jurusan kuliah untuk anak IPA

Jurusan Kuliah untuk Anak IPA dengan Prospek Karier Luas

Memilih jurusan kuliah untuk anak IPA maupun IPS sudah pasti bukan perkara mudah. Mengingat perlu pertimbangan matang untuk penentuan hal yang akan berpengaruh besar pada masa depan Anda kelak.

Pemikiran matang ini juga diperlukan supaya saat sudah terlanjur masuk, Anda tidak merasa salah mengambil jurusan. Menjadikan harus berhenti di tengah jalan, atau menyelesaikannya dengan asal-asalan.

Pada artikel kali ini, Kami akan membahas jurusan kuliah khusus anak IPA dalam rumpun kesehatan dan teknik. Dimana keseluruhannya punya prospek kerja baik di masa depan.

Jurusan Kuliah Anak IPA Rumpun Kesehatan: Kedokteran Hingga Farmasi

Jurusan kuliah untuk anak IPA rumpun kesehatan bisa dibilang tidak akan habis prospeknya. Meskipun teknologi kesehatan banyak bermunculan, berikut adalah jurusan yang ke depan profesinya hanya sedikit tergantikan oleh teknologi.

1. Pendidikan Dokter

Kedokteran atau pendidikan dokter menjadi pilihan pertama yang sudah pasti peminatnya tidak sedikit. Prospeknya sangat luas, mulai dari bekerja di rumah sakit, kementerian kesehatan, puskemesmas, hingga membuka klinik.

Namun pendidikannya juga tidak mudah dan butuh waktu lama, setidaknya 7 tahun untuk memiliki STR atau izin praktik. Belum lagi kalau Anda memutuskan untuk ambil pendidikan dokter spesialis.

2. Farmasi

Membuat formulasi senyawa pada obat, makanan, kosmetik, minuman, hampir tidak mungkin dilakukan oleh AI atau kecerdasan buatan. Menjadikan farmasi sebagai jurusan kuliah untuk anak IPA yang prospek berikutnya.

Baca juga: Pekerjaan yang akan hilang di masa depan

3. Kedokteran Gigi

Kedokteran gigi menjadi pilihan lain untuk Anda yang ingin terjun ke kesehatan. Lama waktu pendidikannya juga sama, yaitu 7 tahun. Apabila ingin prospek kerja lebih luas, bisa ambil spesialis.



4. Ilmu Gizi

Mempelajari pola maka apa yang berpengaruh ke kesehatan manusia, ilmu gizi jadi jurusan kuliah untuk anak IPA patut dipertimbangkan. Peluang kerjanya sendiri adalah QC, PNS, nutritionist, staf BPOM, dan sebagainya.

5. Psikologi

Tidak hanya untuk anak IPS, mata kuliah Psikologi banyak yang berhubungan dengan rumpun IPA. Sehingga Anda juga bisa memilihnya karena prospek kerjanya luas, mulai dari HR, konsultan buku, hingga psikolog.

Tentunya masih ada beberapa jurusan kuliah rumpun kesehatan yang bisa Anda pertimbangkan. Termasuk Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Keperawatan, Kebidanan, Kedokteran Hewan, hingga Kesehatan Masyarakat.

Jurusan Kuliah untuk Anak IPA Rumpun Teknik: Industri Hingga Biomedis

Selanjutnya akan Kami bahas mengenai rumpun teknik yang sebenarnya tidak kalah luas pilihannya. Termasuk teknik Industri, Kimia, Komputer, Biomedis, hingga Elektro, berikut adalah detail dan prospek kerjanya.

1. Teknik Industri

Anda akan mempelajari pemanfaatan sumber daya dalam keberlangsungan usaha dalam Industri. Menjadikan lulusannya punya peluang karier luas karena menggabungkan mata kuliah teknik serta manajemen.

2. Teknik Kimia

Selanjutnya ada jurusan kuliah untuk anak IPA yang menggabungkan ilmu alam dengan eksperimen. Termasuk eksperimen fisika, kimia, desain, matematika, hingga ekonomi. Alumni dapat bekerja di pertambangan, RnD, pangan, dan lainnya.

Baca juga: Cara nego gaji via email



3. Teknik Komputer

Merupakan gabungan dari mata kuliah Teknik Elektro dan Informatika, Anda akan pelajari seputar software, computer networking, hingga hardware. Matematika juga harus dikuasai karena ada mata kuliah Logika, Kalkulus, dan Algoritma.

4. Teknik Biomedis

Kalau tertarik dunia kesehatan dan teknik, maka Teknik Biomedis bisa jadi pilihan. Saat ini masih sedikit kampus di Indonesia yang memilikinya, tetapi alumninya memang banyak dicari. 

Ilmu yang dipelajari sendiri berhubungan dengan pengembangan alat atau instrument kesehatan. Mata kuliah jurusan kuliah untuk anak IPA ini meliputi instrument biomedia, anatomi, teknik biomagnetika, dan sebagainya.

5. Teknik Elektro

Pada Teknik Elektro, mata kuliah yang dipelajari meliputi medan elektromagnetik, interaksi komponen listrik, elektronika, dan sebagainya. Pilihan kariernya luas, termasuk di industri manufaktur dan tekstil, software engineer, hingga teknisi robot.

Selain lima jurusan di atas, tentu masih ada pilihan lain yang bisa Anda pertimbangkan. Misalnya Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Sipil, Informatika, Telekomunikasi, hingga Teknik Logistik.

Sedangkan untuk Anda yang berminat pada rumpun lain dengan prospek karier tidak kalah luas, maka ada pilihan matematika dan ipa. Jurusannya termasuk Statistika, Biologi, Matematika, hingga Aktuaria.

Sedangkan Anda yang berminat ke rumpun pertanian dan peternakan, terdapat jurusan Bioteknologi, Agribisnis, hingga Peternakan. Jurusan kuliah untuk anak IPA tersebut punya peluang kerja tinggi juga bagi lulusannya.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.

 

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!