10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Syarat Membuat NPWP untuk Melamar Kerja yang Praktis

Bingung apa saja syarat membuat NPWP untuk melamar kerja? Tidak perlu galau, membuat NPWP sebenarnya tidak sulit karena bisa dilakukan secara offline maupun online. Tidak hanya itu, syarat untuk membuat NPWP juga tidak sulit.

NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak merupakan salah satu persyaratan yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan. Setiap calon karyawan harus memiliki NPWP karena perlu membayar pajak penghasilan atau SPT setiap tahunnya.

Untuk membuat NPWP, Anda bisa datang langsung ke kantor pajak dengan membawa syarat yang telah ditentukan. Akan tetapi seiring perkembangannya, saat ini juga telah tersedia layanan membuat NPWP secara online yang lebih praktis dan mudah.

Pada dasarnya, syarat membuat NPWP baik secara offline maupun online sebenarnya tidak sulit. Mau tahu apa saja syaratnya? Berikut penjabaran secara lengkapnya :

Syarat Membuat NPWP untuk Melamar Kerja

Sebelum membuat NPWP, baik secara offline maupun online, ada beberapa persyaratan yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu. Beberapa syarat membuat NPWP untuk kebutuhan melamar kerja antara lain seperti di bawah ini :

  1. Identitas Pribadi

Syarat pertama jika ingin membuat NPWP adalah harus menyiapkan berbagai dokumen yang berkaitan dengan identitas pribadi terlebih dahulu. Di antaranya seperti KTP, dan juga Kartu Keluarga.

Jika mendaftar secara offline, maka dokumen identitas pribadi tersebut harus di fotokopi terlebih dahulu. Namun jika mengajukan secara online, syarat membuat NPWP untuk melamar kerja tersebut cukup discan atau difoto saja.

  1. Surat Keterangan dari Kelurahan

Selain kartu identitas, untuk membuat NPWP Anda juga perlu menyiapkan surat keterangan dari kelurahan. Anda harus mengisi status pekerjaan agar pendaftaran NPWP tidak ditolak. Maka dari itu, Anda harus meminta surat keterangan dari kelurahan.

Cara Membuat NPWP untuk Melamar Kerja

Setelah syarat membuat NPWP untuk melamar kerja sudah siap semua, Anda bisa langsung memulai proses pembuatan. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat NPWP ini, antara lain yaitu :

  1. Datang Langsung ke Kantor Pajak

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan jika ingin membuat NPWP untuk melamar kerja adalah dengan datang ke kantor pajak secara langsung. Anda bisa datang ke kantor pajak sesuai dengan alamat tempat tinggal.

Saat datang ke kantor pajak, jangan lupa bawa persyaratan yang diperlukan. Di antaranya seperti fotokopi KTP, KK dan juga surat keterangan dari kelurahan. Selanjutnya isi formulir permohonan dan ikuti arahan dari petugas pajak.

  1. Membuat NPWP Secara Online

Jika tidak ingin repot mengantri, saat ini juga telah tersedia layanan membuat NPWP secara online. Jika syarat membuat NPWP untuk melamar kerja sudah siap, Anda juga bisa mengajukan pembuatan NPWP secara online.

Caranya adalah dengan kunjungi laman resmi Dirjen Pajak di www.pajak.go.id atau ereg.pajak.go.id kemudian pilih menu e-Registration. Selanjutnya ikuti langkah-langkah yang ditampilkan oleh sistem secara lengkap dan benar.

Jika permohonan pendaftaran NPWP disetujui, biasanya pemohon akan menerima NPWP dalam kurang lebih 14 hari. NPWP akan dikirimkan ke alamat yang Anda cantumkan pada formulir pendaftaran.

Manfaat Memiliki NPWP untuk Pelamar Kerja

Mengetahui syarat membuat NPWP untuk melamar kerja ternyata memang perlu dilakukan. Hal ini karena memiliki NPWP ternyata ada banyak manfaatnya, khususnya bagi pelamar kerja. Jadi tidak heran jika NPWP menjadi salah satu syarat untuk melamar kerja.

Salah satu manfaat memiliki NPWP adalah akan memudahkan Anda dalam mengurus berbagai keperluan administrasi. Tidak hanya untuk keperluan melamar kerja saja akan tetapi juga saat sudah bekerja nantinya.

Memiliki NPWP juga akan memudahkan Anda untuk membuka rekening bank. Anda juga bisa mengajukan kredit atau KPR ke bank dengan mudah jika sudah memiliki NPWP. Maka dari itu, saat ingin melamar pekerjaan, ada baiknya pastikan dulu bahwa Anda sudah memiliki NPWP terlebih dahulu.

Memiliki NPWP akan memberikan banyak kemudahan saat Anda ingin mengurus berbagai administrasi yang berkaitan dengan masalah pekerjaan. Maka dari itu, pastikan tahu syarat membuat NPWP untuk melamar kerja, akan bisa mempersiapkan dengan baik sehingga proses pengajuan bisa berjalan lancar.

Bagikan Artikel: