jurusan kuliah ips yang jarang diminati tapi menjanjikan

5 Jurusan Kuliah IPS yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan

Jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan mungkin tidak banyak diketahui. Pada realitanya jurusan ini tidak banyak dipilih, karena dianggap memiliki prospek kerja yang kurang menjanjikan.

Dalam menentukan jurusan di perkuliahan, memang suatu hal yang wajar jika seseorang mempertimbangkan propek kerja kedepan. Karena salah satu tujuan dari pembelajaran di perkuliahan selain mendapatkan ilmu, juga untuk mendapatkan pekerjaan yang baik.

Pekerjaan yang tentunya bisa memberikan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan. Merupakan suatu hal yang wajar untuk mendapatkan pekerjaan dengan mengharap penghasilan. Karena pada faktanya memang demikian.

Untuk dapat bertahan di kehidupan yang serba canggih dan modern, juga biaya hidup yang semakin mahal. Membuat siapapun akan berfikir untuk mencari dan mendapatkan pekerjaan yang layak. Salah satunya dengan memilih jurusan yang tepat di perkuliahan.

Bagi Anda yang akan melanjutkan ke jenjang perkuliahan, ada beberapa jurusan IPS yang dapat dijadikan sebagai rekomendasi untuk dijadikan sebagai jurusan pilihan yang menjanjikan. Berikut informasi selengkapnya.

Daftar Jurusan Kuliah IPS yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan

Dalam menentukan jurusan kuliah, biasanya sebagian orang akan memilih sesuai keinginannya berdasarkan kesukaan. Hingga lupa untuk mengetahui prospek kerja kedepannya, apakah menjanjikan atau tidak.

Selain itu, untuk sebagian orang lainnya biasanya memilih jurusan kuliah berdasarkan keinginan orangtua. Tidak sedikit dari mereka, bahkan tidak diberi ruang untuk memilih jurusan yang diinginkan. 

Namun, akan lebih baik, jika jurusan kuliah yang dipilih sesuai dengan minat dan didukung oleh keluarga. Sehingga, akan menjadi salah satu sumber motivasi dan semangat untuk menjalani pembelajaran.

Tetapi, ada juga yang justru bingung untuk menentukan jurusan. Untuk itu, Kami akan memaparkan beberapa daftar jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan. Sehingga, akan memberikan kemudahan dalam mendapatkan pekerjaan.

1. Kuliah Jurusan Ilmu Perpustakaan

Jurusan kuliah IPS yang memiliki prospek kerja yang jelas dan meyakinkan, salah satunya adalah jurusan Ilmu Perpustakaan. Yang mempelajari berbagai ilmu mengenai perpustakaan. Mulai dari ilmu tata kelola perpustakaan, statistika, ilmu komputer, dan yang lainnya.

Jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan, ini tersedia diberbagai perguruan tinggi, seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Brawijaya, Universitas Padjadjaran (UNPAD), dan yang lainnya.

Dengan memilih jurusan ini, seseorang akan mempelajari berbagai skill atau keahlian. Diantaranya di bidang manajemen, IT, dan pendidikan. Yang bertugas untuk menyimpan data, mengumpulkan data, dan merapikan data.

Sehingga dapat dipastikan, lulusannya telah memiliki berbagai skill yang beragam dari proses pembelajaran selama di perkuliahan. Dan memiliki kesempatan kerja yang cukup luas dan menjanjikan.

Adapun prospek kerja bagi lulusan Ilmu Perpustakaan diantaranya adalah sebagai seorang pustakawan di perpustakaan. Perpustakaan merupakan fasilitas yang umumnya disediakan di sekolah-sekolah, universitas, bahkan perpustakaan yang ada di daerah.

Selain itu, juga dapat bekerja di kantor swasta ataupun negeri. Institusi, sekretaris, redaksi penerbit, arsiparis, dan masih banyak yang lainnya.

Baca juga: Jurusan hukum kerja apa

2. Kuliah Jurusan Administrasi Fiskal

Selanjutnya jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan adalah jurusan Administrasi Fiskal. Yang mempelajari berbagai ilmu, seperti perpajakan, kebijakan fiskal, tata cara dalam mengelola aset negara, dan yang lainnya.

Adapun lulusan yang memilih jurusan ini, memiliki berbagai prospek kerja yang menjanjikan. Diantaranya adalah sebagai pegawai imigrasi, akademisi, pegawai bea cukai. Selain itu, juga berkesempatan untuk menjadi PNS di kantor pemerintahan.

Khususnya di kantor Kementrian Keuangan maupun di Dirjen Pajak. Juga dapat membuka bisnis sebagai jasa konsultan pajak, dan dapat menjadi seorang peneliti.

3. Kuliah Jurusan Arkeologi

Jurusan Arkeologi merupakan salah satu jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan. Yang memiliki kesempatan kerja yang cukup menjanjikan. Jurusan ini mempelajari ilmu-ilmu mengenai berbagai peninggalan zaman purbakala.

Bagi yang menyukai pelajaran sejarah, jurusan ini sangat tepat untuk dipilih. Yang akan memberikan prospker kerja yang luas. Diantaranya adalah sebagai ilmuwan, pegawai museum, akademisi, dan yang lainnya.



4. Kuliah Jurusan Bisnis Digital

Jurusan Bisnis Digital adalah jurusan kuliah IPS yang jarang diminati. Namun, jangan salah. Jurusan ini memiliki prospek kerja yang jelas dan menjanjikan di zaman serba digital ini.

Perkembangan teknologi yang tak pernah padam, membuat lulusan jurusan ini akan memiliki peluang kerja yang luas. Karena cukup banyak perusahaan teknologi berbasis bisnis digital yang membutuhkan karyawan untuk menempati posisi sebagai bisnis digital.

Baca juga: Jurusan kuliah untuk anak ips

5. Kuliah Jurusan Desain Komunikasi dan Visual

Jurusan kuliah IPS yang jarang diminati selanjutnya adalah jurusan Desain Komunikasi dan Visual. Lulusannya memiliki kesempatan kerja yang cukup menjanjikan. Sebagai desainer grafis di perusahaan multimedia, web designer, fotografi, dan lainnya.

Yaitu jurusan yang mempelajari suatu konsep dalam komunikasi dengan ungkapan yang kreatif, teknik hingga media. Dengan menggunakan berbagai elemen visual yang menarik untuk menyampaikan pesan tertentu. Yang bergelar Sarjana Desain (S.Ds.)

Deretan jurusan-jurusan diatas, merupakan jurusan yang kurang diminati. Namun, belum banyak yang mengetahui bahwa jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan di masa depan dengan prospek kerja yang luas.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!