Masa Sanggah CPNS: Syarat Hingga Cara Melakukannya

Dalam salah satu tahapan yang dilalui jika Anda mendaftar CPNS adalah masa sanggah. Mungkin hal ini juga sudah tidak asing untuk beberapa orang yang sudah beberapa kali mengikuti CPNS atau PPPK atau yang sudah melihat jadwalnya.

Lalu, apa yang dimaksudkan dengan masa sanggah CPNS tersebut? Dan apakah masa sanggah bisa digunakan untuk memperbaiki dokumen yang salah? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Platform atau Website Psikotes Online Gratis Untuk Latihan Psikotes

Apa Itu Masa Sanggah CPNS?

Dilansir dari laman SSCASN, masa sanggah merupakan waktu pengajuan sanggahan yang diberikan pada pelamar guna menyanggah hasil seleksi, baik itu seleksi administrasi, seleksi kompetensi bidang hingga seleksi kompetensi dasar.

Dalam masa ini, diberikan waktu tanggap bagi instansi untuk melakukan verifikasi kembali kesesuaian persyaratan baik secara umum atau khusus yang sudah ditetapkan sebelumnya dengan dokumen persyaratan yang sudah diajukan oleh pelamar. Waktu tersebut dilakukan hingga penetapan keputusan.

Tujuan dilakukannya masa sanggah adalah supaya tidak ada peserta yang merasa dirugikan dari hasil seleksi yang diumumkan.

Bagaimana Cara Mengajukan Sanggahan pada Seleksi CPNS?

Lalu, bagaimana cara bagi para pelamar untuk melakukan sanggahan pada seleksi CPNS tersebut?

Setelah diumumkan hasil dari seleksi, panitia dari BKN akan memberikan masa sanggah. Jika Anda tidak puas dengan keputusan yang dikeluarkan panitia, maka bisa mengajukan sanggahan dalam waktu 3 hari setelah pengumuman hasil seleksi. Cara yaitu sebagai berikut:

  1. Kunjungi laman SSCASN
  2. Login menggunakan NIK dan kata sandi yang sebelumnya sudah dibuat.
  3. Jika sudah berhasil masuk, Anda bisa langsung mengisi sanggahan dengan menjelaskan kronologis dan mengunggah bukti dukungan yang dibutuhkan untuk memperkuat sanggahan yang diajukan.

Nantinya, jika sanggahan yang Anda kirimkan diterima oleh instansi, mereka akan memberikan pengumuman ulang hasil seleksinya paling lambat 7 hari dari hari berakhirnya periode sanggah.

Perlu diperhatikan juga bahwa dokumen persyaratan yang digunakan untuk sanggahan merupakan data Anda ketika awal mendaftar di SSCASN.

Syarat dan Ketentuan Masa Sanggah CPNS 2024

Untuk bisa mengajukan masa sanggah, tentunya ada aturan yang perlu diikuti, seperti:

  1. Anda hanya bisa melakukan sanggahan sebanyak 1 kali
  2. Untuk pelamar yang tidak lolos seleksi administrasi, di bagian halaman Resume Pendaftaran akan ada pengumuman dinyatakan tidak memenuhi syarat beserta alasannya. Anda bisa mengajukan sanggahan dengan cara mengisi formulir sanggahan beserta alasan dan bukti pendukung.
  3. Pelamar diwajibkan memberikan alasan yang benar, realistis dan tidak mengada-ada serta hanya sesuai dokumen yang sebelumnya sudah diunggah ketika pendaftaran. Jika alasan tidak sesuai dengan dokumen yang sebenarnya, maka Anda dinyatakan bersedia menerima sanksi.
  4. Sanggahan hanya dapat dilakukan jika kesalahan ada di pihak instansi atau bukan kesalahan pelamar.
  5. Instansi berhak untuk menolak atau menerima sanggahan.

Apakah Masa Sanggah Bisa Memperbaiki Dokumen?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika sanggahan bisa dilakukan jika ada kesalahan pada pihak instansi dan bukan kesalahan pelamar karena dokumen yang dikumpulkan pada saat periode pendaftaran.

Jadi bisa dikatakan, jika selama masa sanggah Anda tidak bisa memperbaiki dokumen yang sebelumnya sudah diupload.



Periode Masa Sanggah CPNS 2024

Periode untuk masa sanggah CPNS 2024 dapat dilakukan selama 3 hari setelah hasil atau pengumuman diberikan apakah Anda lolos atau tidak dalam seleksi tersebut.

Demikian beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui mengenai masa sanggah CPNS 2024.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.