jurusan yang banyak peluang kerja

10 Jurusan yang Banyak Peluang Kerja, Banyak Diminati

Ada beberapa jurusan yang banyak peluang kerja. Sehingga jurusan-jurusan ini menjadi primadona di berbagai universitas. Karena prospek kerja yang ditawarkan pun sangat menjanjikan dan sangatlah luas. Tidak sedikit orang-orang yang berharap besar dengan memilih jurusan yaitu dapat memberikan peluang kerja yang pasti dengan penghasilan yang besar. 

Menurut College Handbook, memilih jurusan merupakan hal yang sangat penting bagi masa depan. Inilah beberapa jurusan dengan prospek kerja yang luas. Yang dapat dijadikan sebagai rekomendasi untuk memilih jurusan yang tepat di jenjang perkuliahan.

Rekomendasi Jurusan yang Banyak Peluang Kerja

1. Jurusan Kedokteran

Jurusan Kedokteran memiliki peminat yang cukup tinggi, bahkan hingga saat ini. Walaupun memakan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan pendidikan hingga bergelar dokter. Apalagi untuk menjadi seorang dokter spesialis, namun tidak menurunkan peminatnya.

Karena, para lulusannya dikenal sangat mudah mendapatkan pekerjaan. Dan umumnya sudah dapat dipastikan, setelah lulus kedokteran akan bekerja sebagai dokter. Sehingga, para lulusannya sebagian besar tidak merasa khawatir dengan prospek kerja kedepannya.

Selain kesempatan kerja yang jelas, gaji yang didapatkan seorang dokter pun tergolong tinggi. Wajar saja, jika jurusan ini banyak diminati. Namun, bukan rahasia lagi jika jurusan ini memakan biaya yang tidak sedikit.

Sehingga, sebagian besar beranggapan bahwa suatu kewajaran seorang dokter dibayar mahal. Karena biaya yang dikeluarkan pun tidaklah sedikit.

2. Jurusan Teknik Industri

Jurusan Teknik Industri dikenal sebagai jurusan yang memiliki banyak peluang kerja. Sehingga, memudahkan lulusannya untuk mendapatkan pekerjaan di berbagai perusahaan.

Lulusan jurusan ini bergelar Sarjana Teknik. Yang memiliki keluwesan, sehingga dapat bekerja di berbagai bidang, seperti manajemen dan perencanaan biaya atau anggaran.

 Selain dapat bekerja sebagai karyawan di perusahaan ataupun industri. Lulusannya juga memiliki perluang untuk menjadi seorang entrepreneurship.

3. Jurusan Farmasi

Jurusan Farmasi termasuk jurusan yang banyak peluang kerja. Merupakan jurusan yang mempelajari ilmu dalam membuat atau meracik obat-obatan yang diperlukan untuk keperluan rumah sakit pada umumnya.

Selain itu, jurusan ini juga memberikan skill lainnya kepada lulusannya. Seperti kemampuan meracik atau membuat kosmetik atau skincare. Yang kini banyak digunakan oleh kaum hawa untuk merawat kecantikan dan kesehata kulit.

Jurusan ini tentunya memiliki peluang kerja yang luas, diantaranya dapat bekerja sebagai seorang apoteker di rumah sakit negeri maupun swasta, dan di apotek-apotek ternama.

Selain itu, juga memiliki peluang untuk menjadi seorang pengusaha. Seperti membuat produk-produk kecantikan seperti skincare.



4. Jurusan Desain Komunikasi Visual

Jurusan Desain Komunikasi Visual merupakan jurusan yang banyak peluang kerja. Mengingat, perkembangan marketing di dunia digital sangatlah pesat. Sehingga menjadikannya sebagai salah satu jurusan yang sangat dibutuhkan.

Jurusan ini memberikan peluang kerja yang luas dan beragam. Diantaranya, dapat bekerja sebagai animator video, product designer, advertising agency, sutradara film, hingga humas di berbagai perusahaan swasta ataupun di instansi pemerintahan.

5. Jurusan Akuntansi

Akuntansi menjadi salah satu jurusan yang kini masih banyak dimati. Karena dikenal memiliki prospek kerja yang jelas dan luas. Jurusan ini mempelajari ilmu pencatatan dan pelaporan keuangan yang sangat penting untuk sebuah perusahaan.

Sehingga, jurusan ini banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan dengan berbagai bidang. Karena akuntansi akan selalu ada di setiap perusahaan hingga industri.

6. Jurusan Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika merupakan jurusan yang banyak peluang kerja. Dan akan selalu dibutuhkan, terutama dalam dunia digital. Jurusan ini mempelajari berbagai ilmu dalam bidang teknologi. 

Sehingga lulusannya akan menguasai berbagai skill, salah satunya kemampuan dalam pemrograman. Yang berguna dalam pembuatan aplikasi. Perlu diketahui, bahwa aplikasi-aplikasi yang ada merupakan buatan dari pemilik skill ini.

