Contoh surat lamaran kerja di pt sebagai karyawan

15 Contoh Surat Lamaran Kerja di PT Sebagai Karyawan yang Sopan

Contoh surat lamaran kerja di PT sebagai karyawan jadi salah satu ketentuan buat melamar kerja sebagai karyawan. Surat ini ialah perantara antara pencari kerja dengan rekruter. Umumnya, ini dapat disertakan dengan catatan riwayat hidup ataupun curriculum vitae (cv).

Pada dasarnya, job application merupakan surat yang telah disusun buat keperluan permohonan kerja di suatu industri ataupun lembaga.  Pada job application yang baik tersebut juga bisa memperbesar kesempatan buat maju ke sesi rekrutmen berikutnya.

Job application wajib berisi data yang lengkap. Tidak hanya itu, ini tentunya wajib mempunyai sistematika ataupun struktur yang benar supaya gampang dimengerti rekruter.

Contoh Surat Lamaran Kerja di PT yang Baik dan Benar

1. Contoh Surat Lamaran Kerja di PT Umum

Tanggal: [Tanggal Mengirim Surat]

Perihal: Lamaran Pekerjaan di PT [Nama Perusahaan]

Yth. [Nama Penerima Surat]
HRD PT [Nama Perusahaan]
Alamat [Alamat Perusahaan]

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: [Nama Lengkap Anda]
Alamat: [Alamat Anda]
Nomor Telepon: [Nomor Telepon Anda]
Email: [Alamat Email Anda]

Bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan di PT [Nama Perusahaan] yang saya temukan melalui informasi yang tersedia di situs web perusahaan. Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan perusahaan yang terkemuka dan dinamis seperti PT [Nama Perusahaan].

Saya memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman yang relevan dengan bidang yang diinginkan. Sebagai seorang [Jabatan yang Anda lamar], saya telah mengembangkan keterampilan dan pengetahuan dalam [sebutkan keterampilan atau pengalaman relevan]. Saya percaya bahwa keahlian dan dedikasi saya akan menjadi aset berharga bagi PT [Nama Perusahaan].

Terlampir, saya sertakan dokumen-dokumen pendukung, antara lain:

  1. Curriculum Vitae (CV)
  2. Foto terbaru
  3. Salinan sertifikat pendidikan dan pelatihan terkait
  4. Salinan identitas diri

Saya sangat berharap mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan Anda secara langsung guna membahas lebih lanjut tentang kontribusi yang dapat saya berikan kepada PT [Nama Perusahaan]. Saya siap untuk mengikuti proses seleksi yang telah ditentukan.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan penuh rasa hormat. Terima kasih atas perhatian dan kesempatannya. Saya sangat berharap dapat bergabung dengan PT [Nama Perusahaan] dan berkontribusi pada kesuksesan perusahaan ini.

Hormat saya,

TTD

[Nama Lengkap Anda]

2. Contoh Surat Lamaran Kerja di PT untuk Fresh Graduate

[Kota,dd/mm/yyyy]
[PT yang Dituju]
[Alamat Perusahaan]
[Kota, Kode Pos]

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Dengan hormat,
Saya, [Nama Lengkap], merupakan lulusan baru dari [Nama Perguruan Tinggi] jurusan [Jurusan]. Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan [Nama PT yang Dituju] sebagai bagian dari upaya saya untuk memulai karier profesional saya.

Saya memiliki antusiasme yang tinggi terhadap bidang kerja yang dilakukan oleh [Nama PT yang Dituju] dan percaya bahwa perusahaan ini memberikan peluang yang luas untuk pengembangan karier. Selama masa studi, saya telah mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang relevan yang dapat saya aplikasikan dalam pekerjaan sehari-hari.

Berikut adalah beberapa poin yang membuat saya cocok untuk menjadi bagian dari tim di [Nama PT yang Dituju]:

  1. Pendidikan yang kuat: Saya telah menyelesaikan program studi dengan predikat yang memuaskan dan memiliki pemahaman yang baik tentang konsep dan teori di bidang [Jurusan].
  2. Keterampilan teknis: Saya memiliki keahlian dalam penggunaan perangkat lunak dan teknologi terkait di bidang [Jurusan], seperti [sebutkan keterampilan yang relevan].
  3. Kemampuan kerja tim: Saya telah aktif berpartisipasi dalam proyek tim di perguruan tinggi yang melibatkan kolaborasi, komunikasi efektif, dan pemecahan masalah bersama.
  4. Kreativitas dan inovasi: Saya memiliki kemampuan berpikir kreatif dan mampu menghasilkan solusi inovatif untuk mengatasi tantangan yang dihadapi.

Saya meyakini bahwa dengan kombinasi pendidikan, keterampilan, dan kemampuan kerja tim yang saya miliki, saya dapat memberikan kontribusi positif bagi [Nama PT yang Dituju].

Saya sangat berharap dapat bertemu dengan Anda untuk membahas lebih lanjut tentang kesempatan kerja di [Nama PT yang Dituju]. Terlampir, saya sertakan riwayat hidup (CV) dan transkrip nilai sebagai bahan pertimbangan.

Terima kasih atas perhatian dan kesempatan ini. Saya sangat berharap dapat bergabung dengan tim yang luar biasa di [Nama PT yang Dituju].

Hormat saya,

[Nama Lengkap]

3. Contoh Surat Lamaran Kerja di PT sebagai Operator Produksi

[Tanggal]

Yth. Bagian Rekrutmen PT [Nama Perusahaan]
[Alamat Perusahaan]
Kota, Kode Pos

Dengan hormat,
Dengan ini, saya bermaksud mengajukan lamaran kerja sebagai Operator Produksi di PT [Nama Perusahaan]. Saya tertarik untuk bergabung dengan perusahaan yang memiliki reputasi dan komitmen dalam bidang industri manufaktur seperti PT [Nama Perusahaan].

Saya memiliki latar belakang pendidikan yang relevan dengan posisi yang ditawarkan, dengan detail sebagai berikut:
Pendidikan
Gelar: [Tingkat Pendidikan Anda, misalnya “Sarjana”]
Program Studi: [Nama Program Studi]
Nama Institusi: [Nama Institusi Pendidikan Anda]
Tahun Lulus: [Tahun Anda Lulus]
Pengalaman Kerja
[Nama Perusahaan]: [Jabatan], [Tahun Mulai] – [Tahun Selesai]
[Nama Perusahaan]: [Jabatan], [Tahun Mulai] – [Tahun Selesai]

Selama pengalaman kerja saya, saya telah memperoleh keterampilan yang relevan dengan pekerjaan Operator Produksi, termasuk:

  • Memahami proses produksi dan memastikan kualitas produk yang dihasilkan sesuai standar perusahaan.
  • Mampu mengoperasikan mesin dan peralatan produksi dengan baik.
  • Memiliki pemahaman yang baik tentang prosedur keamanan kerja dan penggunaan alat pelindung diri (APD).
  • Dapat bekerja dengan baik dalam tim dan mengikuti instruksi kerja yang diberikan.

Saya memiliki motivasi yang tinggi, keterampilan komunikasi yang baik, dan kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan. Saya juga siap untuk belajar dan mengembangkan diri dalam lingkungan kerja yang dinamis.

Saya berharap dapat bergabung dengan tim PT [Nama Perusahaan] dan berkontribusi dalam mencapai tujuan perusahaan. Saya siap untuk menghadiri wawancara jika diberikan kesempatan.

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan. Saya sangat berharap dapat diberikan kesempatan untuk bertemu dengan Anda dan menjelaskan lebih lanjut tentang potensi yang saya miliki. Atas perhatian dan kesempatannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

TTD

[Tulis Nama Lengkap Anda]



4. Contoh Surat Lamaran Kerja di PT KAI

[Tempat, Tanggal]

Kepada Yth,
Manajer SDM PT Kereta Api Indonesia (Persero)
Jl. Perintis Kemerdekaan No. 123
Jakarta 12345

Perihal: Lamaran Kerja

Dengan ini, saya mengajukan permohonan untuk bergabung dalam perusahaan PT Kereta Api Indonesia (Persero). Saya sangat antusias dengan kesempatan ini karena PT KAI terkenal sebagai salah satu perusahaan terkemuka di bidang transportasi kereta api di Indonesia.

Saya telah menyelesaikan pendidikan [Tingkat Pendidikan Terakhir] jurusan [Jurusan] di [Nama Universitas/Institusi]. Selama masa studi, saya memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan industri ini, termasuk pemahaman tentang operasional kereta api, keselamatan, dan kualitas pelayanan kepada pelanggan.

Selain itu, saya juga telah mengikuti beberapa pelatihan dan sertifikasi terkait, seperti [sebutkan pelatihan atau sertifikasi yang relevan]. Hal ini telah meningkatkan pemahaman saya tentang tugas dan tanggung jawab yang harus saya lakukan sebagai seorang profesional di bidang ini.

Dalam menghadapi tantangan di industri transportasi kereta api, saya memiliki kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan, menjaga ketepatan waktu, dan mengutamakan keamanan serta kepuasan pelanggan. Saya juga memiliki kemampuan analitis yang baik dan mampu menghadapi perubahan dengan cepat.

Bersama surat ini, saya melampirkan daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah, transkrip nilai, sertifikat pelatihan, dan dokumen pendukung lainnya. Saya siap untuk menghadiri wawancara atau tes yang akan dijadwalkan.

Saya sangat berharap dapat bergabung dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan turut berkontribusi dalam memajukan perusahaan ini. Saya yakin bahwa dengan latar belakang pendidikan, pengalaman, dan komitmen yang saya miliki, saya akan menjadi aset berharga bagi PT KAI.

Demikianlah surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

[Tanda Tangan]

[Nama Lengkap]

5. Contoh Surat Lamaran Kerja di PT Pertamina

Tanggal: [dd/mm/yyyy]

Yth. Bagian Rekrutmen PT Pertamina
Jl. Medan Merdeka Timur No. 1A
Jakarta Pusat

Perihal: Lamaran Pekerjaan di PT Pertamina

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama: [Nama Lengkap Anda]
Tempat, Tanggal Lahir: [Tempat, Tanggal Lahir Anda]
Alamat: [Alamat Lengkap Anda]
Nomor Telepon: [Nomor Telepon Anda]
Email: [Alamat Email Anda]

Dengan ini mengajukan lamaran kerja untuk bergabung sebagai [posisi yang Anda lamar] di PT Pertamina. Saya memiliki minat dan motivasi yang tinggi untuk berkontribusi dalam mengembangkan perusahaan ini serta memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan yang saya miliki.

Saya lulusan dari [nama universitas] dengan gelar [tingkat pendidikan] dalam bidang [jurusan]. Selama masa studi saya, saya telah mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang [spesialisasi Anda], serta keterampilan dalam [daftar keterampilan yang relevan dengan posisi yang Anda lamar]. Selain itu, saya juga memiliki pengalaman kerja di [nama perusahaan] sebagai [jabatan] selama [durasi pengalaman kerja]. Pengalaman ini telah membantu saya mengasah kemampuan komunikasi, kerja tim, dan pemecahan masalah.

Saya sangat tertarik dengan PT Pertamina karena reputasinya yang kuat sebagai perusahaan terkemuka di sektor energi. Saya yakin bahwa bekerja di PT Pertamina akan memberikan lingkungan yang dinamis dan peluang pengembangan yang luas. Saya berharap dapat berkontribusi dalam mencapai tujuan perusahaan dan mewujudkan visi PT Pertamina sebagai kekuatan energi nasional yang unggul.

Bersama surat ini, saya melampirkan dokumen-dokumen pendukung seperti riwayat hidup, transkrip nilai, sertifikat pelatihan, dan dokumen lain yang mungkin relevan. Saya siap untuk menghadiri wawancara dan tes yang diperlukan untuk melengkapi proses seleksi.

Terima kasih atas perhatian Anda terhadap lamaran ini. Saya sangat berharap dapat bergabung dengan tim PT Pertamina dan berkontribusi dalam pengembangan perusahaan. Saya siap untuk belajar dan beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru.

Hormat saya,

[Nama Anda]

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

6. Contoh Surat Lamaran Kerja di PT via Email Bahasa Indonesia

[Subjek Email]
Lamaran Pekerjaan di PT [Nama Perusahaan] – [Posisi yang Dilamar]

Kepada Yth.,
HRD PT [Nama Perusahaan]
Alamat Perusahaan
Kota

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: [Nama Lengkap Anda]
Alamat: [Alamat Anda]
Nomor Telepon: [Nomor Telepon Anda]
Email: [Alamat Email Anda]

Dalam kesempatan ini, saya mengajukan lamaran pekerjaan di PT [Nama Perusahaan] untuk posisi [Posisi yang Dilamar]. Saya tertarik untuk bergabung dengan perusahaan yang terkemuka dan memiliki reputasi yang baik seperti PT [Nama Perusahaan].

Saya memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang ditawarkan. Saya telah menyelesaikan [Nama Program Studi] di [Nama Universitas] dan memiliki pengalaman kerja di bidang [Bidang Pekerjaan] selama [Jangka Waktu Pengalaman Kerja]. Selama bekerja di perusahaan sebelumnya, saya telah berhasil [Pencapaian Utama atau Tugas yang Relevan].

Berikut adalah beberapa alasan mengapa saya yakin dapat berkontribusi positif bagi PT [Nama Perusahaan]:

Keahlian dan keterampilan yang relevan dengan posisi yang dilamar.
Kemampuan untuk bekerja secara mandiri maupun dalam tim.
Kemampuan komunikasi dan negosiasi yang baik.
Ketekunan dan motivasi tinggi untuk mencapai hasil yang optimal.
Saya berharap dapat diberikan kesempatan untuk menghadiri wawancara dan menjelaskan lebih lanjut mengenai kecocokan saya dengan posisi yang tersedia di PT [Nama Perusahaan]. Saya siap menghadiri wawancara kapan saja yang ditentukan.

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Saya lampirkan CV dan dokumen pendukung lainnya. Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,

[Tulis Nama Lengkap Anda]

[Alamat Email Anda]
[Nomor Telepon Anda]

7. Contoh Surat Lamaran Kerja di PT via Email Bahasa Inggris

Subject: Application for [Nama Posisi] Position at [Nama Perusahaan]

Dear Hiring Manager,

I am writing to apply for the [Nama Posisi] position at [Nama Perusahaan] as advertised on [sumber informasi lowongan]. I am highly interested in this opportunity and believe that my skills and experience make me a strong candidate for this role.

I have recently graduated from [Nama Universitas] with a [Gelar Sarjana/Magister] degree in [Jurusan]. Throughout my academic journey, I have developed a solid foundation in [Materi yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar]. Additionally, I have completed internships at [Nama Perusahaan/Institusi] where I gained practical experience in [Jelaskan pengalaman yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar].

In my previous role as [Nama Jabatan] at [Nama Perusahaan], I successfully [Jelaskan prestasi atau tanggung jawab yang telah Anda capai]. These experiences have equipped me with strong [sebutkan keterampilan yang relevan], excellent problem-solving abilities, and effective communication skills. I am confident that my qualifications align well with the requirements of the [Nama Perusahaan] and the [Nama Posisi] role.

I am highly motivated to join [Nama Perusahaan] and contribute to its success. I admire [Nama Perusahaan] for its innovative approach and commitment to excellence in [sebutkan bidang atau industri]. I believe that my passion for [sebutkan bidang atau industri] and my drive to continuously learn and grow would make me a valuable asset to your team.

Enclosed with this email are my updated resume and academic transcripts for your review. I would welcome the opportunity to further discuss how my skills and experience align with the needs of [Nama Perusahaan]. Please find my contact information below to schedule an interview or to discuss any further information you may require.

Thank you for considering my application. I look forward to the possibility of contributing to [Nama Perusahaan] and am excited about the opportunity to be part of your team.

Sincerely,
[Nama Lengkap]
[Alamat Email]
[Nomor Telepon]

8. Contoh Surat Lamaran Kerja di PT untuk Internship

[Kota, dd/mm/yyyy]

[Perusahaan Tujuan]
[Alamat Perusahaan]
[Kota, Kode Pos]

Dengan hormat,

Saya menulis surat ini untuk mengajukan lamaran sebagai mahasiswa magang di PT. Saya sangat tertarik untuk belajar dan berkontribusi di perusahaan yang terkenal dan dihormati seperti PT.

Saya saat ini adalah mahasiswa di [Nama Universitas/Institusi] jurusan [Nama Jurusan]. Saya memiliki minat yang besar dalam bidang [Bidang Magang yang Diminati], dan percaya bahwa magang di PT akan memberi saya kesempatan berharga untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan praktis.

Selama studi saya, saya telah memperoleh pemahaman yang baik tentang [Bidang Magang yang Diminati] melalui mata kuliah yang relevan dan proyek-proyek yang saya kerjakan. Saya juga telah mengasah kemampuan komunikasi dan kolaborasi saya melalui partisipasi aktif dalam organisasi kampus, seperti menjadi anggota [Nama Organisasi]. Hal ini telah membantu saya untuk mengembangkan keterampilan interpersonal dan kepemimpinan yang penting dalam dunia kerja.

Saya sangat mengagumi PT karena reputasinya yang kuat dalam [Bidang Perusahaan]. Saya telah mempelajari tentang prestasi yang luar biasa yang telah dicapai oleh perusahaan ini, seperti [Mention beberapa prestasi/keberhasilan perusahaan]. Saya sangat tertarik untuk belajar dari para profesional di PT dan berkontribusi pada keberhasilan perusahaan.

Saya percaya bahwa keahlian saya dalam [Bidang Magang yang Diminati], kemampuan analitis saya, dan antusiasme saya yang besar akan membuat saya menjadi kandidat yang cocok untuk magang di PT. Saya siap untuk bekerja keras, belajar dengan cepat, dan beradaptasi dengan lingkungan kerja yang dinamis.

Saya lampirkan CV saya yang rinci untuk referensi Anda. Saya juga siap untuk menghadiri wawancara jika diundang. Terima kasih atas perhatian Anda terhadap lamaran ini.

Hormat saya,

[Nama Anda]



9. Contoh Surat Lamaran Kerja di PT Tulis Tangan

[ Tanggal ]

[ Nama Perusahaan ]
[ Alamat Perusahaan ]
[ Kota, Kode Pos ]

Kepada,
[ Nama HRD/Recruitment]
[ Jabatan HRD/Recruitment]

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: [ Nama Lengkap Anda ]
Nomor Telepon: [ Nomor Telepon Anda ]

Dalam kesempatan ini, saya ingin mengajukan lamaran kerja di PT [ Nama Perusahaan ] untuk posisi [ Nama Posisi ] yang saya temui di [ Sumber Informasi Lowongan ]. Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan perusahaan yang terkenal dengan reputasinya dalam [ Sebutkan bidang industri/keahlian perusahaan ].

Saya memiliki latar belakang pendidikan yang relevan dan pengalaman kerja yang mencakup [ Sebutkan pengalaman kerja yang relevan ]. Keterampilan saya dalam [ Sebutkan keterampilan yang relevan dengan pekerjaan ] dan pengetahuan dalam [ Sebutkan pengetahuan yang relevan dengan pekerjaan ] akan menjadi aset yang berharga bagi perusahaan ini.

Saya memiliki kemampuan untuk bekerja secara mandiri maupun dalam tim. Saya memiliki kemampuan komunikasi yang baik, pemecahan masalah yang efektif, dan keterampilan analitis yang kuat.

Melalui surat lamaran ini, saya berharap dapat diundang untuk mengikuti tahap seleksi selanjutnya di PT [ Nama Perusahaan ]. Saya sangat antusias untuk berpartisipasi dalam wawancara dan memberikan informasi lebih lanjut tentang diri saya.

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan penuh harapan dan rasa hormat. Terlampir, saya sertakan CV dan dokumen pendukung lainnya. Atas perhatian dan kesempatannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

[ Nama Lengkap Anda ]

10. Contoh Surat Lamaran Kerja di PT Sebagai Karyawan

[dd/mm/yyyy]

[Alamat Perusahaan]
[Kota, Kode Pos]

Perihal: Lamaran Pekerjaan Sebagai Karyawan di PT

Yth. [Nama Penerima Surat],

Saya, [Nama Anda], dengan ini mengajukan lamaran pekerjaan untuk posisi karyawan di PT. Saya tertarik untuk bergabung dengan perusahaan yang terkemuka ini dan berkontribusi dalam mencapai tujuan serta visi PT.

Saya memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman yang relevan dengan kebutuhan yang diungkapkan dalam iklan lowongan kerja yang ditempatkan oleh PT. Saya telah menyelesaikan gelar [Nama Gelar] di [Nama Perguruan Tinggi] dan memiliki pengalaman kerja selama [Jumlah Tahun] tahun di bidang yang serupa.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa saya merasa kualifikasi dan pengalaman saya dapat membantu PT mencapai keberhasilan:

  1. [Highlightkan kemampuan atau pengalaman yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar].
  2. [Sertakan contoh prestasi atau proyek yang berhasil Anda lakukan yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar].
  3. [Jelaskan bagaimana Anda dapat berkontribusi terhadap tujuan dan visi perusahaan].

Saya sangat antusias untuk dapat berkontribusi dan tumbuh bersama PT. Saya yakin bahwa dengan kualifikasi dan pengalaman saya, saya dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan ini. Saya bersedia untuk menghadiri wawancara dan memberikan informasi lebih lanjut mengenai latar belakang dan kualifikasi saya.

Terlampir dalam surat ini, Anda akan menemukan salinan riwayat hidup (CV) saya yang rinci. Saya berharap bahwa informasi yang saya berikan dalam surat ini memadai untuk menggambarkan minat dan kualifikasi saya dalam melamar posisi karyawan di PT.

Terima kasih atas perhatian Anda terhadap lamaran saya. Saya berharap dapat diberikan kesempatan untuk bergabung dengan PT dan memberikan kontribusi nyata bagi perusahaan ini.

Hormat saya,

TTD

[Nama Anda]

11. Contoh Surat Lamaran Kerja di PT Simple

HRD PT Berkah Sentausa
Jalan Kemerdekaan No. 08
Kode Pos 14560

Dear HRD PT Berkah Sentausa,

Saya, Susan Lestari, ingin mengajukan lamaran kerja untuk posisi yang tersedia di PT Berkah Sentausa, sesuai dengan informasi yang saya temukan di [sumber informasi, misalnya website perusahaan atau portal lowongan kerja]. Saya lulusan Universitas Nusa Dua dengan gelar [sebutkan gelar Anda], dan saya memiliki pengalaman kerja selama 1 tahun di PT Maju Jaya sebagai Public Relation.

Pengalaman saya di PT Maju Jaya telah memungkinkan saya untuk mengembangkan keterampilan komunikasi dan hubungan masyarakat yang kuat. Saya memiliki kemampuan dalam mengelola hubungan dengan pelanggan, mengorganisir acara promosi, dan membuat materi komunikasi yang efektif. Saya juga terbiasa bekerja dalam tim dan mengatasi tantangan dengan solusi yang kreatif.

Saya tertarik untuk bergabung dengan PT Berkah Sentausa karena saya percaya perusahaan ini memiliki visi dan nilai-nilai yang sejalan dengan minat dan keterampilan saya. Saya ingin berkontribusi dalam memajukan perusahaan ini dan mengembangkan karir saya lebih lanjut di dalamnya.

Saya telah melampirkan CV saya untuk memberikan gambaran lebih lanjut tentang latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja saya. Saya sangat berharap ada kesempatan untuk bertemu dengan Anda dalam wawancara lebih lanjut dan menjelaskan lebih detail mengenai bagaimana saya dapat menjadi aset berharga bagi PT Berkah Sentausa.

Terima kasih atas perhatian Anda terhadap lamaran kerja ini. Saya menantikan kesempatan untuk bergabung dengan tim PT Berkah Sentausa dan memberikan kontribusi terbaik saya.

Salam hormat,

[TTD Anda]
Susan Lestari

12. Contoh Surat Lamaran Kerja di PT Bahasa Inggris

[Date]

HR Manager
PT [Company Name]
[Company Address]
[City, State, ZIP Code]

Dear HR Manager,

I am writing to express my interest in the [Position Name] position at PT [Company Name], as advertised on [where you found the job posting]. I believe that my skills and qualifications make me a strong candidate for this role, and I am excited about the opportunity to contribute to your team.

I hold a [Your Degree] in [Your Field] from [University Name], and I am passionate about [mention your area of interest or expertise]. During my previous experience at [Previous Company or Organization], I had the opportunity to [mention a key accomplishment or responsibility that demonstrates your qualifications]. This experience has equipped me with excellent [mention specific skills] and a strong work ethic.

In addition to my professional experience, I am skilled in [mention any relevant software, tools, or languages]. I am confident that my technical skills and ability to adapt to new technologies quickly would benefit PT [Company Name].

I am particularly drawn to PT [Company Name] because of its [mention something specific about the company, such as its reputation, mission, or industry leadership]. I am eager to contribute my skills and be part of an organization that values innovation and excellence.

Enclosed is my resume, which provides more details about my qualifications and experience. I would welcome the opportunity to discuss how my skills and experiences align with the needs of PT [Company Name] in more detail. Please find my contact information above, and I am available for an interview at your earliest convenience.

Thank you for considering my application. I look forward to the possibility of joining your team and contributing to the continued success of PT [Company Name].

Sincerely,

[Your Name]

13. Contoh Surat Lamaran Kerja di PT Lulusan SMA

[Tanggal]

HRD PT [Nama Perusahaan]
[Alamat Perusahaan]
[Kota, Kode Pos]

Kepada Yth. HRD PT [Nama Perusahaan],

Saya, [Nama Anda], ingin mengajukan lamaran pekerjaan untuk posisi yang tersedia di PT [Nama Perusahaan], sesuai dengan informasi yang saya temukan di [sumber informasi, seperti website perusahaan atau portal lowongan kerja].

Saya merupakan lulusan SMA [Nama Sekolah] dan memiliki semangat yang tinggi untuk memulai karir saya di dunia kerja. Meskipun saya belum memiliki pengalaman kerja formal, saya yakin bahwa kemampuan dan minat saya akan membuat saya menjadi aset berharga bagi perusahaan ini.

Saya memiliki [sebutkan keterampilan atau sifat pribadi yang relevan dengan posisi yang Anda lamar, seperti kemampuan komunikasi, keterampilan organisasi, atau ketekunan]. Selama masa sekolah, saya aktif berpartisipasi dalam [sebutkan kegiatan ekstrakurikuler atau proyek yang relevan] yang telah membantu saya mengembangkan keterampilan ini.

Saya tertarik untuk bergabung dengan PT [Nama Perusahaan] karena [sebutkan alasan tertentu mengapa Anda tertarik dengan perusahaan tersebut, seperti reputasi perusahaan, produk atau layanan yang mereka tawarkan]. Saya yakin bahwa dengan bergabung dalam tim PT [Nama Perusahaan], saya akan memiliki kesempatan untuk terus belajar dan berkontribusi secara positif.

Saya telah melampirkan CV saya yang berisi informasi lebih lanjut mengenai pendidikan dan pengalaman saya. Saya sangat berharap ada kesempatan untuk bertemu dengan Anda dalam wawancara lebih lanjut dan menjelaskan lebih detail mengenai bagaimana saya dapat berkontribusi dalam perusahaan ini.

Terima kasih atas perhatian Anda terhadap lamaran kerja ini. Saya siap untuk menjalani proses seleksi yang mungkin diperlukan dan berharap dapat bergabung dalam tim PT [Nama Perusahaan].

Hormat saya,

[Tanda tangan Anda]
[Nama Anda]

14. Contoh Surat Lamaran Kerja di PT Lulusan SMK

[Tanggal]

HRD PT [Nama Perusahaan]
[Alamat Perusahaan]
[Kota, Kode Pos]

Dengan hormat,

Saya, [Nama Anda], ingin mengajukan lamaran kerja untuk posisi [Nama Posisi] di PT [Nama Perusahaan], sebagaimana yang saya temukan melalui [sumber informasi, misalnya situs web perusahaan atau portal lowongan kerja]. Saya adalah lulusan [Nama SMK Anda] jurusan [Jurusan Anda] dan memiliki tekad untuk memulai karir saya di perusahaan yang terkemuka seperti PT [Nama Perusahaan].

Selama pendidikan saya di [Nama SMK Anda], saya mendapatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam [sebutkan keterampilan atau bidang yang relevan]. Saya juga telah berhasil menyelesaikan [sebutkan proyek atau kursus yang menonjol] yang membantu saya mengembangkan kompetensi yang diperlukan untuk posisi ini.

Pengalaman belajar saya di [Nama SMK Anda] telah memberi saya dasar yang kuat, dan saya siap untuk menghadapi tantangan dunia kerja. Saya tertarik untuk bergabung dengan PT [Nama Perusahaan] karena saya percaya perusahaan ini menawarkan peluang perkembangan karir yang menarik dan nilai-nilai yang sesuai dengan asa dan nilai saya.

Saya telah melampirkan CV saya yang berisi informasi lebih lanjut tentang pendidikan dan pengalaman saya. Saya sangat berharap ada kesempatan untuk bertemu dengan Anda dalam wawancara kerja guna membahas lebih lanjut bagaimana keterampilan dan pengalaman saya dapat mendukung visi dan kebutuhan PT [Nama Perusahaan].

Terima kasih atas perhatian Anda terhadap lamaran kerja saya. Saya berharap dapat bergabung dengan tim PT [Nama Perusahaan] dan berkontribusi positif dalam mencapai tujuan perusahaan.

Hormat saya,

[Tanda Tangan Anda]
[Nama Anda]

15. Contoh Surat Lamaran Kerja di PT sebagai Karyawan Pabrik

[Tanggal]

HRD PT [Nama Perusahaan]
[Alamat Perusahaan]
[Kota, Kode Pos]

Dengan hormat,

Saya, [Nama Anda], dengan ini mengajukan lamaran kerja untuk posisi Karyawan Pabrik di PT [Nama Perusahaan], sebagaimana yang saya temukan melalui [sumber informasi, misalnya situs web perusahaan atau portal lowongan kerja]. Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan perusahaan yang terkemuka seperti PT [Nama Perusahaan].

Saya memiliki pengalaman dalam bekerja di lingkungan pabrik selama [sebutkan jumlah tahun] tahun, yang telah membantu saya mengembangkan keterampilan dan pengetahuan dalam [sebutkan keterampilan atau tugas yang relevan]. Saya dapat melakukan tugas-tugas seperti [sebutkan tugas atau pekerjaan yang mungkin relevan dengan posisi ini], dan saya memiliki kedisiplinan dan komitmen yang tinggi terhadap pekerjaan.

Saya tertarik untuk bergabung dengan PT [Nama Perusahaan] karena saya percaya perusahaan ini menawarkan peluang karir yang menarik dan memiliki reputasi yang baik dalam industri ini. Saya ingin menjadi bagian dari tim PT [Nama Perusahaan] dan berkontribusi pada kesuksesan perusahaan ini.

Saya telah melampirkan CV saya yang berisi informasi lebih lanjut tentang pengalaman kerja dan pendidikan saya. Saya berharap ada kesempatan untuk bertemu dengan Anda dalam wawancara kerja guna membahas lebih lanjut bagaimana keterampilan dan pengalaman saya dapat memberikan manfaat bagi PT [Nama Perusahaan].

Terima kasih atas perhatian Anda terhadap lamaran kerja saya. Saya sangat berharap dapat bergabung dengan tim PT [Nama Perusahaan] dan berkontribusi positif dalam mencapai tujuan perusahaan.

Hormat saya,

[Tanda Tangan Anda]
[Nama Anda]

Pengertian dari Surat Lamaran Kerja atau Job Application

Lamaran pekerjaan merupakan surat yang diajukan oleh seorang ditujukan buat memperoleh pekerjaan pada sesuatu lembaga ataupun industri. Jadi pada dasarnya, penyusunan job application berbeda dengan penyusunan surat bisnis yang lainnya. 

Alasannya terdapat 2 faktor yang wajib diajukan oleh pelamar pekerjaan, hal itu ialah lamaran kerja serta catatan riwayat hidup( curiculum vitae).

Biasanya memuat kemauan pelamar buat bekerja pada tubuh ataupun industri, sebaliknya catatan riwayat hidup ialah penunjang berarti yang berisi data terkait latar balik pembelajaran serta kemampuan yang dipunyai oleh pelamar.

Baca juga: Contoh surat lamaran kerja indomaret

Dokumen Wajib dalam Surat Lamaran Kerja di PT

Pada saat melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, terdapat beberapa dokumen yang wajib disertakan dalam surat lamaran kerja. Dokumen-dokumen ini sangat penting untuk memberikan informasi lengkap kepada perusahaan tentang diri Anda sebagai calon karyawan yang potensial. Berikut adalah dokumen-dokumen yang perlu Anda persiapkan:

  • Curriculum Vitae (CV)
  • Fotokopi Identitas Diri
  • Ijazah dan Transkrip Nilai
  • Sertifikat Pelatihan atau Sertifikasi Profesional
  • Referensi atau Surat Rekomendasi

Struktur Contoh Surat Lamaran Kerja di PT

Berikut merupakan sebuah struktur lamaran pekerjaan yang baik serta benar yang dapat dijadikan panduan.

