jurusan kuliah yang tidak ada matematika

Rekomendasi Jurusan kuliah yang Tidak Ada Matematika

Bagi yang tidak menyukai matematika, jurusan kuliah yang tidak ada matematika akan menjadi informasi yang sangat penting dan berguna. Beberapa orang memang menghindari hal-hal matematis karena berbagai kesulitan didalamnya.

Matematika seringkali memang menjadi momok menakutkan bagi para pelajar. Bayangan tentang kesulitan saat menyelesaikan persoalan dengan rumus dan perhitungan rumit menjadi ketakutan tersendiri yang tidak bisa diabaikan.

Anda tidak perlu khawatir lagi karena berikut ini adalah informasi seputar pilihan jurusan anti matematika. Tentunya menjadi kabar baik dan angin segar untuk tetap optimis melanjutkan ke perguruan tinggi.

Jurusan kuliah yang Tidak Ada Matematika

Tentu akan sangat menyenangkan untuk kuliah sesuai minat dan cita-cita. Jika Anda berpikir bahwa Sebagian besar jurusan kuliah menyertakan mata kuliah matematika di dalamnya, maka sebenarnya masih banyak bidang ilmu yang terbebas dari matematika.

1. Sastra dan Bahasa

Tentu tidak perlu dipertanyakan lagi bahwa ini adalah jurusan kuliah yang tidak ada matematika. Misalkan seperti bahasa Prancis, Spanyol, Arab, Inggris, dan lainnya. Semuanya tidak berkaitan dengan kemampuan matematis.

Penekanan pada bidang studi ini adalah kecerdasan dalam mengingat dan menghafal serta skill komunikasi. Selain itu, orientasi kerjanya juga menjanjikan seperti menjadi penerjemah, penulis, pengajar, jurnalistik, dan banyak lagi.

2. Ilmu Sejarah

Bagi Anda yang tidak menyukai matematika, jurusan kuliah yang tidak ada matematika ini adalah pilihan berikutnya. Kuliah di bidang sejarah akan menyenangkan terlebih jika Anda memiliki passion dalam mempelajari peristiwa-peristiwa di masa lalu.

3. Ilmu Politik

Jurusan lain bagi Anda yang ingin menjauhkan diri dari matematika adalah ilmu politik. Pembelajarannya tentang fenomena politik secara nasional maupun skala global. Lebih jauh lagi, Anda akan mendalami ilmu ideologi politik, demokrasi, pemilu, dan berbagai hal seputar politik.

Setelah lulus, peluang kerjanya cukup keren yaitu menjadi anggota legislatif, maupun bekerja di sektor pemerintahan. Anda dapat kuliah ilmu politik di beberapa kampus seperti UGM, Unair, UI, Undip, dan UB.



4. Animasi

Jurusan ini berkaitan dengan desain grafis menggunakan teknologi untuk mengolah gambar 2D maupun 3D. Teori dan praktik yang akan ditekuni yaitu teknik animasi, pembuatan animasi game, video, film, dan seputar editing video.

Para animator handal saat ini dibutuhkan di dunia digital. Baik untuk iklan komersial, rilis game, dan lainnya tidak terlepas dari jasa animator-animator tersebut. Sehingga pilihan ini mungkin cocok untuk Anda karena skill yang dimiliki nantinya akan banyak dibutuhkan. 

Baca juga: Apa Tujuan Karir Anda? 7 Jawaban Yang Bisa Anda Berikan Saat Interview

Rekomendasi Jurusan Lainnya

Jika daftar diatas tidak termasuk dalam minat Anda, jangan khawatir. Masih ada sederet jurusan kuliah yang tidak ada matematika lainya yang bisa dipilih berikut ini.

1. Antropologi dan Sosiologi

Jurusan anti matematika selanjutnya adalah antropologi. Pada bidang ini, yang dipelajari adalah seputar budaya dan manusia. Anda akan menemukan banyak hal unik dan menakjubkan saat studi. 

Jika Anda sangat anti matematika dan justru memiliki jiwa sosial secara dominan, sosiologi bisa menjadi opsi. Sesuai dengan namanya, sosiologi mencakup pembelajaran tentang interaksi manusia dengan lingkungannya.

Anda akan terbiasa mempelajari fenomena sosial dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari. Lingkup studi jurusan kuliah yang tidak ada matematika ini secara lebih detail meliputi kriminalitas, gender, isu lingkungan, dan sebagainya.

2. Hubungan Internasional

Pada jurusan ini, Anda tidak akan menemui mata kuliah aritmatika maupun matematika. Secara garis besar, pada hubungan internasional Anda akan mempelajari relasi hubungan antar negara di dunia.

3. Filsafat

Untuk pilihan jurusan kuliah yang tidak ada matematika satu ini membutuhkan bakat khusus. Meskipun terbebas dari hal-hal matematis, namun mendalami ilmu filsafat membutuhkan peminatan dan bakat tersendiri.

Anda akan berurusan dengan berbagai nilai-nilai keluhuran dan analisa yang kuat. Pastikan Anda mencintai dunia filsafat sebelum memutuskan untuk terjun di dalamnya. Nantinya karir yang dapat dipilih seperti menjadi pengajar, penulis, aktivis, dan filusuf.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Jurnalistik Ternyata Sangat Baik

Teruslah ikuti update informasi terkini seputar jurusan perkuliahan di berbagai kampus ternama. Bersiaplah mendaftar dan pilih jurusan kuliah yang tidak ada matematika impian Anda.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.

 

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!