Jurusan hukum kerja apa

Kuliah Jurusan Hukum Kerja Apa? Berikut Rekomendasinya

Jurusan hukum kerja apa?, mungkin untuk sebagian anak-anak yang menginjak kelas 3 SMA beranggapan bahwa kuliah jurusan hukum hanya akan bekerja menjadi seorang pengacara. Padahal masih banyak lagi lainnya. 

Ada beberapa bidang pekerjaan yang dapat ditekuni dengan benefit yang jauh lebih besar dari seorang pengacara seperti bekerja di sektor legal, bekerja di pendidikan, ekonomi, bisnis hingga diplomasi. 

Program studi Ilmu hukum menuntut Anda untuk belajar mengenai perundang-undangan yang meliputi hukum dasar perdata, konstitusi, tata negara, dagang dan pidana. Ilmu tersebut untuk persiapan ke dunia kerja maupun wirausaha. 

Skill apa saja yang penting untuk dimiliki seorang lulusan hukum?

Menurut Universitas Esa Unggul, Jurusan Ilmu Hukum memiliki peran penting dalam membentuk profesional di bidang hukum. Jurusan ini baik secara internasional dan nasional mempelajari terkait hukum. Berikut ini skill yang penting untuk dimiliki seorang lulusan hukum, yaitu:

1. Pemahaman Hukum

Kemampuan untuk memahami konsep-konsep dasar hukum, peraturan, dan prinsip-prinsip yang mendasari sistem hukum.

2. Analisis Hukum

Keterampilan menganalisis kasus hukum dan masalah hukum dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang relevan serta merumuskan argumen hukum yang kuat.

3. Pemecahan Masalah

Kemampuan untuk mengidentifikasi masalah hukum, mencari solusi yang tepat, dan mengajukan alternatif pemecahan masalah.



4. Pemahaman Dokumen Hukum

Mampu membaca, memahami, dan menafsirkan berbagai dokumen hukum, termasuk kontrak, peraturan, dan putusan pengadilan.

5. Komunikasi Lisan dan Tulisan

Keterampilan berkomunikasi secara efektif melalui pidato, presentasi, dan penulisan dokumen hukum yang jelas dan terstruktur.

6. Negosiasi dan Mediasi

Mampu bernegosiasi dan melakukan mediasi dalam penyelesaian sengketa, dengan kemampuan mendengarkan dan menemukan solusi yang memuaskan semua pihak.

7. Riset Hukum

Kemampuan melakukan riset hukum untuk menemukan preseden, kasus serupa, atau informasi yang mendukung argumen hukum.

8. Kerja Tim

Keterampilan bekerja sama dalam tim, terutama jika bekerja dalam lingkungan hukum yang melibatkan berbagai profesional.



9. Etika Profesi

Memahami dan menerapkan standar etika dalam praktik hukum, termasuk integritas, kerahasiaan, dan tanggung jawab terhadap klien.

10. Manajemen Waktu

Kemampuan mengatur waktu dengan efektif untuk menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu, terutama dalam menghadapi tenggat waktu yang ketat.

11. Kepemimpinan dan Pengambilan Keputusan

Mampu memimpin dan mengambil keputusan dengan kebijaksanaan, berdasarkan pemahaman yang mendalam tentang hukum dan dampaknya.

12. Adaptabilitas

Mampu beradaptasi dengan perubahan dalam hukum, lingkungan kerja, dan tuntutan klien.

13. Kemampuan Berbicara di Depan Umum

Keterampilan berbicara di depan umum yang baik, termasuk dalam pengadilan, seminar, atau pertemuan lainnya.

14. Kemampuan Teknologi

Memahami dan menggunakan teknologi yang relevan untuk bidang hukum, seperti perangkat lunak pengelolaan kasus dan riset hukum.

15. Kemampuan Penanganan Stres

Kemampuan untuk mengatasi tekanan dan stres yang sering terjadi dalam praktik hukum.

Baca juga: Jurusan manajemen kerja apa

Jurusan Hukum Kerja Apa? Ini Rekomendasinya

Prospek kerja untuk mahasiswa ilmu hukum sangatlah terbuka lebar, hal ini disebabkan karena baik perusahaan maupun instansi pemerintahan sangat membutuhkan ilmunya. Berikut adalah rekomendasi pekerjaan untuk lulusan jurusan tersebut. 

