contoh surat lamaran kerja pramuniaga

Contoh Surat Lamaran Kerja Pramuniaga Yang Disukai Recruiter

Surat lamaran kerja pramuniaga adalah sebuah dokumen penting yang biasanya dikirimkan oleh seseorang yang berminat untuk bekerja sebagai pramuniaga atau tenaga penjualan di sebuah toko atau pusat perbelanjaan. Surat ini bertujuan untuk mengajukan diri sebagai kandidat yang potensial untuk posisi tersebut.

Format Surat Lamaran Kerja Pramuniaga

Berikut ini adalah panduan lengkap tentang format surat lamaran kerja pramuniaga yang dapat membantu Anda dalam menyusun surat yang efektif:

1. Pendahuluan

a. Nama dan Alamat: Letakkan nama lengkap dan alamat Anda di bagian atas surat.

b. Tanggal: Tuliskan tanggal penulisan surat lamaran.

c. Tujuan: Sertakan informasi tentang posisi yang Anda lamar, yaitu “Lamaran Kerja Pramuniaga.”

2. Paragraf Pembuka

a. Salam Pembuka: Mulailah surat dengan salam pembuka yang sopan, misalnya “Kepada Yth.,”

b. Informasi Pribadi: Sertakan informasi pribadi singkat tentang diri Anda, seperti pendidikan terakhir, pengalaman kerja terkait (jika ada), dan minat Anda dalam industri ritel.

Baca juga: Contoh surat lamaran kerja di spbu sebagai operator

3. Paragraf Utama

a. Kenali Perusahaan: Jelaskan alasan mengapa Anda tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut. Ungkapkan pengetahuan Anda tentang perusahaan, nilai-nilai yang dipegang, dan produk atau layanan yang ditawarkan.

b. Kemampuan dan Pengalaman: Soroti keterampilan dan pengalaman yang relevan dengan peran pramuniaga. Jelaskan bagaimana kemampuan Anda akan menguntungkan perusahaan, seperti keterampilan komunikasi yang baik, kemampuan menjual, dan pelayanan pelanggan yang ramah.

c. Motivasi: Bagikan motivasi pribadi Anda untuk bekerja sebagai pramuniaga dan bagaimana Anda dapat berkontribusi dalam mencapai tujuan perusahaan.



Paragraf Penutup

a. Permintaan Wawancara: Nyatakan keinginan Anda untuk diundang untuk wawancara guna mendiskusikan lebih lanjut tentang kemungkinan kerja sama.

b. Ekspresikan Apresiasi: Sampaikan terima kasih atas waktu dan perhatian yang diberikan. Tambahkan bahwa Anda siap memberikan informasi tambahan jika diperlukan.

c. Salam Penutup: Akhiri surat dengan salam penutup yang sopan, seperti “Hormat saya,” dan tandatangani dengan nama lengkap Anda di bawah salam penutup.

Lampiran

a. Curriculum Vitae (CV): Sertakan CV terbaru Anda sebagai lampiran. Pastikan CV Anda rapi, lengkap, dan relevan dengan posisi yang Anda lamar.

b. Dokumen Pendukung: Jika ada dokumen lain yang mendukung lamaran Anda, seperti sertifikat pelatihan atau rekomendasi, lampirkan juga dalam surat lamaran.

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

Contoh Surat Lamaran Kerja Pramuniaga

Kepada Yth.,

Bagian SDM/Pimpinan Perusahaan [Yayasan Perusahaan]

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama: [Nama Anda] Alamat: [Alamat Anda] Nomor Telepon: [Nomor Telepon Anda] Email: [Email Anda]

Dengan ini mengajukan lamaran pekerjaan untuk posisi pramuniaga di [Yayasan Perusahaan]. Saya sangat tertarik dengan posisi ini dan ingin memberikan kontribusi saya dalam pengembangan bisnis dan pelayanan kepada pelanggan yang baik.

Saya memiliki pengalaman sebelumnya dalam bidang penjualan, terutama di industri ritel. Saya percaya bahwa pengetahuan dan keterampilan yang saya miliki akan sangat berguna dalam menjalankan tugas sebagai pramuniaga. Selain itu, saya memiliki kemampuan komunikasi yang baik, bersikap ramah, dan senang berinteraksi dengan orang lain. Saya juga sangat berorientasi pada kepuasan pelanggan dan memiliki kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan.

Saya memiliki pemahaman yang baik tentang produk yang dijual oleh [Yayasan Perusahaan] dan antusias dalam membantu pelanggan dalam memenuhi kebutuhan mereka. Saya percaya bahwa kemampuan saya untuk memberikan informasi yang jelas dan akurat kepada pelanggan akan menjadi nilai tambah yang penting bagi perusahaan.

Saya melampirkan resume lengkap saya yang berisi informasi lebih rinci tentang pengalaman kerja saya dan pendidikan terakhir saya. Saya juga dapat menyediakan referensi yang dapat memberikan informasi lebih lanjut tentang kemampuan dan dedikasi saya.

Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan tim [Yayasan Perusahaan] dan berkontribusi pada keberhasilan perusahaan. Saya yakin bahwa dengan kualifikasi dan keahlian yang saya miliki, saya akan dapat memberikan kontribusi yang berarti dan membantu meningkatkan reputasi perusahaan.

Saya sangat berharap dapat diberikan kesempatan untuk mengikuti tahap seleksi lebih lanjut dalam proses rekrutmen ini. Saya siap menghadiri wawancara dan menyediakan informasi lebih lanjut yang dibutuhkan.

Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan. Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu dan waktu yang telah diberikan. Saya sangat mengharapkan kabar baik dari [Yayasan Perusahaan].

Hormat saya,

[Tanda Tangan] [Nama Anda]


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!