contoh surat lamaran kerja tulis tangan

5 Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Sebagai Referensi

Meskipun sebagian besar HRD mengharapkan surat lamaran dalam format Microsoft Word, tetapi masih ada pekerjaan tertentu yang memerlukan surat lamaran tulis tangan yang benar. Contohnya, pekerjaan di pabrik, toko ritel, atau dalam pendaftaran CPNS.

Oleh karena itu, ada pedoman yang harus diikuti agar dapat membuat surat lamaran kerja tulis tangan yang benar dan meminimalkan kesalahan. Ingin tahu lebih lanjut tentang contoh surat lamaran kerja tulis tangan yang baik dan benar? Anda bisa menemukannya dalam ulasan berikut ini!

Apa Itu Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan?

Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan adalah sebuah dokumen yang digunakan oleh seseorang untuk mengajukan permohonan untuk melamar pekerjaan secara langsung dengan menuliskan maksud dan tujuannya tersebut secara manual menggunakan tulisan tangan. Berbeda dengan surat lamaran kerja pada umumnya, surat lamaran kerja tulis tangan umumnya diperuntukan untuk beberapa lowongan pekerjaan yang membutuhkan penilaian terhadap karakter individu tertentu.

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaik Untuk Berbagai Profesi

Alasan Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Masih di Butuhkan

menurut Indeed, Terdapat beberapa alasan perusahaan membutuhkan surat lamaran kerja tulis tangan seperti:

1. Memahami Kepribadian Calon Pelamar

Dalam dunia psikologi, terdapat istilah grafologi yang pada dasarnya berfungsi untuk mempelajari kepribadian seseorang. Salah satu cara yang digunakan untuk menilai kepribadian seseorang adalah dengan melalui tulisan tangan yang dibuat oleh orang tersebut.

Alasan tersebut lah yang membuat beberapa perusahaan mewajibkan kepada calon pelamarnya untuk membuat surat lamaran kerja dalam bentuk tulisan tangan. Dengan tulisan tangan tersebut, seseorang HRD ataupun rekruter akan mendapatkan gambaran sifat dan karakter yang lebih jelas dari calon pelamar tersebut.

2. Mengukur Tingkat Keseriusan Calon Pelamar

Sangat jarang terdapat perusahaan yang menetapkan persyaratan mengirim surat lamaran kerja dalam bentuk tulisan tangan saat ini karena banyak orang yang menganggap cara tersebut merupakan cara yang tidak efektif dalam membuat surat lamaran kerja.

Hal ini juga lah yang digunakan oleh perusahaan dalam mengukur seberapa serius calon pelamar dalam posisi yang mereka lamar tersebut. Karena jika terdapat calon pelamar yang sungguh sungguh dan serius dalam melamar lowongan pekerjaan tersebut, tentu membuat surat lamaran pekerjaan tulis tangan bukanlah tantangan yang cukup berarti buatnya.

Sebaliknya, rekruiter ataupun perusahaan akan dengan mudah mengetahui calon pelamar yang tidak serius dalam proses lamaran kerja tersebut karena secara otomatis orang yang termasuk kedalam golongan calon pelamar yang tidak serius tersebut tidak akan mengirimkan surat lamaran kerja tulis tangan yang diminta.



3. Menilai Tingkat Ketelitian Calon Pelamar

Menulis surat lamaran kerja tulis tangan secara manual memang memerlukan waktu dan ketelitian. Oleh karena itu, surat lamaran kerja yang ditulis tangan dapat digunakan oleh HRD sebagai alat seleksi yang sanga natural untuk menilai ketelitian calon pelamar. Surat lamaran kerja yang penuh dengan kesalahan dan tidak teratur dapat menjadi indikator bahwa calon pelamar tidak cukup teliti.

Baca juga: Contoh CV Lamaran Kerja Paling Dapat diandalkan

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Yang Baik Dan Tetap Profesional

1. Pahami Persyaratan Lamaran Pekerjaan dengan Baik

Sebelum mulai menulis surat lamaran kerja, penting untuk memahami persyaratan yang harus disertakan saat melamar pekerjaan dengan efektif. Ini termasuk memahami apa yang diharapkan oleh perusahaan, seperti kualifikasi, pengalaman, dan kompetensi yang relevan.

2. Menyusun Draf Surat Lamaran dengan Teliti

Langkah awal dalam membuat surat lamaran yang rapi adalah dengan menyusun draf terlebih dahulu. Dalam draf ini, Anda dapat mencatat deskripsi singkat tentang diri Anda, merancang paragraf pembuka yang menarik, dan merencanakan paragraf penutup yang efektif. Dengan memiliki draf, Anda dapat mengorganisasi pikiran dan ide dengan lebih baik sebelum menulis surat secara resmi.

3. Pilih Jenis Kertas yang Tepat

Penting untuk mengetahui jenis kertas yang digunakan dalam surat lamaran Anda. Biasanya, jenis kertas ini ditentukan oleh perusahaan yang Anda lamar. Pastikan untuk menggunakan kertas folio bergaris atau kertas HVS polos berukuran A4 atau F4 sesuai petunjuk mereka.



4. Gunakan Panduan Margin yang Tepat

Agar tulisan dalam surat Anda tetap rapi, gunakan garis bantu sebagai panduan margin. Jika Anda menggunakan kertas folio bergaris, pertimbangkan untuk menggambar garis margin yang sesuai. Jika Anda menggunakan kertas HVS polos, gunakan garis horizontal dan vertikal sebagai panduan agar tulisan tetap teratur dan sejajar.

