perbedaan cv dan portofolio

Jobseekers, Ketahui Perbedaan CV dan Portofolio Berikut Ini, yuk!

CV dan portofolio adalah dua dokumen penting untuk mencari kerja. Curriculum Vitae adalah ringkasan tertulis dari pengalaman kerja, pendidikan, dan kualifikasi profesional seseorang. Sementara itu, portofolio adalah koleksi pekerjaan atau proyek yang telah selesai untuk menunjukkan keterampilan dan pencapaian. Namun, apa saja perbedaan CV dan portofolio sebenarnya?

Dalam artikel ini, Pintarnya akan membahas lebih dalam terkait perbedaan CV dan portofolio untuk Anda. Mari simak selengkapnya berikut ini!

Perbedaan CV dan Portofolio

Bagi Anda yang baru menjadi menapaki dunia kerja, tentu masih belum terlalu mengerti terkait CV dan portofolio. Untuk itulah, berikut ini adalah beberapa perbedaan CV dan portofolio yang perlu Anda ketahui:

1. Isi

CV umumnya berisi informasi terperinci tentang diri seseorang, termasuk nama lengkap, kontak, latar belakang pendidikan, dan pengalaman kerja. Hal ini penting untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang kualifikasi dan pengalaman kandidat.

Sementara itu, portofolio lebih fokus pada pameran kinerja kandidat melalui karya nyata seperti tulisan, desain, atau proyek lain yang telah diselesaikan. Portofolio berfungsi sebagai bukti langsung dari kemampuan Anda.

2. Fungsi

CV dirancang untuk menarik perhatian perekrut dengan menyoroti pengalaman dan pendidikan kandidat. Tujuannya adalah untuk membuat kandidat tampak memenuhi syarat dan menarik bagi perekrut.

Di sisi lain, portofolio digunakan untuk menunjukkan kualitas dan nilai karya kandidat secara langsung. Karya dalam portofolio biasanya relevan dengan pekerjaan yang spesifik. Portofolio dapat membantu Anda maju ke tahap berikutnya dalam proses seleksi.

3. Penggunaan

CV adalah dokumen yang serbaguna yang dapat digunakan untuk melamar berbagai jenis pekerjaan di berbagai industri.

Sebaliknya, portofolio biasanya lebih relevan untuk pekerjaan tertentu yang memerlukan bukti kinerja atau kreativitas, seperti di bidang jurnalisme, desain, atau industri kreatif lainnya.



4. Kelengkapan Data

CV biasanya lebih ringkas, memberikan gambaran umum yang efisien tentang pengalaman dan keterampilan tanpa perlu terlalu panjang. Ini memudahkan perekrut untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan dengan cepat.

Namun, portofolio lebih baik jika diisi dengan sebanyak mungkin karya yang relevan. Ini karena setiap tambahan karya bisa meningkatkan peluang kandidat untuk dipilih.

5. Layout dan Desain

CV umumnya memiliki layout yang standar, menggunakan format kertas A4 dengan teks yang disusun secara rapi dari atas ke bawah dan desain yang minimalis untuk tidak mengalihkan perhatian perekrut.

Sedangkan portofolio tidak terikat oleh standar layout dan desain tertentu. Anda bebas mengekspresikan kreativitas di sini. Portofolio dapat disajikan dalam berbagai format seperti blog, video, atau bentuk digital lainnya yang menampilkan karya Anda secara efektif.

Baca Juga: Begini Cara Menulis Personal Statement untuk Melamar Kerja

Bolehkah Hanya Menyertakan Salah Satunya Saja Ketika Melamar Kerja?

Dikutip dari Indeed, perbedaan CV dan portofolio yang utama adalah bahwa portofolio menunjukkan contoh langsung dari pekerjaan Anda, sedangkan CV menyediakan ringkasan tentang riwayat kerja Anda.

Biasanya, orang membuat CV untuk menjelaskan pengalaman kerja, kualifikasi, dan keterampilan penting yang mereka miliki. Hampir semua perekrut meminta CV saat Anda melamar pekerjaan.

Sementara itu, portofolio tidak selalu dibutuhkan. Namun, portofolio sangat bermanfaat untuk pekerjaan di bidang kreatif seperti desain grafis atau penulisan kreatif. Ini karena perekrut ingin melihat bukti nyata dari apa yang bisa Anda lakukan.

Jadi, dalam kebanyakan kasus profesional non-kreatif, CV saja sudah cukup. Namun, untuk karier yang kreatif atau teknis, portofolio mungkin juga diperlukan bersama dengan CV.

Dalam beberapa situasi yang sangat jarang, jika pekerjaan secara eksklusif fokus pada karya kreatif, beberapa perekrut mungkin hanya meminta portofolio.

Namun, ini tidak umum, dan kebanyakan perekrut akan menginginkan kedua dokumen tersebut untuk mendapatkan gambaran lengkap tentang kemampuan dan pengalaman Anda. Semoga bermanfaat, ya.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.