10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Tugas dan tanggung jawab petugas SPBU

Tugas dan Tanggung Jawab Petugas SPBU yang Harus Anda Ketahui

Tugas dan tanggung jawab petugas SPBU yang perlu Anda ketauhi. Karena sebagai pengendara pasti sering melakukan transaksi di SPBU. Kadang apakah Anda pernah berpikir apa sih tugas pegawai SPBU. Kita biasa nya melihat hanya seperti itu saja.

Ternyata walaupun pekerjaan petugas SPBU dapat dilakukan oleh hampir semua orang, tapi ternyata tugas ini merupakan yang paling penting. Karena petugas itu adalah yang pertama kali konsumen lihat.

Petugas yang dilihat oleh konsumen merupakan representative perusahaan jadi penting untuk Anda yang ingin bekerja di SPBU, tau tugas dan tanggung jawab petugas SPBU. Sehingga Anda tidak akan menjadi sumber kehancuran dari sebuah perusahaan.

Selain menjadi representative perusahaan, penting untuk Anda juga menghargai tugas dan tanggung jawab yang telah diberikan kepada Anda. Sehingga Anda akan merasa nyaman dan dapat mendapatkan promosi lebih cepat.

Tugas dan Tanggung Jawab Petugas SPBU

menjadi petugas SPBU merupakan hal yang diinginkan mungkin kebanyakan orang. Karena persyaratan untuk masuk yang mudah. Apalagi untuk Anda fresh graduate pekerjaan ini bisa dijadikan pertimbangan. Berikut adalah tugas dan tanggung jawab petugas SPBU :

1. Melayani Konsumen dalam Pengisian BBM

Tugas dan tanggung jawab petugas SPBU ini merupakan tugas yang sangat penting, karena Anda akan berhadapan secara langsung dengan konsumen. Maka dari itu Anda harus dapat beradaptasi melayani konsumen yang nantinya akan Anda layani. 

Melayani konsumen harus sebaik mungkin. namun, terkadang memiliki masalah. Di antaranya, ketika ada konsumen yang menyerobot antrian. Hal itu bis membuat Anda sebagai petugas merasa serba salah.

Ketika Anda memarahi konsumen yang menyerobot antrian, kadangkala konsumen lebih galak. Walaupun Anda sedang menjalankan tugas dan tanggung jawab petugas SPBU Anda juga akan merasa bersalah kepada yang mengantri di belakang.

Hal itu tentu sangat membuat bingung dan takut salah. Solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan pengertian kepada konsumen yang melakukan kesalahan. Perlu diingat untuk memperingatkan dengan sebaik mungkin karena dia juga merupakan konsumen.

2. Menjaga Kebersihan Lingkungan dan Alat

Selain melayani konsumen tugas dan tanggung jawab petugas yang selanjutnya adalah, menjaga kebersihan alat dan lingkungan. Hal ini perlu di perhatikan untuk mendukung perusahaan dan kenyamanan pribadi dan konsumen.

Karena kenyaman tempat kerja bisa membuat Anda lebih nyaman dan betah menjalani pekerjaan. Apalagi menjadi petugas berdiri sangat lama ketika panas ataupun hujan, jadi Ketika lingkungan bersih dan asri Anda bisa menjalani nya dengan hati senang.

Agar tidak terjadi ledakan di SPBU, maka menjaga kebersihan alat juga sangat penting. Menjaga kebersihan alat juga sebagai bentuk pencegahan agar alat tidak eror selama dalam pengawasan kerja Anda.

3. Melakukan Kegiatan Perawatan Harian untuk Pompa, Tangki, dan Generator

Melakukan pemeliharaan pada alat pompa, tangki dan generator juga merupakan tugas dan tanggung jawab petugas SPBU. Hal ini juga sangat penting karena untuk mendukung kegiatan operasional. Jika terdapat kesalahan sedikit maka akibatnya akan sangat fatal.

Agar pekerjaan menjadi lancar perlu dilakukan perawatan rutin, karena itu merupakan hal yang sangat penting. Agar konsumen lebih percaya kepada perusahaan Anda. Hal ini juga sebagai bagian dari keselamatan kerja.

Selain keselamatan kerja tapi juga untuk menjaga keselamatan konsumen Anda. Hal ini perlu dilakukan rutin agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

4. Melakukan Pembersihan Rutin Seluruh Fasilitas Dalam Kompleks SPBU

Menjaga kebersihan lingkungan kompleks adalah salah satu bentuk pencegahan hal hal yang tidak di inginkan terjadi. Selain itu kebersihan kompleks SPBU juga akan membuat konsumen percaya bahwa SPBU merupakan perusahaan professional.

Pembersihan rutin semua fasilitas yang ada di SPBU diantaranya, mushola, kamar mandi dan lain lain. Hal ini perlu diperhatikan untuk kenyamanan konsumen yang datang ke SPBU. Yang nantinya konsumen ini akan datang kembali ke situ.

Sebagai petugas yang bekerja di SPBU dan kerja 12 jam Anda perlu memahami tugas tugas Anda. Ketika Anda tau tugas dan tanggung jawab petugas SPBU, maka Anda akan merasa lebih bebas dan mengerti apa yang harus dilakukan.

Bagikan Artikel: