Platform atau Website Psikotes Online Gratis Untuk Latihan Psikotes

Salah satu proses yang penting ketika seleksi baik itu untuk urusan pekerjaan, masuk perguruan tinggi, hingga untuk kebutuhan pribadi. Dengan melakukan psikotes Anda dapat menilai kemampuan diri baik itu dalam hal kepribadian, kognitif hingga keterampilan yang lain.

Psikotes adalah tes yang dilakukan untuk mengenal sisi psikologis kandidat. Menurut Harvard Business Review, setidaknya ada hampir 76% perusahaan menggunakan psikotes dalam proses rekrutmennya.

Lalu, mengapa harus melakukan psikotes dan platform apa saja yang bisa digunakan untuk psikotes secara gratis? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Syarat Masuk Polsuspas Wanita 2024, Jadwal Hingga Formasinya

Mengapa Latihan Psikotes Penting?

Ada beberapa alasan mengapa psikotes penting dilakukan, seperti:

1. Meningkatkan kemampuan

Dengan berlatih psikotes Anda bisa meningkatkan kesempatan untuk lolos dalam proses seleksi. Ada banyak bentuk soal psikotes, antara satu perusahaan dengan yang lainnya sangat bisa menggunakan bentuk soal yang berbeda-beda.

Jika Anda berlatih mengerjakan soal psikotes dengan rutin, nantinya juga akan lebih siap untuk mengikuti tes yang sebenarnya.

2. Meningkatkan akurasi dan kecepatan

Umumnya, ada beberapa jenis soal psikotes yang dibatasi oleh waktu. Dengan berlatih secara rutin, secara langsung juga membantu meningkatkan akurasi dan kecepatan menjawab soal.

3. Mengetahui kemampuan diri

Latihan psikotes membantu dalam memahami kemampuan diri dari berbagai macam aspek, misalnya kepribadian, penalaran hingga logika. Penilaian kognitif biasanya bertujuan untuk menilai kemampuan logika, numerik dan verbal.

Sedangkan penilaian kepribadian berguna untuk menilai kepribadian dan karakteristik individu. Hal tersebut yang nantinya akan membantu Anda untuk memahami bagaimana cara berinteraksi dengan lingkungan sekitar dan orang lain.



4. Memprediksi performa kerja

Dari melakukan psikotes, Anda juga bisa memprediksi performa kerja. Apakah Anda termasuk orang yang teliti dan cermat dalam mengerjakan sesuatu atau termasuk yang tergesa-gesa dan ceroboh.

5. Mengetahui psikodinamika kandidat

Psikotes juga membantu dalam mengenali kondisi psikodinamika atau mental karyawan. Untuk pekerjaan dengan tanggung jawab tinggi, hasil psikotes akan sangat dibutuhkan agar karyawan yang lolos bisa benar-benar siap secara mental, dengan begitu dikemudian hari risiko seperti stres atau depresi bisa dihindari.

6. Mengetahui penempatan dan posisi karyawan

Bagi perusahaan sendiri, psikotes biasanya berguna untuk penempatan karyawan. Dengan melihat hasil dari tes tersebut, perusahaan bisa mengenal karakteristik kandidat sehingga bisa menentukan mana posisi yang paling sesuai dengan karakter mereka atau tidak.

Rekomendasi Platform Psikotes Online Gratis

1. NSD.co.id

Rekomendasi website untuk psikotes online gratis yang pertama ada dari NSD.co.id. Platform yang satu ini sudah terintegrasi dengan aplikasi rekrutmen. Dengan sistem yang sudah terintergrasi akan lebih memudahkan dalam job posting, database recruitment, psikotes online dan lainnya. Sehingga akan lebih mempermudah pengambilan keputusan untuk rekrutmen. Selain itu website ini juga bisa diakses melalui smartphone baik itu secara langsung atau website hingga aplikasi.



