tukang las bawah laut

Gaji Tukang Las Bawah Laut Atau Underwater Welder, Katanya Miliaran?

Profesi sebagai Tukang las bawah laut, yang sering disebut sebagai underwater welder, mungkin masih kurang dikenal di Indonesia. Pekerjaan ini melibatkan risiko tinggi namun imbalan yang menarik. Sebab, para penyelam las bawah laut ini bekerja di bawah permukaan air, oleh karena itu, mereka harus memiliki keterampilan menyelam yang terampil. Menurut informasi yang ditemukan di situs pencarian pekerjaan Indeed, para profesional ini juga harus memiliki sertifikasi yang diperlukan, baik dalam pengelasan maupun menyelam.

Tugas utama tukang las bawah laut adalah memotong, membuat, memperbaiki, dan melakukan pengelasan pada struktur logam di lingkungan perairan. Selain itu, mereka juga bertanggung jawab untuk mengambil gambar struktur di bawah air, yang berguna dalam perencanaan proyek atau penilaian proyek yang ada. Selain itu, mereka melakukan evaluasi dan persetujuan terhadap struktur bawah air untuk memastikan keamanannya.

Baca juga: Berapa Gaji Tukang Parkir Pesawat

Berapa Gaji Tukang Las Bawah Laut Atau Underwater Welder?

Dikutip dari berbagai sumber, pekerjaan sebagai tukang las bawah laut di Amerika Serikat memiliki penghasilan tahunan sebesar USD56.075, setara dengan Rp842,44 juta (dengan kurs Rp15.023/USD), berdasarkan data yang diperoleh per 2 Januari 2023.

Secara lebih rinci, tukang las bawah laut rata-rata menerima pendapatan sebesar Rp16,1 juta per minggu, Rp70,1 juta per bulan, atau Rp2,2 juta per hari. Pada puncaknya, ada pekerjaan yang menawarkan gaji tahunan mencapai USD129 ribu atau setara dengan Rp1,9 miliar, sedangkan yang terendah mencapai USD19 ribu atau sekitar Rp285,4 juta per tahun.

Meskipun angka-angka ini menarik, pekerjaan ini memerlukan keahlian khusus dalam menyelam, pengelasan, dan dokumentasi visual. Tugas seorang tukang las bawah laut sangat beragam, termasuk pemotongan, pembuatan, perbaikan, pengelasan struktur logam, dan pengambilan gambar struktur bawah laut yang diperlukan untuk perencanaan dan evaluasi proyek demi menjaga keamanan mereka.

Baca juga: Berapa Gaji Pantarlih Pemilu 2024?

Gaji Tukang Las Bawah Laut Atau Underwater Welder di Tentukan Berdasarkan Industri

Gaji tukang las bawah laut dalam sektor industri arsitektur, teknik, dan bidang layanan terkaitnya bervariasi, berkisar sekitar USD34,30 per jam, atau sekitar Rp509 ribu per jam (dengan kurs Rp 14.860). Dengan demikian, para tukang las yang bekerja di industri ini dapat menghasilkan pendapatan tahunan sekitar USD70.570 atau sekitar Rp1 miliar.

Selain itu, tukang las bawah laut juga aktif di industri teknik sipil dan sektor teknik berat lainnya. Di bidang ini, gaji rata-rata tukang las bawah laut mencapai sekitar USD33,39 per jam atau setara dengan pendapatan tahunan sekitar USD70.570.

Bagi mereka yang bekerja di industri pendukung transportasi air, gaji tukang las bawah laut diperkirakan sekitar USD27,71 per jam, yang setara dengan pendapatan tahunan sekitar USD57.630.

Sementara di industri seperti museum, situs sejarah, dan lembaga sejenisnya, para tukang las bawah laut mendapatkan gaji sekitar USD19,39 per jam atau sekitar USD40.330 per tahun.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!