Berapa Gaji Pertambangan di Indonesia, Kulik Lengkap Segala Sektornya!

Tidak lagi merupakan informasi yang dirahasiakan bahwa pekerjaan di sektor pertambangan menawarkan kompensasi finansial yang sangat menarik. Faktor utama di balik daya tarik ini adalah tingginya permintaan global terhadap sumber daya tambang. Oleh karena itu, sekarang mari kita telaah berapa besaran upah yang diterima oleh para pekerja di industri pertambangan Indonesia.

Besaran Gaji Pertambangan di Indonesia di Berbagai Posisi

Sektor pertambangan adalah salah satu industri yang menawarkan kompensasi yang menggiurkan. Fakta ini terungkap dalam Indonesia Salary Guide 2023 yang diterbitkan oleh perusahaan rekrutmen internasional, Michael Page.

Berdasarkan laporan tersebut, direktur operasional di sektor pertambangan di Indonesia dapat menghasilkan pendapatan bulanan sebesar Rp230 juta secara bruto.

Sementara itu, para profesional dengan posisi manajerial dalam industri pertambangan dapat menerima gaji berkisar antara Rp45 juta hingga Rp90 juta per bulan.

Sedangkan bagi pekerja senior dan pengawas di sektor pertambangan, penghasilan mereka berada dalam rentang Rp20 juta hingga Rp55 juta per bulan.

Berikut perkiraan pendapatan bulanan untuk tenaga kerja yang ahli di sektor pertambangan Indonesia pada tahun 2023, berdasarkan jabatannya:

  • Direktur Operasi Pertambangan: Rp230 juta
  • General Manager Operasi Pertambangan: Rp90 juta
  • General Manager Pabrik Pengolahan: Rp90 juta
  • Manajer Pabrik Pengolahan: Rp65 juta
  • Metallurgist Senior: Rp55 juta
  • Manajer Operasi Pertambangan: Rp50 juta
  • Geolog Senior: Rp50 juta
  • Manajer Pemeliharaan/Rekayasa: Rp45 juta
  • Superintendent Pabrik Pengolahan: Rp25 juta
  • Superintendent Operasi Pertambangan/Geologi/Rekayasa/Pemeliharaan: Rp25 juta
  • Supervisor Operasi Pertambangan/Geologi/Rekayasa/Pemeliharaan: Rp20 juta

Kisaran gaji ini disusun oleh Michael Page berdasarkan data yang mereka kumpulkan dari jaringan mereka di Indonesia. Data ini mencakup iklan lowongan kerja di sektor pertambangan sepanjang tahun 2022 dan juga mencakup proyeksi gaji untuk tahun 2023.

Michael Page mencatat bahwa besarnya gaji di sektor pertambangan dipengaruhi oleh harga komoditas yang tinggi. Perubahan signifikan dalam harga batu bara, misalnya, telah meningkatkan permintaan terhadap tenaga ahli di bidang pertambangan batu bara. Selain itu, investasi dalam kendaraan listrik juga telah meningkatkan permintaan terhadap produk pertambangan nikel.

Menurut Michael Page, sektor pertambangan yang paling aktif merekrut karyawan di Indonesia adalah sektor batu bara, nikel, dan pabrik pengolahan. Posisi yang paling dicari adalah manajemen operasi tambang batu bara, manajemen operasi tambang nikel, serta pengolahan mineral.

Sumber lain juga mengklasifikasikan gaji di sektor pertambangan Indonesia ke dalam beberapa kategori, seperti berikut:

Mayoritas Pekerja Tambang dan Pekerja Penggalian menerima gaji antara IDR3,660,152 hingga IDR8,986,927 per bulan pada tahun 2023.
Upah bulanan untuk Pekerja Tambang dan Pekerja Penggalian tingkat pemula berkisar antara IDR3,660,152 hingga IDR9,104,377.
Setelah memiliki pengalaman kerja selama 5 tahun, pendapatan mereka akan berada di antara IDR4,022,614 hingga IDR9,832,951 per bulan.

Baca juga: Berapa Gaji tukang las bawah laut?

Macam Macam Posisi dalam Sektor Pertambangan

Sebelum kita mengulas tentang perkiraan pendapatan pekerja tambang di Indonesia, mari kita memahami variasi posisi yang ada dalam industri pertambangan.

1. Ahli Teknik Pertambangan

Untuk menjabat dalam posisi ini, diperlukan lulusan dari jurusan Teknik. Peran seorang ahli teknik pertambangan melibatkan pengembangan infrastruktur dan fasilitas untuk memastikan kelancaran aktivitas pertambangan.

2. Teknisi atau Operator

Posisi ini umumnya sangat dicari. Teknisi atau Operator harus memiliki kemampuan dalam mengoperasikan peralatan tambang dengan cakupan pengetahuan yang mendalam mengenai industri ini.



3. Profesional Keuangan

Keberadaan profesional keuangan sangat penting dalam berbagai sektor, termasuk pertambangan. Perusahaan perlu mengelola, menghasilkan, dan bertanggung jawab atas aspek keuangan yang dihasilkan.

Baca juga: Berapa gaji pantarlih pemilu 2024?

4. Spesialis Lingkungan

Spesialis lingkungan bertugas mengawasi dampak dari aktivitas tambang yang dilakukan oleh perusahaan. Perusahaan wajib menjaga aspek lingkungan sebagai bagian dari tanggung jawab mereka terkait eksploitasi sumber daya alam. Peran ini memiliki keterkaitan yang signifikan dengan izin usaha yang dikeluarkan oleh pemerintah di berbagai tingkat.

5. Ahli Pemasaran

Perusahaan di sektor pertambangan memproduksi produk tambang yang harus dipasarkan. Namun, pasar mereka lebih condong ke tingkat global dan berorientasi B2B (Business to Business).
Karenanya, individu yang bekerja dalam pemasaran industri tambang harus memiliki kualifikasi yang luar biasa serta memahami dinamika industri pertambangan.

6. Ahli Sistem Informasi

Seperti perusahaan di sektor lain, perusahaan pertambangan memiliki divisi khusus untuk mengumpulkan data demi meningkatkan efisiensi operasional mereka. Kemampuan analisis data, pengoperasian komputer, dan pemahaman tentang industri serta pesaingnya merupakan hal utama dalam pekerjaan ini.

7. Pekerja Terampil

Pekerja terampil mencakup para ahli mekanik elektronik, mekanik berat, dan pengelasan yang biasanya lulusan dari jurusan teknik.



8. Ahli Geologi

Posisi ini biasanya ditemukan dalam pertambangan batu bara, dengan tugas utama mencari dan mengevaluasi deposit batu bara. Kemampuan khusus yang dibutuhkan mencakup penggunaan peralatan geofisika yang canggih.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!