10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Contoh kalimat meminta kenaikan gaji

Contoh Kalimat Meminta Kenaikan Gaji yang Wajib Dilakukan

Ada beberapa contoh kalimat meminta kenaikan gaji agar tidak salah saat memintanya. Dalam meminta kenaikan gaji, ada beberapa hal perlu diperhatikan lebih dulu. Jangan sampai permintaan ini menjadi boomerang untuk Anda.

Dalam penilaian pekerjaan, hal ini juga termasuk dalam penentuan apakah Anda berhak untuk mendapatkan gaji lebih dari sebelumnya. Untuk itu, ada beberapa hal harus dipersiapkan untuk meminta pertimbangan gaji beserta tips untuk memintanya.

Persiapan yang Perlu Diperhatikan Sebelum Meminta Kenaikan Gaji 

Sebelum menentukan contoh kalimat meminta kenaikan gaji yang tepat, ada beberapa hal penting perlu persiapkan. Beberapa hal berikut bisa membantu keberhasilan dalam permintaan penambahan gaji untuk diinginkan.

  1. Menemukan Value yang Dimiliki

Hal pertama agar dipertimbangkan adalah nilai diri dalam pekerjaan. Ketahuilah rata-rata penghasilan didapatkan untuk posisi Anda miliki. Cara ini bisa dilakukan untuk melihat seberapa tinggi penghasilan agar bisa Anda dapatkan nantinya.

Cara tepat adalah dengan membandingkan posisi pekerjaan yang dimiliki dengan beberapa perusahaan. Untuk lebih tepatnya lagi, Anda bisa mencari komparasi terhadap rekan kerja atau perusahaan.

Bahkan beberapa situs pencari kerja seperti kitalulus.com, jobstreet.co.id, dan jobs.id juga telah memiliki referensi mengenai penghasilan karyawan terhadap beberapa posisi. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah untuk memilih contoh kalimat meminta kenaikan gaji.

  1. Gunakan Alasan yang Tepat dalam Permintaan

Setelah menemukan nilai diri, Anda juga perlu mengemukakan alasan-alasan mendasar kenaikan gaji untuk diinginkan. Beberapa kasus tidak diterimanya permintaan ini adalah dikarenakan karyawan tidak memiliki alasan kuat dan mendasar.

Maka dari itu, sangat penting mempersiapkan diri agar permintaan diterima oleh atasan. Dalam beberapa kondisi, scenario buruk pun bisa terjadi sehingga sangat penting terhadap menyiapkan segala kemungkinan yang ada. 

  1. Jabarkan keberhasilan-Keberhasilan yang Telah Dicapai

Di balik alasan-alasan yang diutarakan, Anda juga membutuhkan aksi kerja nyata yang telah dilakukan. Kumpulkan beberapa atau seluruh pencapaian selama bekerja di perusahaan tersebut.

Gunakan pencapaian-pencapaian tersebut sebagai senjata agar bisa dipertimbangkan oleh atasan Anda. Dalam melakukan negosiasi bisa dimulai dengan penyampaian penyelesaian masalah dalam pekerjaan lebih spesifik. 

Jabarkan kontribusi besar Anda dalam menyelesaikan permasalahan tersebut dan bagaimana cara Anda dalam memberikan nilai lebih pada perusahaan. Selipkan dengan beberapa sanjungan untuk bagian paling disukai dalam perusahaan.

Contoh Kalimat Meminta Kenaikan Gaji dan Kalimat yang Tidak Boleh Dilakukan

Jika sudah mempersiapkan hal-hal di atas dengan matang, kini saatnya buat mengetahui beberapa contoh kalimat meminta kenaikan gaji. Namun, dalam permintaan ini ada beberapa hal juga harus dihindari juga.

  1. Kalimat Menuduh dan Menuntut yang Berlebihan

Dalam melalukan permintaan, tentunya harus diikuti dengan etika yang baik. Untuk itu, semaksimal mungkin agar tidak menggunakan kalimat tuntutan agar atasan Anda lebih yakin dengan permintaan yang dimiliki.

Sebagai contohnya, hindari penggunaan kalimat “Bapak/Ibu tidak menyadari betapa banyaknya prestasi yang saya capai selama ini”. Kalimat ini sangat menunjukan penuduhan dan penuntutat terhadap atasan. Seolah-olah mereka kurang mengerti tentang Anda.

  1. Membandingkan Gaji dengan Menyebutkan Nama Orang Lain dalam Perusahaan

Memang mengetahui nilai kolega lain menjadi salah satu kunci emas, namun hal ini juga bisa jadi boomerang tersendiri. Dalam meminta kenaikan, hindari mengucapkan kalimat komparasi. Ditambah lagi, hindari menjual nama orang lain demi kepentingan Anda sendiri.

Kalimat yang perlu dihindari contohnya adalah “(Nama teman kerja Anda) memiliki gaji yang lebih besar dibandingkan dengan saya, tetapi tanggung jawab yang kami miliki sama”. Cara ini akan menimbulkan kegaduhan. Jadi, sangat tidak direkomendasikan untuk mengkomparasi.

  1. Contoh Kalimat Meminta Kenaikan Gaji yang Harus Dilakukan

Jika sudah menyiapkan beberapa hal untuk menjadi dasar permintaan keunikan Anda di perusahaan, maka langkah selanjutnya adalah dengan memilih kalimat-kalimat tepat. Beberapa kalimat bisa digunakan adalah berikut ini.

Contoh kalimat untuk meminta kenaikan gaji adalah dengan memaparkan apa yang Anda miliki, yaitu “Sebagai pertimbangan, saya telah memiliki sertifikat A, B, dan C. Meskipun saya belum mendapatkan sertifikat D, saya sudah memiliki rencana untuk mendapatkan sertifikat tersebut”.

Dengan menjabarkan beberapa alasan dengan baik agar memperkuat dan meyakinkan atasan Anda bahwa Anda layak akan mendapatkan penghasilan lebih. Beberapa contoh kalimat meminta kenaikan gaji tersebut di atas bisa digunakan sebagai referensi.

Bagikan Artikel: