tes cpns apa saja

Tes CPNS Apa Saja yang Perlu Diketahui

CPNS atau Calon Pegawai Negeri Sipil 2024 sebentar lagi akan mulai dibuka. Umumnya akan ada tes untuk menentukan apakah Anda layak dan bisa menjadi PNS selanjutnya.

Ada beberapa jenis tes yang setiap Lembaga Pemerintah berikan akan berbeda-beda. Untuk itu, setidaknya Anda harus tahu tes CPNS apa saja yang nantinya akan diujikan. Berikut penjelasannya.

Baca juga: Cara Cek NIP CPNS di BKN 2024 Melalui MySAPK, Website Apps BKN dan Lainnya

Tes CPNS Apa Saja yang Akan Diujikan?

1. TKB (Tes Kompetensi Bidang)

Jenis tes pertama yang mungkin akan Anda ikuti ketika menjadi CPNS adalah TKB. TKB ini nantinya akan disesuaikan dengan bidang jabatan yang dilamar. Tes ini dirancang guna menguji keterampilan dan pengetahuan calon peserta dalam bidang tertentu. Sehingga materi tesnya lebih spesifik dan berhubungan langsung dengan bidang pekerjaan.

2. TKD (Tes Kompetensi Dasar)

TKD atau Tes Kompetensi Dasar merupakan jenis tes yang wajib diikuti oleh semua peserta CPNS. Tes ini bertujuan dalam mengukur kemampuan dasar calon peserta dalam berbagai bidang seperti logika, pengetahuan umum, hingga bahasa.

Biasanya TKD berisi berbagai subtes, seperti TPA, TIU, dan TKP.

3. TWK (Tes Wawasan Kebangsaan)

Tes yang satu ini digunakan untuk menilai pemahaman dan kesetiaan peserta CPNS pada ideologi dan nilai-nilai bangsa Indonesia. Beberapa materi yang akan diujikan pada tes tersebut seperti UUD 1945, Pancasila, sejarah Indonesia dan wawasan kebangsaan yang lainnya.

Tujuannya untuk menjaga kesatuan dan persatuan bangsa dan juga mencari pegawai yang memiliki semangat kebangsaan tinggi.



4. Tes Kemampuan Bahasa

Biasanya tes ini juga menjadi bagian dari seleksi CPNS, terutama jika calon peserta melamar pada instansi yang membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik.

Tes ini akan menguji kemampuan calon peserta dalam memahami dan juga menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar, bahkan jika kemampuan berbahasa asing juga dibutuhkan.

5. Tes Psikologi

Tes psikologi digunakan untuk mengukur kepribadian, kemampuan beradaptasi, dan potensi calon peserta dalam menghadapi tantangan dalam lingkungan kerja.

Tes ini berhubungan dengan berbagai macam aspek seperti tes kecerdasan emosional, tes kepribadian, dan tes lainnya yang berguna untuk menilai kesiapan mental calon saat menghadapi kerja.

6. Tes Kompetensi Keagamaan

Untuk calon peserta yang melamar di instansi dengan kriteria khusus yang berhubungan dengan agama, mungkin jenis tes ini akan dilakukan. Tes ini bertujuan dalam mengukur pemahaman serta komitmen calon peserta pada ajaran agama yang dianut.

7. Tes Kesehatan

Beberapa instansi pemerintah tertentu juga bisa saja mengadakan tes kesehatan sebagai bagian dari seleksi CPNS. Tes ini bertujuan guna memastikan jika calon peserta dalam kondisi mental dan fisik yang bisa menjalankan tugas-tugas sebagai PNS tanpa adanya masalah kesehatan yang serius.

Pentingnya Memahami Jenis-jenis Tes CPNS

Jika Anda termasuk yang akan mengikuti tes CPNS 2024 nanti, akan sangat penting mengetahui tes CPNS apa saja yang akan diujikan. Tujuannya agar Anda bisa belajar dengan baik dan sesuai dengan jenis tes yang akan diujikan.

Hal ini juga karena tidak semua instansi pemerintahan menggunakan jenis tes tersebut. Tes yang diberikan hanya akan sesuai dengan kebutuhan instansi atau sesuai dengan posisi yang Anda lamar.

Dengan begitu, Anda dapat belajar sesuai jenis tes yang hanya akan diujikan dan bisa lebih fokus untuk mempelajari soal-soalnya.

Itulah beberapa tes CPNS apa saja yang mungkin akan Anda dapatkan jika mengikuti CPNS 2024.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.