jenis tunjangan PNS

Jenis Tunjangan PNS yang Membuatnya Semakin Sejahtera

Salah satu alasan profesi PNS semakin diminati karena kehidupannya sejahtera karena mendapatkan beberapa jenis tunjangan PNS dari Pemerintah. Semua bonus tersebut, sebagai fasilitasnya menjadi seorang pegawai pemerintah. 

Adapun besaran tunjangan tersebut tergantung ditentukan oleh Presiden. Presiden menetapkan aturan ini beserta besarannya ditetapkan dalam surat Keputusan Presiden, serta mengatur besarannya berdasarkan golongan dan jabatan. 

Banyak orang tertarik menjadi PNS ini karena adanya fasilitas tersebut. Terlebih, nilainya lebih besar dari gaji PNS itu sendiri. Angka fantastis dari banyaknya uang dari fasilitas tersebut siap dikantongi PNS dari berbagai golongan. 

Beberapa Jenis Tunjangan PNS yang Membuat Dompet Mereka Semakin Gendut

Wajar saja jika profesi PNS menjadi idaman karena tunjangan yang didapatnya sekitar Rp17.000.000 – Rp150.000.000 akan diterima setiap bulannya. Terlebih, tidak hanya berasal dari satu jenis saja. 

Terdapat beberapa jenis tunjangan PNS yang akan diterima setiap bulannya. Semua itu sebagai bentuk fasilitas yang akan didapatkan, setelah resmi menjadi seorang PNS / ASN. Terlebih, nilainya lebih dari cukup untuk mensejahterakan satu keluarga. 

Berikut ini beberapa daftar fasilitas tambahan ASN yang akan diterima selain gaji pokok. Adapun jumlahnya tergantung pada jabatan dan masa kerjanya. Namun, berikut ini merupakan jenis tunjangan yang akan diterimanya, yaitu:

  1. Tukin

Salah satu jenis tunjangan PNS ini diberikan kepada ASN yang memiliki kinerja baik dan produktif. Fasilitas tambahan ini diberikan sebagai salah satu apresiasi terhadap pegawai negeri sipil yang loyal, dan berintegritas. 

Integritas merupakan modal utama seorang karyawan, terlebih pegawai negeri sipil karena hal itu merupakan bagian dari prestasi kerja yang dicapainya sehingga harus diberikan apresiasi berupa tukin ini atau tunjangan kinerja. 

  1. Tunjangan Kemahalan

Seorang ASN tidak perlu khawatir jika hidup di wilayah dengan biaya hidup tinggi karena pegawai negeri tersebut mendapatkan insentif kemahalan. Dengan demikian, tidak perlu takut penghasilannya tidak mencukupi.

Terdapat beberapa wilayah di Indonesia memiliki biaya hidup tingi dari rata-rata nasional, sehingga harus memiliki penghasilan yang sesuai dengan standar tersebut. Itulah mengapa PNS akan diberikan insentif kemahalan.

  1. Tunjangan Keluarga

Setiap pegawai negeri yang memiliki keluarga atau sudah menikah serta memiliki anak akan diberikan insentif keluarga sebesar jumlah anggota keluarga yang ditanggung oleh ASN tersebut. Dengan demikian, mereka menerima jumlah fasilitas tambahan berbeda-beda. 

Mengingat, setiap PNS memiliki jumlah anak berbeda-beda atau jumlah tanggungan tidak sama, sehingga jumlah bonus yang diterima antara satu dengan yang lain tidak akan sama. 

  1. Tunjangan Hari Raya

Setiap pegawai negeri akan mendapatkan jenis tunjangan ini Ketika menjelang hari raya Idul Fitri maupun Natal atau hari raya agama lainnya. Bonus ini diberikan sebagai wujud untuk mensejahterakan mereka Ketika menjelang hari raya. 

Mengingat, banyaknya kebutuhan yang akan dihadapi oleh setiap orang Ketika menjelang hari raya. Dengan demikian, pemerintah membuat kebijakan untuk mengeluarkan jenis tunjangan PNS ini agar bisa merayakan hari besar keagamaan. 

  1. Tunjangan Kesehatan

Semua kesehatan pegawai negeri dan keluarganya ditanggung oleh Pemerintah, sehingga ASN tersebut akan mendapatkan fasilitas tambahan kesehatan. Termasuk dalam hal ini perawatan penyakit serta biaya rawat inap di Rumah Sakit. 

Terlebih untuk beberapa kondisi Kesehatan yang memerlukan penanganan khusus. Semua itu ditanggung oleh asuransi serta premi asuransinya akan dibayarkan dalam bentuk fasilitas tambahan Kesehatan. Agar Kesehatan PNS serta keluarganya terjaga.

  1. Tunjangan Pendidikan

Setiap PNS yang memiliki anak akan mendapatkan insentif Pendidikan. Insentif Pendidikan tersebut merupakan salah satu jenis tunjangan PNS yang dapat membantu anak-anaknya mendapatkan Pendidikan layak. 

Adapun besaran insentif ini tergantung pada jumlah anak yang dimiliki serta golongan dan jabatan. Dengan demikian, PNS tersebut tidak akan terbebani oleh biaya Pendidikan yang terus meningkat setiap tahunnya. 

  1. Tunjangan Transportasi

Jenis tunjangan PNS ini akan diberikan kepada pegawai negeri yang ditugaskan di daerah terpencil atau di wilayah sulit dijangkau. Adapun besaran bonus tersebut ditentukan oleh jarak dari rumah menuju kantor. 

Tidak setiap ASN mendapatkan jenis bonus ini karena ternyata bonus ini juga tergantung pada lama waktu bekerja. Lama waktu seorang ASN mengemban tugasnya di daerah terpencil, menentukan besaran bonusnya.

Baca juga: Besaran gaji pns berbagai golongan

  1. Tunjangan Pajak

Setiap ASN merupakan wajib pajak. Dengan demikian, mereka juga harus memenuhi kewajiban pajaknya. Maka dari itu, diberikan insentif pajak untuk membantu mereka memenuhi kewajiban pajak tersebut. 

Kewajiban pajak harus ditunaikan oleh ASN meliputi pajak penghasilan, pajak kendaraan, sehingga mereka berhak mendapatkan semua insentif tersebut agar kewajiban pajaknya bisa ditunaikan tepat waktu.

Banyak orang ingin menjadi seorang ASN karena banyaknya bonus akan didapatnya. Maka dari itu, bagi Anda berminat melamar menjalani profesi ini, sebaiknya mengetahui jenis tunjangan PNS. 


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.

 

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!