cara membuat logo di Word

Cara Membuat Logo di Word Unik dan Menarik

Untuk seorang pemula cara membuat logo di Word tidak begitu rumit dilakukan. Microsoft Word sendiri adalah perangkat lunak populer sering digunakan untuk membuat atau mengedit dokumen.

Pengguna bahkan dapat membuat desain tertentu seperti logo dengan berbagai fitur. Logo adalah gambar dari suatu brand atau merek perusahaan biasanya terdapat pada sertifikat, judul serta dokumen penting lainnya.

Jika ingin membuatnya sendiri dengan memanfaatkan Word untuk kebutuhan Anda. Maka hal tersebut dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus meminta bantuan orang lain.

Cara Membuat Logo di Word Sendiri

Jika Anda berdia membuat usaha mungkin kendala lainnya ada pada logo usaha tersebut karena bisa menentukan ketertarikan pelanggan. Namun hal tersebut bisa diatasi dengan cara membuatnya sendiri, berikut caranya.

  1. Menentukan Ide Desain

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah pastikan sudah ada sketsa atau desain dari pembuatan gambar itu. Lalu pastikan juga Word bisa digunakan di laptop atau komputer.

Baca juga: Cara menghapus page break di word

  1. Mengaktifkan Gridlines

Langkah atau cara membuat logo di Word selanjutnya adalah menyalakan atau mengaktifkan Gridlines terlebih dahulu untuk memudahkan ketika membuat gambar yang presisi. 

Caranya adalah silakan klik menu View yang terdapat pada bagian atas layar komputer. Lalu pada bagian Show bisa Anda aktifkan Gridlines agar proses berikutnya bisa dilakukan.

Yang perlu diketahui bahwa Gridline ini adalah garis dengan bentuk kotak-kotak pada Microsoft Word guna mengukur setiap objek. Tujuannya memudahkan pengguna dalam membuat objek menjadi simetris.

  1. Membuat Bentuk Dasar

Cara membuat logo di Word berikutnya ialah dengan membuat bentuk dasar terlebih dahulu pada logo tersebut. Biasanya desain akan berbentuk bulat dan caranya silakan klik menu Insert bagian atas.

Lalu ke menu Shapes kemudian Anda bisa memilih bentuk sesuai dengan keinginan dari pada logo tersebut. Ada banyak bentuk bisa pengguna pilih untuk dikombinasikan dengan bentuk lainnya.

  1. Melakukan Modifikasi

Setelah memilih bentuk yang diinginkan, maka Anda bisa melakukan modifikasi seperti memilih warna, efek, serta menambahkan garis pinggir. Silahkan tekan opsi Shape Fill, Shape Effects atau Shape Outline.

Pada pilihan ini pengguna akan membuat garis menjadi tebal, maka bisa menekan Weight lalu tentukan bagaimana tebal garis tersebut sesuai dengan gambar akan dibentuk.

Baca juga: Cara mailing excel ke word

  1. Menambahkan Teks

Setelah penggunaan Outline selesai, maka cara membuat logo di Word berikutnya adalah memasukkan teks ke gambar. Caranya bisa menekan tab Insert kemudian silakan klik WordArt yang terdapat pada kategori Text.

Setelah itu pilihlah model tulisan sesuai keinginan Anda dan ketikkan teks yang diinginkan. Jika sudah memasukkan tulisan maka Anda dapat merubah gaya tulisan mengikuti bentuk dari gambar tersebut.

Misalnya menginginkan bentuk menjadi setengah lingkaran, maka pertama bisa menekan Text Effect yang terdapat pada menu Format. Lalu untuk mengubah bentuknya bisa memilih Transfor.

  1. Menentukan Posisi dan Letak

Selah memili menu Transform, silakan tentukan terlebih dahulu bentuk seperti apa yang diinginkan. Lalu cara membuat logo di Word selanjutnya atur letak serta posisi sesuai dengan keinginan Anda.

Bila ingin menambahkan tulisan lagi bisa mengulangi cara sebelumnya. Lalu jika ingin menambahkan ikon atau gambar silakan menekan menu Insert.

  1. Pilih Gambar untuk Logo

Setelah masuk ke menu Insert maka selanjutnya pilih Pictures kemudian tekan This Device. Bila ikon belum tersimpan di laptop maka Anda bisa memasukkan secara online dengan menekan pilihan Online Pictures.

Setelah itu, silakan memilih gambar yang diinginkan untuk pembuatan logo tersebut. Kemudian tekan menu Insert dan gambar akan ditambahkan.

Agar logo ini tetap rapi ketika ingin menggesernya, maka bisa menyatukan dengan cara menggrupkannya. Cara membuat logo di Word sangat mudah cukup klik semua gambar itu kemudian klik kanan lalu klik Group.

Cara ini bisa pengguna tentukan bagaimana posisi gambar kombinasi serta penempatan lainnya yang dianggap lebih tepat tanpa mengganggu gambar lain.

Jika sudah silakan mengatur sedemikian rupa bagaimana gambar itu hingga hasilnya bisa sesuai dengan yang Anda harapkan terkait pembuatan sketsa sebelumnya.

Selain pembuatan logi ini pengguna juga bisa membuat logo transparan dengan menggunakan Word. Seperti logo akan terlihat berada di belakang tulisan guna menunjukkan identitas pembuatan dokumen.

Baik itu logo biasa atau transparan semuanya disesuaikan dengan pilihan Anda. Cara membuat logo di Word ini semua tersedia tinggal mengaplikasikannya saja.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!