kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan

Menulis Kalimat Pembuka Surat Lamaran Pekerjaan yang Efektif

Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan cukup penting peranannya berkaitan dengan isi suratnya. Dimana jenis surat yang satu ini bertujuan sebagai sarana awal seseorang mendapatkan pekerjaan tertentu.

Surat yang dikirimkan kepada kantor atau perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan. Anda kebetulan masih menganggur dan mengetahui lowongannya bisa segera mengirimkan surat lamaran pekerjaan.

Anda mungkin sudah berpengalaman dalam membuat suratnya, sehingga bisa lebih cepat memprosesnya. Berbeda dengan lainnya yang mungkin belum pernah membuatnya dan pasti mengalami kesulitan. Terutama dalam menuliskan kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan tersebut.

Mengenal Surat Lamaran Pekerjaan yang Bagus

Surat lamaran untuk mencari pekerjaan di sebuah perusahaan tertentu sudah seharusnya dibuat dengan sebaik-baiknya. Dalam artian, bukan tulisannya yang bagus, tetapi isi suratnya juga lengkap, fokus, dan memenuhi standar perusahaan.

Hal itulah yang akan sedikit diuraikan disini agar Anda sekalian bisa membuatnya sendiri di rumah atau tempat lain. Terutama Anda yang belum pernah membuat dan menulis suratnya.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis surat lamaran pekerjaan. Berikut informasinya yang harus Anda ketahui.

1. Isi Surat yang Padat dan Singkat

Di dalam surat tersebut harus ada informasi perihal identitas pribadi Anda secara umum. Misalnya, nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat domisili, dan nomor telepon yang dapat dihubungi. Selain semua informasi tersebut, Anda juga perlu melampirkan foto setengah badan terbaru.

Dilanjutkan dengan paragraf yang berisi tujuan mengirimkan surat lamaran pekerjaan tersebut. Dimana Anda ingin melamar salah satu posisi lowongan kerja yang dibuka di sebuah perusahaan tertentu. Semua kalimatnya harus jelas dan tidak bertele-tele agar orang membacanya tidak merasa bosan.

Baca juga: Cara menjadi promotor profesional

2. Kalimat Pembuka yang Tepat

Jangan menyelepekan kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan saat Anda menuliskannya. Pilihlah kalimat yang tepat agar pembacanya bisa merasa senang sekaligus bangga. Misalnya, Anda bisa memulai dengan menuliskan salam terlebih dulu.

Setelah itu, dilanjutkan menuliskan keinginan melamar posisi lowongan kerja yang ditawarkan. Kalimat yang menggambarkan keinginan Anda sebagai seseorang yang cocok dan pantas menduduki posisi tersebut. Sekali lagi, kalimatnya jangan bertele-tele.

Sebagai contoh, saya kirimkan surat lamaran pekerjaan ini untuk menempati lowongan sebagai staf produksi di PT. Duta Sakti Cemerlang. Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan seperti itu sudah jelas, singkat, dan padat.

Hanya dengan membaca satu kalimat pembukanya saja, pihak personalia atau HRD sudah mengetahui maksudnya. Anda bisa mencontoh kalimat lainnya dengan mencari referensi dari berbagai sumber.

3. Melampirkan Dokumen Pendung Penting

Tiap surat lamaran kerja yang dikirimkan harus diserai lampiran dokumen pendung lainnya. Semua dokumennya memang menjadi persyaratan mutlak yang harus dilampirkan atau sebagai inisiatif Anda pribadi.

Beberapa dokumen pendukung tersebut, antara lain fotokopi KTP, ijasah terakhir, transkrip nilai, kartu keluarga, SIM, dan yang lainnya. Semuanya dilampirkan dalam wujud fotokopian saja karena Anda mengirimkan surat lamarannya secara offline di dunia nyata.

Berbeda jika Anda mengirimkannya secara online di dunia maya melalui email atau surat elektronik. Mulai dari surat lamaran pekerjaan hingga semua dokumen pendukungnya harus dijadikan file digital. Setelah itu, baru bisa dikirimkan dalam lampiran di email.



Membuat Kalimat Pembuka Surat Lamaran Pekerjaan yang Efektif

Anda sekalian sudah mengetahui beberapa hal yang harus ada di dalam surat lamaran kerja. Salah satunya isi suratnya yang harus padat dan jelas, sehingga tidak bertele-tele apalagi membingungkan.

Tiap paragraf dan kalimat yang ditulis harus efektif. Tidak perlu membuat kalimat panjang, tetapi terkesan berputar-putar. Lebih baik membuat kalimat singkat yang sudah fokus pada tujuannya. Pastinya tujuan utamanya adalah ingin melamar posisi pekerjaan tertentu.

Oleh karenanya, Anda jangan menyepelekan kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang dibuat. Mungkin hanya terdiri atas beberapa kata saja, tetapi sudah bisa mewakili keseluruhan surat saat seseorang membacanya.

Jika Anda masih bingung membuat kalimat pembuka, keseluruhan isi, serta pernak-pernik dalam surat lamaran pekerjaan. Jangan pernah ragu dan malu untuk terus mempelajarinya lebih detail. Lagipula sudah ada teknologi internet yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari dan menemukan berbagai informasi.

Salah satunya cara membuat surat lamaran kerja yang baik. Dimana di dalamnya juga terdapat kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang direkomendasikan.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.

 

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!