2. Psikotestyuk.com

Selanjutnya ada psikotestyuk.com, yang menyediakan banyak jenis contoh tes psikotes online yang biasanya diberikan oleh instansi dan perusahaan. Platform ini setidaknya memberikan lebih dari 100 kumpulan soal-soal psikotest yang bisa Anda pelajari.

3. latihanpsikotes.com

Selain memberikan banyak contoh-contoh tes psikotes, latihanpsikotes.com juga bisa memberikan banyak informasi dan artikel yang bisa Anda coba. Jadi tidak hanya berfokus pada tes psikotes saja.

4. Talentics

Talentics merupakan aplikasi untuk psikotes online yang memang dirancang untuk membantu proses seleksi serta penilaian bakat hingga kemampuan seseorang. Ada berbagai macam fitur yang bisa Anda coba, seperti:

  • Tes kemampuan
  • Tes bakat
  • Tes kepribadian
  • Laporan hasil

5. Ekrutes

Sama halnya dengan sebelumnya, Ekrutes juga aplikasi psikotes yang memang dirancang guna membantu proses seleksi calon karyawan. Ada banyak fitur yang bisa mempermudah perusahaan dalam mengukur kompetensi hingga kemampuan calon karyawannya, seperti tes kemampuan, tes kepribadian, tes keterampilan, tes integritas hingga asesmen kandidat.

6. Practiceaptitudetest.com

Practiceaptitudetest.com banyak digunakan untuk melihat kemampuan kognitif, kebiasaan kerja, hingga personaliti seseorang. Untuk jenis tes yang diberikan ada berbagai macam seperti numeral, tes logika dan problem solving yang mana sangat dibutuhkan dalam kegiatan bekerja.

7. Eva-hr.com

Aplikasi Eva Recruitment Management menyediakan berbagai macam fitur yang bisa membantu perusahaan untuk menilai potensi calon karyawannya. Namun selain itu, fitur tersebut juga bisa Anda manfaatkan untuk berlatih psikotes.

Tips Memaksimalkan Latihan Psikotes Online

Walaupun latihan psikotes dilakukan secara online, hendaknya Anda tetap memperhatikan beberapa hal ini agar latihan psikotes yang selama ini Anda lakukan bisa berjalan dengan baik dan menghasilkan hasil yang maksimal.

1. Ketahui jenis tes psikologi

Sebelum tes dimulai, akan lebih baik jika Anda mengetahui jenis tes seperti apa yang akan dilakukan. Ada beberapa jenis tes seperti tes kemampuan numerik, tes kepribadian, tes kognitif dan yang lainnya.

Dengan mengetahui jenis tes yang akan diikuti, Anda bisa melakukan persiapan lebih spesifik.

2. Buat suasana yang tenang

Ciptakan lingkungan yang minim gangguan dan tenang. Pilihlah tempat yang bebas dari kebisingan atau gangguan orang lain. Anda bisa memilih waktu di saat Anda merasa lebih fokus, misalnya ketika pagi hari atau bahkan malam hari.

3. Hindari terlalu fokus pada jawaban “benar”

Tes psikologi biasanya tidak memiliki jawaban yang benar atau salah. Hal ini karena mereka lebih memilih bagaimana cara Anda memproses informasi dan merespon situasi tertentu. Oleh karena itu, ketika melakukan test tidak perlu overthinking dan cobalah menjawab secara spontan dan jujur sesuai pandangan Anda.

4. Persiapkan hal-hal teknis

Mengerjakan psikotes secara online yang penting diperhatikan adalah bagaimana koneksi internet Anda. Selain itu pastikan juga menggunakan device yang memadai dan alat tulis sebagai cadangan jika dibutuhkan.

5. Lakukan review hasil

Jika tes sudah selesai, Anda bisa meluangkan waktu untuk melihat rincian hasilnya. Namun tidak semua platform memberikan rincian ini. Anda bisa mereview hasil jawaban dari tes yang sudah dikerjakan sebelumnya untuk tahu bagian mana yang harus ditingkatkan.

Itulah beberapa pilihan platform atau website psikotes online gratis yang bisa Anda manfaatkan.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.