliah ips yang jarang diminati tapi menjanjikan

2. Seorang Da’i

Da’i adalah salah satu jawaban dari lulusan pesantren jadi apa? Yaitu seorang pendakwah yang bertugas untuk menyampaikan berbagai pesan dakwah ke mad’u (audiens). Da’i merupakan sebutan lain bagi seorang pendakwah.

Bagi lulusan pesantren, tentunya menjadi seorang Da’’i merupakan peluang yang besar. Yang dapat dijadikan sebagai pekerjaan. Apalagi di masa digitalisasi seperti sekarang. Seorang pendakwah dapat dengan mudah menyampaikan pesan-pesan dakwah secara online.

Walaupun, menyampaikan Risalah Islam adalah kewajiban bagi setiap muslim. Akan tetapi, ada keboleh untuk menjadikan hal tersebut sebagai pekerjaan. Atau dapat dijadikan sebagai pekerjaan sampingan.

3. Guru Agama

Lulusan pesantren jadi apa ? Salah satunya menjadi seorang guru di pesantren ataupun disekolah-sekolah yang berbasis agama. Tidak sedikit dari lulusan ini yang bekerja sebagai guru.

Diantaranya adalah menjadi guru agama, hingga guru mengaji (tahsin) di mesjid-mesjid. Dan sudah dapat dipastikan, dengan bekerja sebagai guru lulusannya dapat memperoleh penghasilan. Sekaligus dapat mengamalkan ilmu yang telah dipelajari selama belajar di pesantren.

Selain itu, juga dapat membuka les mengaji Al-Qur’an untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Dengan mempelajari huruf-huruf hijaiyah hingga tajwid dan tahsin secara mendalam.

Baca juga: Jurusan hukum kerja apa



4. PNS (Pegawai Negeri Sipil)

Mungkin belum banyak yang mengetahui, bahwa lulusan pesantren memiliki peluang untuk menjadi seorang PNS. Karena, pendidikan pesantren telah diakui di Indonesia sebagai salah satu pendidikan yang ada.

Sehingga, memberikan kesempatan kepada para lulusannya untuk mengikuti seleksi CPNS dan berkesempatan lulus menjadi PNS. Dan akan mendapatkan penghasilan dan fasilitas yang sama dengan lulusan lainnya, sesuai dengan kualifikasinya

5. Penerjemah Bahasa Arab

Umunya, di pesantren akan mempelajari salah satunya Bahasa Arab. Karena, disanalah para santri akan belajar berbagai kitab yang ditulis dalam bahasa Arab. Sehingga, pelajaran bahasa ini merupakan pelajaran wajib yang pasti ada.

Maka, sebaiknya pelajarilah bahasa Arab ini dengan sungguh-sungguh selama pendidikan di pesantren. Agar benar-benar menguasai bahasa Arab secara mendalam. Karena, dapat dipastikan seseorang yang ahli dalam bahasa Arab ini tidak akan kesulitan mendapat kerja.

Tidak sedikit sekolah-sekolah berbasis agama, atau suatu agency yang memerlukan penerjemah bahasa Arab. Sampai saat ini keberadaannya tetap axis, dengan penghasilan yang cukup besar.

6. Pengusaha

Selain berbagai pekerjaan diatas, lulusan pesantren jadi apa? Mereka berpeluang untuk menjadi seorang pengusaha atau pebisnis. Dengan mengembangkan minat yang dimiliki untuk dikembangkan menjadi sebuah bisnis.

Misalnya, beternak, bertani, berjualan, dan yang lainnya. Sehingga, tidak perlu merasa khawatir akan masa depan. Karena ada banyak pekerjaan yang dapat dilakukan oleh lulusan pesantren, tentunya dengan persiapan diri sejak dini yang diperlukan.

Agar setelah lulus nanti dapat menentukan strategi untuk segera mendapatkan pekerjaan. Sesuai dengan minat dan keahlian yang dimiliki. 

7. Content Creator

Di zaman modern ini, setiap orang dengan berbagai latar belakang pendidikan memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi seorang content creator. Bahkan untuk para lulusan pesantren sekalipun.

Dengan berbagai ilmu agama yang dimiliki, para lulusan pesantren dapat membuat berbagai konten kegamaan di berbagai medsos, seperti TikTok, Youtube, Instagram. Untuk menyampaikan ilmu-ilmu kegamaan melalui video.

Selain itu, juga dapat membuat konten video seputar pembelajaran bahasa Arab, kiat-kiat hingga tips. Hal ini akan banyak diperlukan, karena bahasa Arab merupakan bahasa yang memiliki peminat yang cukup banyak.

Itulah beberapa pekerjaan yang dapat dijadikan rekomendasi bagi lulusan pesantren. Sekaligus merupakan jawaban dari pertanyaan lulusan pesantren jadi apa.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!