7. Jurusan Manajemen

Jurusan Manajemen juga merupakan jurusan yang memiliki prospek kerja yang luas bagi lulusannya. Yang mempelajari berbagai ilmu dalam pengelolaan bisnis. 

Diantaranya menyusun strategi dan rencana-rencana, memasarkan produk atau jasa, hingga merekrut SDM. Selain itu, juga mempelajari berbagai ilmu pengantar teknologi informasi, yang disesuaikan dengan perkembangan dunia.

Umumnya, lulusannya akan bekerja sebagai HRD di perusahaan, marketing, manajer marketing, konsultan. Bahkan berpeluang besar menjadi pengajar hingga entrepreneur.

8. Jurusan Keperawatan

Jurusan keperawatan menawarkan banyak peluang kerja yang luas dan beragam. Profesi perawat memiliki permintaan yang terus meningkat di berbagai sektor perawatan kesehatan dan industri terkait.

Kebutuhan akan perawat selalu ada karena perawat merupakan elemen penting dalam sistem perawatan kesehatan. Baik di rumah sakit, klinik, panti jompo, maupun fasilitas kesehatan lainnya, perawat diperlukan untuk memberikan perawatan dan pengobatan kepada pasien.



9. Jurusan Ilmu Komputer

Jurusan ini menawarkan banyak peluang kerja yang luas dan beragam di era digital saat ini. Teknologi terus berkembang pesat, dan permintaan akan profesional di bidang Ilmu Komputer semakin tinggi.

Industri IT adalah salah satu sektor yang tumbuh pesat, dan para lulusan Ilmu Komputer sangat dibutuhkan untuk mengembangkan, memelihara, dan meningkatkan sistem, perangkat lunak, dan layanan berbasis teknologi.

10. Jurusan Psikologi

Jurusan Psikologi menawarkan banyak peluang kerja yang luas dan beragam. Pengetahuan tentang perilaku manusia, emosi, kognisi, dan interaksi sosial yang dipelajari dalam Psikologi dapat diterapkan dalam berbagai bidang.

Baca juga: Lulusan pesantren jadi apa

Tips Memilih Jurusan yang Banyak Peluang Kerja

1. Kenali Minat dan Bakat Anda

Pertama-tama, kenali minat, bakat, dan kekuatan Anda. Pilih jurusan yang sesuai dengan minat Anda sehingga Anda akan lebih termotivasi dan bersemangat dalam belajar.

2. Riset Bidang yang Tertarik

Pelajari lebih dalam tentang berbagai bidang studi yang Anda pertimbangkan. Pahami apa yang dilibatkan dalam setiap bidang, apa jenis pekerjaan yang mungkin Anda lakukan setelah lulus, dan apakah itu sesuai dengan tujuan karir Anda.

3. Pertimbangkan Tren Pasar Kerja

 Tinjau tren dan perkembangan dalam industri terkait dengan bidang studi yang Anda pilih. Cari tahu apakah ada permintaan yang tinggi untuk lulusan di bidang tersebut.

4. Bicarakan dengan Profesional di Bidang Tersebut

Bicaralah dengan profesional yang sudah bekerja dalam bidang yang Anda minati. Mereka dapat memberikan wawasan tentang peluang kerja, tantangan, dan aspek lain dari karir di bidang tersebut.

5. Evaluasi Potensi Penghasilan

Meskipun penghasilan bukan satu-satunya pertimbangan, penting untuk memahami perkiraan penghasilan yang dapat Anda peroleh setelah lulus. Pertimbangkan apakah penghasilan tersebut sesuai dengan gaya hidup dan tujuan keuangan Anda.

6. Perhatikan Kebutuhan dan Permintaan

Pilih bidang studi yang memiliki permintaan yang stabil atau meningkat di pasar kerja. Pertimbangkan apakah Anda akan memiliki peluang kerja yang baik segera setelah lulus atau dalam jangka panjang.

7. Pertimbangkan Kemungkinan Pengembangan

 Pilih bidang yang memiliki peluang pengembangan karir dan peluang untuk mengambil jalur lanjutan, seperti pendidikan lebih lanjut atau pelatihan khusus.

8. Faktor Lokasi

Pertimbangkan apakah bidang tersebut memiliki peluang kerja di tempat atau wilayah yang Anda inginkan. Beberapa bidang mungkin lebih relevan di suatu daerah daripada di daerah lain.

9. Kemampuan Anda untuk Beradaptasi

 Pilih bidang yang mungkin akan tetap relevan di masa depan dan memiliki fleksibilitas untuk beradaptasi dengan perubahan teknologi atau tren industri.

10. Konsultasikan dengan Konselor Pendidikan

 Jika memungkinkan, konsultasikan dengan konselor pendidikan atau penasihat karir di sekolah atau universitas Anda. Mereka dapat memberikan informasi yang berguna tentang peluang kerja dalam berbagai bidang studi.

Baca juga: Jurusan kuliah ips yang jarang diminati tapi menjanjikan


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.

 

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!