Gaji janitor

Gaji Janitor Apakah Sesuai dengan UMR Daerah?

Gaji janitor tentunya berbeda-beda setiap perusahaan. Sehingga Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu terkait perusahaan tersebut. Tentunya gaji setiap posisi juga ditentukan oleh lokasi tempat bekerja. Karena UMR

tiap daerah memiliki nominal yang berbeda-beda.

Di Indonesia sendiri janitor lebih dikenal dengan istilah cleaning posisi ini pasti ditemukan di setiap perusahaan ataupun kantor. Karena seorang cleaning service akan bertugas untuk menjaga kebersihan suatu gedung. Oleh karena itu seorang janitor pasti ditemukan di berbagai tempat.

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Janitor

Tugas ataupun tanggung jawab dari seorang cleaning service sendiri tentunya berkaitan dengan kebersihan. Mereka akan memastikan bahwa fasilitas dan tempat bekerja dalam kondisi bersih dan sehat 

Tugas yang dijalankan seperti contohnya yaitu menyapu, mengepel, desinfektan, buang sampah, suplai air, dan lain sebagainya. Lokasi yang harus dibersihkan oleh seorang cleaning service tentunya semua bagian pada tempat bekerja.

Jangan tanggung jawab seperti itu tentunya gaji janitor juga tidak dapat disepelekan. Karena cleaning service juga memiliki tanggung jawab dan perannya dalam suatu perusahaan. Dalam menjalankan tugasnya seorang janitor juga perlu untuk melakukan dokumentasi. Hal tersebut diperuntukkan sebagai bentuk laporan kepada atasan.

Sehingga mereka memiliki laporan harian sebagai bentuk bukti bahwa pekerjaan telah diselesaikan. Maka dari itu Anda mungkin sering menemukan seorang cleaning service mendokumentasikan berbagai hal yang sedang dilakukan.

Selain dengan menjaga kebersihan seorang janitor juga memiliki tanggung jawab untuk mengisi stok perlengkapan ruangan. Kebanyakan perusahaan akan memastikan bahwa stok persediaan selalu terupdate dengan tanggung jawab yang diberikan kepada cleaning service.

Peralatan tersebut mulai dari alat kebersihan seperti sapu, pel, cairan pembersih lantai, cuci piring, sampai dengan pengharum ruangan diganti secara rutin. Selain itu stok perlengkapan ruangan juga bisa dimonitoring mulai dari spidol, kertas, bolpoin, penjepit, dan barang lainnya 

Rata-Rata Gaji Janitor

Gaji yang diberikan oleh perusahaan kepada cleaning service tentunya berbeda-beda. Bisa didasarkan pada seberapa besar perusahaan tersebut serta lokasi pekerjaan.

Tidak menutup kemungkinan juga bahwa gaji janitor juga dilihat berdasarkan dengan peran dan tanggung jawab yang dimilikinya. Sehingga dalam suatu perusahaan setiap cleaning service bisa memiliki pendapatan berbeda.

Hal tersebut bisa disesuaikan dengan perjanjian di awal atau PKWT. Karena setiap perusahaan tentunya memiliki peraturan dan anggaran masing-masing. Namun jika dilihat secara rata-rata gaji janitor sebesar 3 juta. Tentunya gaji ini hampir sama dengan karyawan lainnya.

Karena meskipun memiliki tugas untuk membersihkan tentunya cleaning service juga suatu pekerjaan yang berat. Sehingga harus didukung dengan gaji yang sesuai.

Baca juga: Berapa gaji ppnpn yang digadang gadang cukup besar!

Kualifikasi Seorang Janitor

Untuk menjadi seorang janitor tentunya Anda harus memiliki beberapa kualifikasi yang sesuai. Beberapa perusahaan juga biasanya menetapkan beberapa syarat dan ketentuan untuk melamar menjadi seorang cleaning.

Anda akan lebih dipilih ketika sudah memiliki pengalaman kerja menjadi seorang jenitor. Hal ini tentunya menjadi poin penting yang lebih unggul dibandingkan dengan mereka yang belum memiliki pengalaman kerja serupa.

Selain itu seorang cleaning service juga diharapkan mampu menangani alat berat dan mesin terutama pada bidang kebersihan. Karena nantinya janitor akan bertugas untuk menjaga kebersihan dan keamanan lingkup tempat bekerjanya.

Penting juga untuk mengetahui bahan kimia pembersih dan perlengkapan lainnya. Sehingga ketika bekerja akan lebih kompeten lagi dan tidak kebingungan.

Seorang cleaning service juga diharapkan mampu memahami dengan baik materi terkait dengan safety data sheet atau MSDS. Sehingga dapat bekerja sesuai dengan SOP yang baik dan benar.

Untuk seorang cleaning service sendiri banyak perusahaan yang menetapkan pendidikan minimal lulusan SMA. Sehingga bagi Anda yang memiliki ijazah SMA maka sudah bisa melamar menjadi cleaning service dan mendapatkan gaji janitor sekitar 3 juta.

Untuk menjadi seorang cleaning service juga tentu ketekunan dan ketelitian. Karena Anda dituntut untuk dapat menjaga kebersihan lingkungan perusahaan.

Sehingga harus rajin dan teliti dalam melakukan pekerjaan. Lingkungan yang bersih tentunya juga akan membuat karyawan nyaman dan lebih aman.

Untuk itu menjadi seorang cleaning service tentunya juga harus memiliki kompetensi yang baik. Anda tidak perlu khawatir karena gaji janitor juga sesuai dengan standar UMR.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!