Cara Cetak Kartu Digital Hasil Seleksi CPNS dan PPPK

Ini Cara Cetak Kartu Digital Hasil Seleksi CPNS dan PPPK

Jadwal pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan PPPK 2024 akan segera dibuka pada Juli 2024 nanti. Kabar ini tentu sangat ditunggu-tunggu terutama untuk Anda yang memang ingin menjadi PNS atau PPPK.

Dalam prosesnya, setelah Anda melakukan pendaftaran selanjutnya adalah melengkapi dokumen atau administrasinya, namun masih banyak yang belum tahu mengenai cara lihat hasil seleksi administrasinya. Untuk itu akan dijelaskan di artikel ini.

Baca juga: 5 Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS

Cara Lihat Hasil Seleksi Administrasi CPNS dan PPPK

Proses yang penting dalam pendaftaran CPNS dan PPPK adalah seleksi administrasi. Nantinya Anda akan diberitahu apakah lolos seleksi administrasi tersebut atau tidak.

Hasil seleksi akan ditampilkan pada akun pendaftaran masing-masing pelamar. Oleh karena itu, penting bagi Anda mengetahui caranya yang dilansir dari laman sscasn.bkn.go.id, berikut:

1. Siapkan akun SSCASN

Pertama adalah pastikan sudah memiliki akun SSCASN yang sudah dibuat pada saat pendaftaran. Nantinya akun ini digunakan untuk masuk ke portal SSCASN dan melihat hasil seleksi administrasinya.

2. Masuk portal SSCASN BKN

Langkah yang selanjutnya adalah mengakses portal tersebut dengan cara:

  • Buka laman resmi SSCASN pada https://daftar-sscasn.bkn.go.id/.
  • Pada bagian halaman utama, masukkan username dan password yang digunakan pada saat dulu membuat akun.
  • Klik tombol “Masuk”.

3. Cek hasil seleksi administrasi

Setelah berhasil masuk, Anda akan diarahkan ke halaman dashboard akun SSCASN, kemudian ikuti cara berikut ini:

  • Pilih menu “Hasil Seleksi”
  • Pilih jenis “Seleksi Administrasi CPNS 2024”.
  • Pada bagian halaman “Hasil Seleksi”, Anda akan menemukan hasilnya apakah lolos atau tidak.

Hasil seleksinya akan ditampilkan dalam dua kategori, yaitu lulus dan tidak lulus. Jika Anda lulus seleksi administrasi, maka statusnya akan “Lulus”. Sedangkan jika Anda tidak lulus, maka status yang tertera akan “Tidak Lulus”.

Selain Anda bisa melihat hasil seleksi administrasi dengan masuk ke laman SSCASN BKN, nantinya jika Anda lulus juga akan dikirimkan notifikasi melalui email yang terdaftar di laman tersebut.



Cara Cetak Kartu Digital Hasil Seleksi CPNS dan PPPK

Langkah selanjutnya setelah melihat hasil seleksi administrasi adalah mencetak kartu digital seleksi. Kartu ini penting karena digunakan sebagai syarat utama untuk mengikuti ujian seleksi. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

  • Masuk ke akun pribadi pada website resmi seleksi CPNS dan PPPK menggunakan nomor registrasi dan kata sandi yang sudah dibuat.
  • Pilih menu cetak kartu.
  • Nantinya Anda akan diminta untuk memilih jadwal ujian yang tersedia. Pilih jadwal yang Anda inginkan.
  • Lakukan verifikasi data yang ditampilkan. Pastikan jika semua data yang ditampilkan sesuai dan benar.
  • Selanjutnya pilih cetak kartu. Nantinya kartu digital akan muncul dalam bentuk format PDF
  • Simpan kartu PDF tersebut di perangkat komputer Anda dan bisa Anda cetak nantinya untuk keperluan ujian.

Itudia cara lihat hasil seleksi CPNS dan PPPK hingga cara cetak kartu digital hasil seleksi CPNS dan PPPK yang bisa Anda ikuti.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.