cara menghitung standar deviasi

Cara Menghitung Standar Deviasi, Metode Manual Sampai Excel

Tahukah Anda cara menghitung standar deviasi baik secara manual maupun excel. Matematika sebagai salah satu bidang ilmu yang bermanfaat di kehidupan sehari-hari. Dalam matematika Anda pasti pernah dengan standar deviasi.

Dalam kegiatan ekonomi, matematika sangat dibutuhkan karena akan secara langsung berhubungan dengan transaksi jual beli, utang dan piutang sampai dengan penentuan potongan harga untuk memberikan promo berupa diskon belanja.

Selain dapat diaplikasikan dalam kegiatan ekonomi, ilmu matematika juga bisa diterapkan dalam beragam bidang lainnya. Karena didalamnya terdapat berbagai macam rumus yang bisa dipakai untuk menyelesaikan dan menghitung suatu permasalahan angka.

Salah satunya, teori standar deviasi yang sering kali digunakan untuk menghitung data sampel penelitian. Tidak hanya itu, rumus standar deviasi juga sering dipakai untuk menganalisa saham, menghitung risiko suatu investasi, bahkan untuk mengukur kinerja reksadana.

Untuk menghitungnya, terdapat berbagai macam cara menghitung standar deviasi. Anda bisa melakukannya dengan metode manual serta menghitungnya menggunakan Microsoft excel, sesuaikan dengan kebutuhan.

Sebelum mengetahui bagaimana cara menghitungnya, perlu Anda pahami terlebih dahulu apa itu standar deviasi dan apa saja fungsinya. Dengan mengetahui dan memahami teori dasarnya, maka diharapkan nantinya dapat memahami konsep perhitungannya.

Standar deviasi yaitu ukuran yang menggambarkan sebaran dari paket data atau satu set. Fungsinya dapat dimanfaatkan untuk menghitung kumpulan data yang tersebar dari nilai rata-rata. Semakin tinggi nilai deviasinya maka akan semakin menyimpang dari rata-rata.

Sebagai ilmu yang sering digunakan, maka penting untuk dipahami bagaimana menghitung standar deviasi secara benar. Terutama untuk Anda yang bekerja di bidang investasi atau keuangan maka sangat perlu memahami cara berikut ini.

Cara Menghitung Standar Deviasi Mudah

Setelah tahu definisi umum dan fungsinya, berikutnya akan dijelaskan beberapa metode untuk menghitung standar deviasi dengan baik dan benar. Mulai dari perhitungan manual dengan rumus serta aplikasi excel dapat digunakan. Jadi simak saja beberapa tahanpan di bawah ini.

Baca juga: Rumus pengurangan excel

1. Cara Menghitung Standar Deviasi Secara Manual

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghitung standar deviasi manual dengan mengacu pada suatu rumus yang bisa Anda terapkan.

  • Tentukan Mean

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari nilai rata-rata dari suatu data yang akan dicari nilai penyimpangannya. Caranya yaitu dengan menjumlahkan semua data dan kemudian dibagikan banyaknya data didalamnya.

  • Mencari Nilai Varian

Tahap selanjutnya yaitu menentukan nilai varian. Anda bisa menghitungnya dengan mengurangi mean dari nilai data. Pastikan tahap ini bisa dilakukan dengan benar karena akan berpengaruh pada hasil akhirnya nanti.

  • Nilai Dikuadratkan

Cara menghitung standar deviasi selanjutnya yaitu menguadratkan masing-masing nilai yang diperoleh. Setelah semua nilai sudah dikuadratkan, maka selanjutnya Anda perlu menjumlahkan semua data untuk memperoleh hasil.

  • Bagi Data Dengan Jumlah Titik Yang Dikurangi Satu

Setelah menyelesaikan tahap ketiga Anda harus membagi hasilnya dengan jumlah titik data yang dikurangi satu. Kemudian hasil pembagian dicari akar kuadratnya untuk mendapatkan hasil standar deviasi.

Baca juga: Cara membuat grafik di excel

2. Cara Menghitung Standar Deviasi Menggunakan Excel

Jika tadi menghitung nilai penyimpangan secara manual dan mungkin sebagian orang menganggapnya sulit, berikut cara simpel untuk menghitungnya yaitu dengan menggunakan excel bisa untuk dipraktikkan.

  • Buka Aplikasi Microsoft excel

Langkah pertama yaitu buka aplikasi ini di perangkat Anda. Sebaiknya gunakan laptop untuk mengerjakannya meskipun sebenarnya menggunakan hp bisa. Selanjutnya siapkan file yang akan diolah datanya atau dicari nilai penyimpangannya. 

  • Input Rumus

Perlu untuk diketahui bahwa rumus yang digunakan untuk menghitung adalah STDEV.S (rentang data). Misalnya data tersebut terletak pada kolom A5 sampai A30. Maka masukkan rumus tersebut dan blok kolom A5 sampai A30.

  • Klik Enter

Tahap terakhir adalah Anda tinggal tekan enter maka hasilnya akan keluar. Tetapi sebelum menekan enter pastikan bahwa rumus yang dimasukkan dan kolom yang di blok sudah benar, 

Tentunya menghitung standar deviasi dengan excel lebih efektif apabila data yang ingin dihitung berjumlah yang cukup banyak. Jadi tidak perlu menghitungnya satu demi satu. Karena bisa dilakukan secara otomatis dengan cara menghitung standar deviasi.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.

 

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!