Cari Kerja dan Cari Cuan untuk Bahagiakan Keluarga

Kalimat Penutup Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik dan Benar Adalah

Kalimat Penutup Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik dan Benar Adalah

Jika Anda bingung menggunakan kalimat penutup, artikel ini akan membantu karena akan membahas kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar adalah seperti ini. 

Surat lamaran pekerjaan adalah surat yang sangat krusial dan menjadi salah satu penentu seorang pelamar diterima di tempat kerja. Oleh karena itu, membuat surat lamaran pekerjaan haruslah dibuat dengan seksama dan menarik.

Kalimat Penutup Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik dan Benar Adalah Seperti Ini

Dalam mengajukan lamaran kerja, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para pelamar. Salah satu hal yang seringkali diabaikan oleh pelamar adalah kalimat penutup surat lamaran kerja.

Padahal, kalimat penutup yang baik dan benar dapat memberikan kesan yang positif pada pihak perusahaan dan meningkatkan peluang pelamar untuk melanjutkan seleksi berikutnya.

Oleh karena itu pentingnya menulis kalimat penutup, beberapa cara mengenai kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar adalah sebagai berikut

1. Menyampaikan Kembali Minat Anda

Kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar adalah menyampaikan kembali minat dan keinginan Anda untuk diberikan kesempatan lolos ke tahap berikutnya.

Anda dapat menuliskan minat Anda seperti “Saya memiliki minat untuk bekerja disini…” atau “Saya tertarik untuk….”

2. Mengajukan Pertanyaan

Pertanyaan ketika melamar pekerjaan merupakan salah satu indikator bahwa seorang pelamar tersebut tertarik dengan perusahaan yang bersangkutan. 

Oleh karena itu, kalimat penutup dapat Anda tuliskan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan posisi pekerjaan Anda di perusahaan tersebut. 

Anda dapat mengajukan pertanyaan di dalam kalimat penutup seperti ini “…Apakah ada kesempatan untuk Saya bertanya lebih lanjut dalam tahap wawancara?”

Baca juga: Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan

3. Menuliskan Ucapan Apresiasi

Kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar adalah menuliskan apresiasi sehingga memberikan kesan positif kepada pihak perusahaan. Dengan mengucapkan kalimat apresiasi juga menunjukan bahwa Anda menghormati perusahaan tersebut.

Apresiasi dapat disampaikan atas bentuk perhatian perusahaan terhadap pelamar serta kesempatan yang telah diberikan. Anda dapat memberikan apresiasi di dalam kalimat penutup seperti “Saya sangat mengapresiasi…” atau ”Saya apresiasi kepada…yang telah…”

4. Ungkapkan Harapan Anda

Selanjutnya, kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar adalah mengungkapkan harapan Anda kepada perusahaan yang bersangkutan. Dengan ini, Anda dapat menunjukan niat yang kuat untuk bergabung ke perusahaan. 

Misalnya, di kalimat penutup tersebut Anda tuliskan “Saya berharap…” atau “Saya mengharapkan…”.

5. Gunakan Bahasa Sopan dan Profesional

Pastikan menggunakan bahasa yang sopan dan profesional. Jangan menggunakan bahasa informal atau bahasa yang kurang sopan. 

Misalnya seperti ucapan terima kasih menjadi “makasihhh banyakk” atau menggunakan kata ganti Kamu untuk menybut pimpinan perusahaan,

Hal yang Harus Dihindari Dalam Menulis Kalimat Penutup

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis kalimat penutup agar tidak membuat peluang Anda diterima turun. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis kalimat penutup pada surat lamaran pekerjaan adalah sebagai berikut

1. Hindari Permintaan yang Terlalu Banyak

Anda memposisikan diri Anda sebagai pelamar yang mana Anda merupakan orang baru di perusahaan tersebut. Oleh karena itu, hindari meminta terlalu bnayak pada kaliamt penutup surat lamaran kerja seperti permintaan gaji atau posisi yang berbeda.

2. Hindari Bahasa yang Terlalu Informal

Dalam bekerja di sebuah perusahaan, tentunya Anda dituntut unutk bekerja secara profesional. Menggunakan bahasa informal dalam kalimat penutup surat lamaran kerja dapat memberikan kesan yang kurang profesional.

Apalagi jika menggunakan bahasa gaul atau bahasa yang kurang sopan lainnya. Hal ini harus dihindari di kalimat penutup surat.

3. Hindari Kalimat Terlalu Panjang

Kalimat penutup yang terlalu panjang dapat membuat perusahaan yang membaca nya akan kehilangan poin atau esensi Anda dalam mengajukan lamaran tersebut. 

Dianjurkan untuk menulis kalimat penutup dengan jelas dan singkat agar perusahaan dapat mengerti tujuan Anda.

Surat lamaran adalah merupakan hal yang penting bagi mereka yang belum memiliki pekerjaan. Oleh karena itu, perlu adanya kehati-hatian dalam menulis surat lamaran salah satunya adalah kalimat penutup. 

Kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar adalah yang telah diuraikan seperti diatas dapat Anda coba dan aplikasikan.

Bagikan Artikel:

About The Author