tahapan seleksi cpns 2024

Tahapan Seleksi CPNS 2024 yang Penting Diketahui

Seleksi CPNS atau Calon Pegawai Negeri Sipil 2024 akan kembali dibuka. Oleh karena itu, sangat penting untuk tahu tahapan seleksi CPNS 2024 agar Anda tidak tertinggal ketika melakukan pendaftaran.

Terlebih lagi biasanya membutuhkan beberapa berkas yang harus diurus terlebih dahulu dan membutuhkan waktu. Berikut tahapan seleksinya.

Baca juga: Ini Cara Cetak Kartu Digital Hasil Seleksi CPNS dan PPPK

Tahapan Seleksi CPNS 2024

Seleksi CPNS 2024 akan dibagi menjadi beberapa tahapan, yaitu:

1. Pendaftaran

Untuk tahapan pertama yang dilakukan adalah melakukan pendaftaran secara online melalui portal SSCASN. Biasanya ada beberapa dokumen yang harus dipenuhi sebagai syarat pendaftaran, yaitu:

  • Surat lamaran
  • KTP
  • KK (Kartu Keluarga)
  • Ijazah
  • Transkrip nilai
  • Pas foto
  • Swafoto

2. Seleksi administrasi

Seleksi administrasi adalah tahap dimana akan dilakukan verifikasi dokumen persyaratan yang sudah Anda lampirkan ketika pendaftaran. Jika dokumen tersebut dinyatakan lengkap dan sesuai syarat, maka Anda akan lolos ke tahap selanjutnya.

3. SKD (Seleksi Kompetensi Dasar)

SKD adalah tes yang bertujuan untuk mengukur kemampuan dasar Anda mengenai wawasan kebangsaan, kemampuan intelegensi umum hingga kemampuan karakteristik pribadi. Tes SKD biasanya akan dilakukan secara CAT atau Computer Assisted Test.



4. SKB (Seleksi Kompetensi Bidang)

Tes yang satu ini bertujuan untuk menilai kemampuan teknis Anda yang sesuai dan dibutuhkan dengan formasi yang Anda pilih. Tes ini dilakukan secara tertulis atau praktik, tergantung kebutuhan formasi.

5. Wawancara

Wawancara adalah tahap yang dilakukan untuk menilai bagaimana kepribadian Anda secara langsung. Wawancara akan dilakukan oleh tim penguji yang terdiri dari pejabat atau instansi yang Anda lamar.

Tahapan Seleksi PPPK Guru

Selain dibuka CPNS, juga ada PPPK guru yang dibuka pendaftarannya, berikut tahapannya:

1. Daftar akun

Sama halnya dengan CPNS, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuat akun dengan cara mendaftar. Untuk laman yang bisa Anda tuju yaitu sscasn.bkn.go.id.

Anda harus membuat akun SSCASN tersebut dan mengisi persyaratan yang dibutuhkan.

2. Daftar formasi

Setelah melakukan atau mengisi data yang dibutuhkan, Anda bisa lanjut ke bagian daftar formasi. Anda harus memilih jenis seleksi, dengan cara memilih formasi jika kolom formasi masih kosong.

Jika sudah terisi, selanjutnya isi dengan data Dapodik atau THK II dan data pendidikan jika kosong. Kemudian setelah data tersebut lengkap, Anda bisa mengunggah dokumen. Cek lagi resume dan akhiri pendaftaran.



3. Seleksi administrasi

Tahapan yang selanjutnya adalah seleksi administrasi yang dilakukan oleh panitia. Nantinya akan ada pengumuman Anda lolos atau tidak. Jika dinyatakan tidak lolos, Anda bisa melakukan sanggahan atas hasil tersebut.

Kemudian panitia akan memberikan hasil dari sanggahan tersebut. Jika lolos, Anda bisa mengikuti seleksi kompetensi teknis pertama.

4. Seleksi kompetensi teknis kesempatan pertama

Setelah Anda dinyatakan lulus seleksi administrasi, Anda bisa melakukan ujian seleksi kompetensi teknis tahap pertama.

Panitia akan mengumumkan hasil ujian seleksi kompetensi kesempatan pertama. Anda bisa melakukan sanggahan apabila tidak lulus, dan jika lulus Anda bisa melakukan pemberkasan.

5. Seleksi kompetensi teknis kesempatan kedua

Jika Anda masuk dalam seleksi kompetensi teknis kesempatan kedua atau tidak lulus dalam seleksi kesempatan kedua, maka Anda harus memilih lagi formasi yang disediakan. Setelah itu, Anda bisa mencetak kartu ujian.

Setelah Anda mengikuti seleksi kompetensi teknis kesempatan kedua, panitia akan memberikan hasil seleksi. Jika tidak lulus, maka bisa melakukan sanggahan dan menunggu hasilnya.

Namun jika lulus, Anda bisa melakukan pemberkasan.

6. Seleksi kompetensi teknis kesempatan ketiga

Seleksi ketiga ini dilakukan jika Anda tidak lulus seleksi kedua. Namun Anda harus memilih lagi formasi yang kosong. Kemudian Anda bisa melakukan ujian dan menyanggah jika nantinya dinyatakan tidak lolos.

Hasil dari sanggahan akan bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat. Jika lolos Anda bisa melakukan sanggahan.

7. Optimalisasi formasi

Seleksi ini hanya dilakukan jika jumlah formasi yang dibutuhkan masih belum terpenuhi. Panitia akan merangking peserta yang tidak lulus pada seleksi teknis.

Anda juga bisa menyanggah hasil keputusan apabila dinyatakan tidak lulus.

Tahapan Seleksi CPNS Non-Guru

1. Daftar akun

Sama halnya dengan tahapan yang lainnya, Anda harus membuat akun terlebih dahulu melalui SSCASN. Isi data diri yang dibutuhkan dan unggah swafoto sesuai ketentuan.

2. Daftar formasi

Tahap yang selanjutnya adalah Anda bisa memilih formasi yang diinginkan. Kemudian unggah dokumen yang dibutuhkan. Setelah itu, cek resume dan akhiri pendaftaran. Anda juga bisa mencetak kartu informasi akun dan kartu pendaftaran akun.

3. Seleksi administrasi

Dokumen yang tadi sudah diunggah akan dilakukan seleksi oleh panitia. Kemudian akan diumumkan apakah Anda lulus seleksi administrasi atau tidak. Jika tidak Anda bisa melakukan sanggahan.

Nantinya panitia akan memberikan pengumuman lagi dari hasil sanggahan yang dilakukan. Hasil sanggahan akan bersifat final. Jika Anda dinyatakan lulus, maka Anda bisa mencetak kartu ujian seleksi kompetensi.

4. Seleksi kompetensi teknis

Jika sudah lulus seleksi administrasi, selanjutnya Anda bisa mengikuti ujian seleksi kompetensi teknis.

Panitia juga akan mengumumkan hasil seleksi tersebut dan Anda bisa menyanggahnya jika dinyatakan tidak lulus.

5. Pengumuman kelulusan

Setelah proses sanggahan, panitia akan mengumumkan hasil sanggahan tersebut dan sifatnya mutlak. Jika Anda lulus maka tahapan selanjutnya adalah melakukan pemberkasan.

Itulah beberapa tahapan seleksi CPNS 2024 yang perlu Anda ketahui terutama untuk PPPK guru dan non guru.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.