gaji PPNPN

Kisaran Gaji PPNPN dan Kategori Pekerjaannya

Bagi Anda yang tertarik menjadi Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri pasti penasaran berapa gaji PPNPN saat ini. Perlu diketahui bahwasanya gaji pekerjaan ini tetap diambil dari APBN meskipun bukan termasuk Pegawai Negeri Sipil.

Setelah lolos dalam seleksi Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri, para PPNPN ini akan ditempatkan di Otorita Ibu Kota Negara (IKN). Untuk tahun 2023 sendiri pendaftarannya dibuka pada bulan Februari.

Dalam menjalani tugasnya, posisi kerja terbagi menjadi beberapa bagian. Selain itu gaji dan tunjangan juga akan menyesuaikan dengan apa yang dikerjakan atau posisinya.

Mengenal Apa Itu PPNPN

Mari mengenal terlebih dahulu apa itu Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri sebelum lebih lanjut membahas terkait gaji PPNPN. PPNPN adalah mereka yang bekerja di instansi pemerintahan tetapi tidak terikat kontrak dengan pihak ketiga. 

Sesuai namanya pekerjaan ini juga tidak terdaftar sebagai pegawai negeri karena mereka biasanya merupakan pegawai honorer, tidak tetap, dan lainnya. Meski begitu, pekerjaan ini diminati oleh banyak orang.

Pasalnya meskipun bukan termasuk PNS, tunjangan tetap akan Anda dapatkan jika berhasil menduduki pekerjaan tersebut. Hal tersebut juga sudah diatur secara resmi dalam peraturan perundang-undangan.

Perlu dipahami bahwa pekerjaan instansi pemerintah ini terdiri dari beberapa kategori di dalamnya. Seperti sebelumnya dijelaskan bahwa tugas dan jabatan mereka akan menjadi penentu besaran gaji PPNPN itu sendiri. Adapun kategorinya adalah sebagai berikut:

  • PPPK atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja
  • Staf khusus atau ahli non PNS yang mengabdikan diri pada Lembaga atau Kementerian Negara
  • Mereka yang berdinas di Lembaga Non Struktural
  • Seorang Dokter atau Bidan PTT
  • Guru dan Dosen yang belum tetap
  • Security, pramubakti, petugas kebersihan, dan pekerja operasional kantor lainnya
  • Mereka yang sumber gajinya berasal dari APBN atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara

Ada juga yang tidak termasuk pada kategori PPNPN, yaitu dua jenis pegawai. Pertama adalah pekerja BLU dimana gajinya bukan dari APBN dan PTT yang tugasnya berkaitan dengan output kegiatan suatu instansi pemerintah.

Baca juga: Berapa gaji business development

Kisaran Gaji PPNPN dan Kepala serta Wakil Kepala Otirita IKN

Penetapan gaji untuk PPNPN ini diatur dalam Peraturan Presiden No. 13 Tahun 2023. Di dalamnya dibahas mengenai Hak Keuangan dan Fasilitas Lainnya bagi Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN.

  1. Kepala Otorita IKN

Untuk posisi kepala Otorita IKN, penghasilannya bahkan mencapai angka ratusan juta rupiah. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut:

  • Rp 5.040.000 (gaji pokok)
  • Rp 648.840 (tunjangan keluarga dan beras)
  • Rp 13.608.000 (tunjangan jabatan)
  • Rp 153.422.000 (tunjangan kinerja)
  1. Wakil Kepala Otorita IKN

Sedangkan gaji PPNPN untuk posisi Wakil Kepala Otorita IKN sendiri menyentuh angka Rp 155 juta. Tunjangan yang didapat sama dengan posisi Kepala Otorita IKN, yang membedakan hanya pada nominalnya saja.

  1. Lainnya

Disamping itu, untuk posisi lain sudah diatur Peraturan Menteri Keuangan tentang Standar Biaya Masukan (SBM). Merujuk pada ahun 2016 dan 2017, gaji minimal pekerjaan ini berkisar pada angka Rp 1.700.00 per bulan. 

Angka minimal tersebut nantinya akan menjadi penentuan terkait pembayaran asuransi kesehatan. Sesuai dengan namanya yaitu minimal, angka tersebut merupakan batas terendah yang nantinya jumlah akan menyesuaikan dengan UMR pada daerah setempat.

Adapun dalam Peraturan Presiden No. 12 Tahun 2013 tentang Batas Paling Tinggi Gaji PPNPN disebutkan terkait potongan. Dimana untuk yang menerima gaji di atas Rp 8.000.000 maka akan ada potongan sebesar 2 persen untuk pembayaran asuransi kesehatan.

Pembayaran asuransi kesehatan ini merupakan suatu keharusan karena menjadi salah satu tunjangan untuk PPNPN. Sehingga untuk pembagiannya akan ditanggung 2 persen oleh pegawai dan 3 persen oleh pemerintah.

Untuk pembayarannya, gaji harus dibayarkan maksimal tanggal 10 setiap bulannya, dimana menyesuaikan dengan tanggal tetap pada kontrak. Beberapa PPNPN juga bisa menerima penghasilan lebih awal.

Pemerintah dapat melakukan rapat terkait pembayaran tersebut apabila terjadi hal-hal yang berpotensi menghambat dan perlu disampaikan pada pegawai. Dan perlu diingat bahwa gaji PPNPN harus diserahkan secara langsung kepada pegawai bersangkutan.

Tetapi pembayaran juga bisa dilakukan melalui rekening Bendahara Pengeluaran. Hal tersebut dilakukan jika pegawai bersangkutan benar-benar berhalangan untuk menerima gaji secara langsung.

Informasi terkait pekerjaan dan gaji PPNPN ini dapat Anda jadikan pengetahuan jika memang tertarik untuk masuk pada bidang ini. Dan tentu perlu diperhatikan juga setiap aspek di dalamnya seperti hak dan kewajiban Anda.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.

 

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!