Jobseeker Merapat! Begini Cara Menulis Pengalaman Volunteer di CV

Jobseeker Merapat! Begini Cara Menulis Pengalaman Volunteer di CV

CV menjadi penilaian penting bagi perekrut dalam memilih kandidat. Sebagai Jobseeker, Anda harus mempersiapkan CV terbaik. Dalam hal ini, pengalaman volunteer dapat Anda masukkan ke dalam CV. Volunteer adalah seseorang yang secara sukarela memberikan waktu, tenaga, atau keahlian untuk membantu orang lain atau organisasi tanpa menerima kompensasi finansial. Namun, bagaimana, sih, cara menulis pengalaman volunteer di CV sebenarnya?

Pada kesempatan kali ini, Pintarnya akan membagikan cara menulis pengalaman volunteer di CV khusus untuk Anda. Jadi, simak sampai akhir, ya!

Kapan Harus Mencantumkan Pengalaman Volunteer di CV?

Sejatinya, pengalaman kerja memang adalah faktor penting yang harus ada dalam CV Anda. Namun, bagaimana jika Anda tidak memiliki pengalaman kerja? Pengalaman volunteer bisa jadi penggantinya.

Mengutip dari laman Zety, Anda dapat mencantumakan pengalaman volunteer di CV apabila:

  • pengalaman tersebut sangat relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar
  • Anda memiliki sedikit pengalaman kerja
  • ada kesenjangan dalam riwayat kerja Anda.

Pengalaman volunteer memiliki nilai yang sangat berharga karena mirip dengan pengalaman kerja.

Cara Menulis Pengalaman Volunteer di CV

Di bawah ini adalah cara menulis pengalaman volunteer di CV yang dapat Anda coba:

1. Posisikan di bagian pengalaman kerja

Masukkan pengalaman volunteer Anda dalam bagian pengalaman kerja jika relevan dengan posisi yang Anda lamar. Tuliskan dengan format yang sama seperti pengalaman kerja lainnya, namun pastikan untuk jelas menyebutkan bahwa ini adalah kegiatan sukarelawan.

Menurut Indeed, menunjukkan pengalaman volunteer di CV Anda tidak hanya menonjolkan keterampilan yang relevan tetapi juga menunjukkan inisiatif Anda untuk berkontribusi pada masyarakat.

2. Sebutkan penyelenggara dan periode kegiatan

Untuk memudahkan verifikasi oleh perekrut, tuliskan nama organisasi di mana Anda melakukan kegiatan volunteer serta lokasi dan periode kegiatan tersebut.



3. Detailkan posisi atau jabatan

Sertakan informasi posisi atau jabatan yang Anda pegang selama kegiatan volunteer di bawah nama organisasi dan periode. Anda bisa menambahkan kata “volunteer” di samping jabatan untuk memperjelas, seperti “Volunteer Sales Representative Staff” atau “Sales Representative Staff (Volunteer)”.

4. Jelaskan tanggung jawab dan pencapaian

Layaknya pengalaman kerja profesional, penting untuk menjelaskan tanggung jawab dan pencapaian Anda selama menjadi volunteer. Gunakan bullet points untuk menjelaskan ini dengan singkat dan jelas.

Hal ini berguna untuk memastikan Anda menghubungkan aktivitas dan keterampilan yang digunakan dengan kualifikasi yang dicari oleh perekrut.

5. Perhatikan format CV

Jika Anda menggunakan format CV kronologis terbalik, tuliskan juga pengalaman volunteer Anda dengan urutan terbaru di atas.

Selain itu, perhatikan tata bahasa, penggunaan huruf kapital, dan tanda baca dalam CV Anda untuk menunjukkan profesionalitas dan kehati-hatian dalam penyusunan dokumen penting ini.

Memastikan bahwa detail-detail ini diperhatikan tidak hanya membantu menyampaikan pengalaman volunteer Anda secara efektif tetapi juga meningkatkan kesan profesional Anda di mata perekrut.

Baca Juga: Begini Cara Menulis Personal Statement untuk Melamar Kerja

Tips Menulis Pengalaman Volunteer di CV

Anda dapat mengikuti beberapa tips menulis pengalaman volunteer di CV berikut ini:

1. Pilih pengalaman yang relevan

Pilih kegiatan volunteer yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Hal ini menunjukkan bagaimana pengalaman tersebut telah membantu Anda mengembangkan keterampilan yang dapat diterapkan di tempat kerja.



2. Gunakan kata kerja yang kuat

Gunakan kata kerja yang menunjukkan aksi, seperti ‘mengorganisir’, ‘memimpin’, ‘mendukung’, ‘mengembangkan’, untuk memberikan gambaran aktif tentang kontribusi Anda.

3. Soroti keterampilan yang diperoleh

Sebutkan keterampilan spesifik yang Anda kembangkan selama kegiatan volunteer, seperti kerja tim, komunikasi, atau kepemimpinan. Ini membantu pemberi kerja melihat nilai tambah Anda.

Contoh Penulisan Pengalaman Volunteer di CV

Adapun beberapa contoh penulisan pengalaman volunteer di CV sebagai berikut:

Bahasa Indonesia

Volunteer Pengajar di SD ABC | Jakarta, Indonesia | Februari 2021 – Desember 2021

Tanggung Jawab:

  • Merancang dan mengajar kurikulum interaktif untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika kepada 40 siswa kelas 3 dan 4.
  • Menginisiasi program bimbingan belajar setelah sekolah untuk meningkatkan pemahaman pelajaran siswa.

Pencapaian:

  • Meningkatkan minat belajar siswa sebesar 50% dengan mengintegrasikan metode pembelajaran yang berbasis permainan edukatif dan proyek kelompok.

Bahasa Inggris

Volunteer Teacher at ABC Elementary School | New York, NY | September 2021 – June 2022

Responsibilities:

  • Developed and taught interactive English and Math curriculum to a class of 30 students aged 6-8.
  • Organized and led after-school tutoring sessions twice a week to assist students needing extra help.

Achievements:

  • Enhanced student engagement in learning activities by 40% through the incorporation of educational games and group projects.

Demikianlah ulasan lengkap terkait cara menulis pengalaman volunteer di CV yang dapat Anda coba. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.