1. Pengacara

Jurusan hukum kerja apa? tentu saja sebagian besar lulusan ini mendambakan pekerjaan menjadi seorang pengacara profesional baik pengacara yang bekerja di sebuah lembaga maupun secara perseorangan. 

Terlepas dari dimana tempat ia bekerja, pengacara memiliki peran yang sangat penting untuk kliennya karena seorang pengacara memiliki tugas untuk membela hak klien, melakukan negosiasi hingga mengajukan tuntutan. 

2. Hakim

Tentu Anda sering melihat seseorang yang bekerja sebagai hakim entah itu melalui berita televisi maupun hakim yang ada di film-film atau drama. Profesi hakim bisa dilihat dengan sangat jelas karena perannya cukup menonjol. 

Hakim bertugas untuk mengatur jalannya sebuah persidangan dan membuat keputusan akhir terhadap kasus yang sedang disidangkan. Karena perannya sangat penting hakim harus memiliki integritas dan kredibilitas tinggi. 

3. HRD

Jurusan hukum kerja apa?, ternyata belum banyak orang tahu staff HRD tidak hanya diisi oleh mereka yang kuliah di jurusan psikologi saja akan tetapi diisi juga lulusan itu. 

Lulusan prodi tersebut yang bekerja di divisi HRD memiliki peran untuk menguraikan ketentuan hukum bagi para karyawan. Ketentuan tersebut seperti asuransi kesehatan dan asuransi ketenagakerjaan. 

Ketentuan hukum yang menyangkut ketenagakerjaan telah diatur dalam undang-undang sehingga butuh seorang lulusan ilmu kehukuman agar perusahaan bisa terhindar dari potensi masalah di kemudian hari.

Staff legal dibutuhkan oleh banyak sekali lembaga seperti bank, rumah sakit, perusahaan hingga startup. Jadi jika ada pertanyaan jurusan hukum kerja apa, jawabannya adalah bisa menjadi seorang staff legal. 

Staff legal merupakan posisi yang sangat cocok bagi para lulusan yang ingin bekerja di sebuah perusahaan karena sampai saat ini banyak lowongan terbuka untuk posisi tersebut. 

Pekerjaan staff legal antara lain adalah membuat surat perjanjian, memahami tentang aset-aset perusahaan dan mengurus dokumen-dokumen penting lain. Gaji staff legal berkisar antara jutaan hingga belasan juta rupiah. 

5. Dosen

Lulusan ilmu hukum bisa berprofesi sebagai dosen di universitas negeri maupun universitas swasta asalkan telah menempuh pendidikan S2 terlebih dahulu karena lulusan S1 saja tidak bisa menjadi dosen. 

Seperti halnya dosen pada umumnya, tugas dosen ilmu hukum antara lain adalah mengajar, menyusun kurikulum dan menyampaikan visi yang memiliki kaitan dengan ilmu hukum. 

6. Diplomat

Jurusan hukum kerja apa? ternyata kuliah di jurusan yang satu ini bisa menjadi seorang diplomat. Pekerjaan diplomat lebih cocok untuk Anda yang ingin bekerja ke luar negeri demi kepentingan negara. 

Tugas dan tanggung jawab pekerjaan seorang diplomat yaitu menjaga hubungan internasional dengan negara lain untuk bidang perekonomian, menjaga perdamaian, hak asasi manusia, budaya dan lingkungan. 

Menjadi seorang diplomat akan membuat Anda tinggal di negara lain untuk mewakili negara Indonesia. Diplomat juga menjadi perwakilan negara untuk mengatur negosiasi, hubungan bilateral dan mengambil keputusan internasional. 

7. Notaris

Jika berminat Anda bisa bekerja menjadi seorang notaris yang tugasnya membuat surat-surat legal seperti akta kepemilikan perusahaan, akta tanah, surat pendirian perusahaan, surat kuasa untuk menjual dan lain sebagainya. 

Meskipun telah lulus kuliah S1, untuk menjadi seorang notaris Anda harus mengambil magister kenotarisan. Setelah itu baru bisa membuka praktik sendiri atau bekerja sama dengan perusahaan lain. 

Jurusan hukum kerja apa? dari artikel di atas bisa disimpulkan bahwa lulusan program studi ini memiliki peluang untuk menjadi pengacara, hakim, jaksa, notaris, diplomat, dosen dan lainnya. 

Baca juga: Jurusan kuliah untuk anak ips


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!