Berapa Passing Grade CPNS 2024 untuk Lolos ke Tahap Selanjutnya?

Salah satu hal yang penting diperhatikan jika Anda mengikuti CPNS adalah mengenai passing grade. Passing grade ini berguna untuk menilai dengan objektif kemampuan dasar pelamar.

Dengan begitu, seleksi secara bertahap bisa dilakukan dan menghasilkan para kandidat terbaik yang memenuhi formasi yang ada.

Lalu, sebenarnya apa itu passing grade CPNS 2024 dan seberapa pentingnya itu? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Apa Itu TMT CPNS? Pentingkah?

Pengertian dan Fungsi Passing Grade CPNS

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa passing grade merupakan nilai ambang batas yang harus dicapai oleh kandidat untuk bisa lolos ke tahapan seleksi selanjutnya. Hal tersebut sudah diatur dalam Surat Keputusan Menteri PANRB 1023/2021 mengenai passing grade atau nilai ambang batas yang harus dipenuhi kandidat seleksi CPNS.

Fungsinya sendiri agar lebih memudahkan panitia untuk melakukan seleksi CPNS, sehingga nantinya hanya menghasilkan kandidat dengan syarat dan ketentuan yang sesuai dengan formasi yang membutuhkan.

Besaran Passing Grade CPNS 2024

Sampai saat ini, masih belum ada informasi resmi mengenai berapa besaran passing grade CPNS 2024. Jadi, untuk patokan bisa Anda lihat pada besaran passing grade pada seleksi CPNS sebelumnya, yaitu:

  • TWK: 65
  • TKP: 166
  • TIU: 80

source: studiku.id

Perbedaan Passing Grade Untuk Formasi Tertentu

Jenis passing grade untuk CPNS dibedakan secara umum dan formasi khusus. Formasi umum berarti passing grade tersebut memang berlaku untuk semua formasi. Sedangkan untuk formasi khusus berarti memiliki ketentuan passing grade tersendiri.

  • Disabilitas: biasanya passing grade kumulatif SKD dan TIU akan lebih rendah dibandingkan passing grade umum.
  • Lulusan terbaik/putra atau putri daerah: biasanya nilai kumulatif SKD dan TIU akan lebih tinggi dibandingkan nilai ambang batas umum.

Strategi Jitu Mencapai Passing Grade CPNS 2024

Meskipun masih belum ada informasi resmi, namun Anda bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi seleksi SKD CPNS 2024 tersebut, berikut caranya:



1. Mempelajari soal CAT

Biasakan diri untuk mengerjakan soal dengan mengikuti beberapa try-out baik itu online atau langsung. Tujuannya untuk mengukur seberapa jauh kemampuan sekaligus membantu meningkatkan kecepatan dalam menjawab soal.

2. Pelajari materi tes

Pelajari kisi-kisi dan contoh soal untuk masing-masing jenis tes. Anda bisa menggunakan sumber langsung dari BKN atau buku kumpulan soal-soal CPNS.

3. Mengikuti ikut bimbingan belajar

Ada banyak sekali tempat yang menyediakan jasa untuk membantu belajar atau bimbel CPNS. Jika dirasa Anda kesulitan belajar mandiri, mengikuti bimbel CPNS bisa menjadi pilihan.

4. Menjaga kesehatan dan stamina

Pastikan juga Anda tetap menjaga kesehatan dan stamina, seringkali karena terlalu fokus belajar sehingga lupa untuk menjaga kesehatan. Oleh karena itu, jangan lupa menjaga kesehatan agar tidak sakit saat mendekati hari H ujian.

5. Pantau informasi resmi

Penting juga untuk selalu memantau informasi resmi dari BKN dan instansi terkait di mana Anda akan mendaftar CPNS, termasuk pengumuman dan pendaftaran CPNS.

Itulah beberapa hal penting yang harus Anda ketahui seputar passing grade CPNS 2024.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.