Cari Kerja dan Cari Cuan untuk Bahagiakan Keluarga

jurusan manajemen kerja apa

Jurusan Manajemen Kerja Apa? Ini Dia Peluang yang Cocok

Jurusan manajemen kerja apa?, mungkin tidak sedikit orang masih bingung setelah lulus kuliah dari jurusan manajemen nantinya mau kerja apa. Padahal sebenarnya ada banyak sekali peluang bagus menanti. 

Biasanya orang berkuliah jurusan kedokteran akan berakhir menjadi seorang dokter begitu juga dengan kuliah jurusan arsitektur setelah lulus akan menjadi arsitek. Namun kalau kuliah di jurusan manajemen mau kerja apa?

Kuliah di Jurusan Manajemen Kerja Apa?

Bagi yang masih bingung mau mengambil jurusan kuliah manajemen karena tidak mengetahui prospek kerja kedepannya, berikut ini adalah rekomendasi pekerjaan yang cocok untuk Anda yang berkuliah di program studi manajemen.

1. Manajer Keuangan

Apabila ketika kuliah mengambil spesifikasi jurusan manajemen keuangan maka bisa belajar banyak sekali hal yang berhubungan dengan laporan administrasi keuangan serta penanganan pemasukan dan pengeluaran keuangan. 

Anda bisa menjadi staf atau anggota divisi keuangan sebuah perusahaan. Profesi ini pekerjaannya bertugas untuk memastikan bahwa semua sumber pendapatan di perusahaan tersebut bisa dimaksimalkan dialokasikan dan dikelola secara tepat. 

Jadi jurusan manajemen kerja apa? tentu saja salah satu jawaban terbaiknya yaitu menjadi manajer keuangan. Untuk mencapai pekerjaan tersebut tentu harus bekerja keras dan membekali diri dengan skill yang mumpuni. 

Baca juga: Jurusan kuliah untuk anak ipa

2. HRD

Setelah lulus kuliah jurusan manajemen kerja apa? Salah satu jawaban terbaik untuk pertanyaan tersebut yaitu menjadi seorang staf atau manajer Human Resource Development atau HRD. 

Bekerja di divisi HRD memiliki tugas khusus untuk merekrut calon karyawan potensial untuk ditempatkan pada divisi yang sesuai kebutuhan perusahaan. Jadi Anda harus bisa menyaring calon karyawan dengan kriteria tertentu. 

3. Konsultan

Perusahaan-perusahaan sangat membutuhkan konsultan untuk mengelola operasional perusahaan, sistem karyawan hingga perencanaan pengembangan perusahaan kedepannya. Tentu saja untuk mengembangkan perusahaan Anda harus memiliki kualifikasi yang sesuai. 

Kualifikasi tersebut antara lain adalah kualifikasi di bidang peningkatan SDM, kualifikasi di bidang perencanaan bisnis, kualifikasi di bidang penentuan acuan kerja hingga kualifikasi di bidang analisis data. 

Akan tetapi jika Anda lebih tertarik bekerja di sektor perbankan khususnya konsultan perbankan, maka bisa mengambil jurusan kuliah lebih spesifik yaitu manajemen perbankan sehingga bisa linear dengan bidang pekerjaan. 

4. Marketing

Kuliah jurusan manajemen kerja apa? tentu saja menjadi seorang staff marketing atau manajer marketing tidaklah buruk. Pekerjaan ini bisa membuat Anda mendapatkan penghasilan di atas gaji rata-rata. 

Menjadi seorang marketing merupakan cara terbaik jika Anda ingin memperoleh penghasilan sampai puluhan juta tiap bulannya. Seorang marketing harus memiliki kecakapan komunikasi supaya konsumen mau membeli produk yang ditawarkan. 

Saat kuliah di jurusan manajemen pemasaran Anda akan belajar mengenai produk, periklanan hingga target pasar. Ilmu tersebut tentu sangat bermanfaat di dunia pekerjaan baik pemasaran secara konvensional maupun pemasaran online. 

Baca juga: Pekerjaan yang akan hilang di masa depan

5. Entrepreneur

Jika ada orang yang bertanya capek-capek mengambil jurusan manajemen kerja apa? salah satu jenis pekerjaan yang mampu menghasilkan uang dalam jumlah besar yaitu menjadi seorang entrepreneur. 

Meskipun menjadi seorang entrepreneur tidak harus kuliah di jurusan manajemen, namun Anda yang berkuliah di jurusan ini sudah memiliki bekal karena selama kuliah telah diajari tentang pengelolaan bisnis dan perusahaan. 

Lulusan manajemen telah dibekali dengan kecakapan untuk mengatasi risiko jauh lebih awal dan paham betul bagaimana cara menangani situasi darurat di perusahaan tanpa perlu merasakan panik secara berlebihan. 

6. Data Analis

Saat ini banyak perusahaan dalam negeri membutuhkan seorang data analis profesional. Namun jika Anda ingin mendapat pendapatan yang jauh lebih besar maka bisa menjadi data analis untuk perusahaan asing. 

Pekerjaan ini mengharuskan Anda untuk melakukan berbagai macam riset yang berhubungan dengan kondisi pasar maupun angka penjualan. Data yang dihasilkan lalu diolah menjadi informasi agar jauh lebih mudah dipahami. 

Data tersebut berguna untuk mengembangkan rencana-rencana strategis perusahaan supaya keputusan yang diambil oleh perusahaan bisa lebih akurat. Pekerjaan ini mencakup pemecahan untuk masalah pelanggan secara umum. 

Kuliah jurusan manajemen kerja apa? dari informasi di atas sebenarnya ada banyak sekali peluang pekerjaan menanti. Namun apapun jurusannya pastikan Anda memiliki passion dan skill agar bisa bersaing. 

Bagikan Artikel:

About The Author