5. Pilih Bolpoin dengan Tinta Hitam

Pemilihan alat tulis juga penting. Gunakan bolpoin dengan tinta warna hitam untuk menulis surat lamaran Anda. Ini akan memastikan tulisan Anda terlihat profesional dan mudah dibaca.

6. Tulis dengan Bahasa Singkat dan Jelas

Saat menulis surat lamaran, gunakan bahasa yang baku, singkat, padat, dan jelas. Hindari penggunaan kata-kata yang tidak perlu atau penjelasan berlebihan. Tujuan utama adalah menyampaikan pesan Anda secara efektif.

7. Salin Surat Lamaran dengan Rapi

Ketika Anda menyalin surat lamaran ke kertas yang final, pastikan untuk melakukannya dengan hati-hati. Usahakan untuk tidak menggunakan alat koreksi (correction pen) agar surat tetap terlihat bersih dan rapi.

8. Atur Lampiran dengan Baik

Sebelum mengirimkan surat lamaran, pastikan semua dokumen yang perlu dilampirkan telah disusun dengan rapi dalam satu map atau amplop. Hal ini akan menghindari kesalahan atau kelupaan dalam mengirimkan lampiran yang diperlukan.

9. Hapus Garis Bantu

Setelah selesai menulis surat, jangan lupa untuk menghapus garis bantu yang mungkin Anda gunakan sebagai panduan margin. Hal ini akan membuat surat terlihat lebih profesional.

10. Periksa Materai (Jika Diperlukan)

Selalu periksa apakah Anda perlu mencantumkan materai dalam surat lamaran kerja sesuai dengan regulasi yang berlaku di wilayah Anda. Pastikan Anda mematuhi semua persyaratan administratif yang ada.

11. Pengecekan Akhir Surat Lamaran

Sebelum mengirim surat lamaran, periksa kembali keseluruhan surat untuk memastikan tidak ada kesalahan ketik, semua lampiran telah dimasukkan dengan benar, tanda tangan terlihat rapi, dan yang terpenting, isi surat mudah dibaca dengan jelas. Pengecekan akhir ini akan memastikan kesan profesional yang baik kepada pihak yang menerima lamaran Anda.

Point Penting Yang Harus Anda Perhatikan Saat Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Lebih baik Anda membuat surat lamaran kerja tulis tangan diatas kertas folio bergaris. Hal ini cukup penting karena dengan menggunakan kertas folio bergaris surat lamaran kerja Anda akan terlihat lebih rapih dalam hal spasi antar baris dan rata kanan kiri.

Hindari penulisan yang kurang jelas ataupun banyak coretan yang membuat surat

Tulisan harus jelas, bersih dan tidak ada coretan atau typo. Pelamar harus menyebutkan dirinya dengan kata ganti saya. Pelamar juga harus menyebutkan pimpinan instansi dengan bapak atau ibu. Jika belum, jelas dapat langsung menyebutkan suatu jabatannya. 

Lampiran Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Yang Mesti disertarakan

Dalam membuat surat lamaran kerja tulis tangan, Anda juga perlu melampirkan beberapa berkas yang dibutuhkan mulai dari:

  1. Salinan sah ijazah terakhir Anda yang telah dilegalisir.
  2. Salinan sah transkrip nilai Anda yang telah dilegalisir.
  3. Curriculum Vitae (CV) yang terperinci.
  4. Portofolio lengkap yang mencerminkan kualifikasi Anda.
  5. Fotokopi KTP dan SIM C Anda.
  6. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang diperlukan.
  7. Penutup dan salam terakhir.
  8. Pastikan untuk menyertakan nama Anda dengan jelas dan tanda tangan Anda.

Hal Hal yang Wajib Diperrhatikan Dalam Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Ada beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan saat membuat surat lamaran kerja tulis tangan yang berkualitas. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

1. Gunakan Kertas Folio Bergaris

Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah penggunaan kertas folio bergaris saat menulis surat lamaran kerja secara manual. Kertas ini akan memudahkan Anda dalam menulis surat lamaran pekerjaan dengan tampilan yang rapi dan terstruktur.

2. Tulis dengan Rapi, Singkat, dan Jelas

Penting untuk menulis surat lamaran kerja tulis tangan dengan tampilan yang rapi, ringkas, dan jelas. Pastikan menggunakan huruf tegak bersambung yang terbaca dengan baik. Dengan cara ini, surat lamaran Anda akan memberikan kesan profesional kepada pihak yang membacanya.

3. Hindari Penggunaan Correction Pen

Ketika menulis surat lamaran kerja secara manual, hindarilah penggunaan correction pen seperti tipe-x atau peralatan koreksi lainnya. Usahakan agar penulisan Anda tetap rapi, jelas, dan tidak tercemar sehingga memudahkan pihak HRD dalam membaca isi surat.

Dengan memperhatikan semua hal di atas, Anda akan dapat membuat contoh surat lamaran kerja yang berkualitas dan memberikan kesan yang positif kepada pihak yang menerima lamaran Anda.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Yang Baik Dan Benar

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Pabrik

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Pabrik

2. Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Bahasa Inggris

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Bahasa Inggris

3. Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Fresh Graduate

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Fresh Graduate

4. Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Indomaret

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Indomaret

5. Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Guru

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Guru

Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!