1. Tempat beserta tanggal

Pada lamar pekerjaan, tempat serta tanggal bisa dituliskan dengan lengkap di pojok kanan atas. Sehingga bagian ini tidak membutuhkan titik sebab bukan suatu kalimat.

Contoh: Jakarta, 27 Januari 2021

2. Perihal beserta lampiran

Bagian perihal serta lampiran nantinya bisa diletakkan di sebelah kiri. Bagian perihal diisikan dengan lamaran pekerjaan. Setelah itu, bagian lampiran tentu diisi dengan jumlah dokumen yang hendak dilampirkan.

Contohnya: 

Perihal: surat lamaran pekerjaan

Lampiran: 1

3. Tujuan beserta alamat 

Sehabis menulis lampiran, pelamar dapat menuliskan tujuan, penerima serta alamat. Umumnya, penerima tidak perlu diiringi dengan ayah ataupun bunda. Penerima cuma ditulis dengan nama jabatan saja.

Alamat hendaknya tidak ditulis lebih dari 3 baris serta tidak perlu memakai titik. Penyusunan jalan pada alamat tinggal tidak boleh disingkat.

Contoh surat lamaran kerja di pt sebagai karyawan :

Yth. Manager Pt Asbi

Jalan Asifa No.169

Jakarta Selatan

Baca juga: Contoh surat lamaran kerja di toko

4. Salam pembuka

Saat sebelum menuliskan isi, wajib menyertakan salam pembuka terlebih dulu. Salam yang digunakan merupakan“ dengan hormat,”. Hal ini pastikan buat meletakan koma sehabis salam pembuka.

Contohnya: Dengan hormat,

5. Alinea pembuka

Pada aline pembuka, bisa menjabarkan sumber data lowongan yang hendak segera dilamar. Yakinkan juga buat memakai bahasa resmi yang sopan supaya tidak menyinggung rekruter.

Contoh surat lamaran kerja di pt sebagai karyawan: sehubungan dengan data lowongan kerja di web official pt. Asbi, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

6. Bagian isi

Bagian isi dibagi jadi 3 bagian, ialah identitas diri, lamaran, serta berkas. Berikut identitas diri.

Contoh surat lamaran kerja di pt sebagai karyawan :

Nama: Bela

Tempat, Tanggal Lahir: Jakarta, 27 Februari 1992

Pembelajaran: S1 Sosiologi Universitas G

Alamat: Jalur Satura No.032 Jakarta Selatan

Nomor. Hp: 08129888888

Email: Belala@Gmail. Com

Pada bagian berkas, dapat menuliskan berkas yang dilampirkan, semacam Cv, Ijazah, Fotokopi Ktp, Sertifikat, SKCK, serta lain sebagainya.

7. Penutup

Bagian penutup bisa diisikan dengan harapan yaitu supaya diterima di industri serta perkataan terima kasih.

Contohnya:

Demikian surat ini telah saya buat. Besar harapan supaya dapat diterima di industri ini. Atas perhatian nya, saya ucapkan terima kasih.

8. Tanda tangan serta nama

Contohnya: 

Hormat saya,

(ttd)

Bela

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Beserta Tips Membuatnya

Hal Penting dalam Membuat Surat Lamaran Kerja di PT

Menyusun surat lamaran kerja yang baik dan efektif adalah langkah awal yang penting untuk mendapatkan pekerjaan di PT yang Anda idamkan. Dalam proses ini, terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan agar surat lamaran kerja Anda menonjol dan berhasil menarik perhatian pihak perusahaan. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

  • Perencanaan Sebelum Menulis
  • Format Surat Lamaran Kerja yang Tepat
  • Penggunaan Bahasa yang Baik dan Sopan
  • Menonjolkan Pengalaman dan Kualifikasi yang Relevan
  • Menyampaikan Motivasi dan Antusiasme Anda
  • Mengakhiri Surat dengan Baik
  • Penyuntingan dan Peninjauan Ulang

Metode Membuat Contoh Surat Lamaran Kerja di PT Sebagai Karyawan

Berikut adalah metode untuk membuat lamaran kerja yang baik serta benar.

1. Tulis komponen surat job application yang sangat penting

Job application yang efisien dapat mengantarkan data yang diperlukan oleh para rekrutmen. Oleh sebab itu, dalam job application pasti dibutuhkan bukti diri formal, kontak, serta alamatnya.

2. Isi dengan skill, pengalaman kerja, serta prestasi kerja

Tidak hanya bukti diri, kontak, serta alamat, calon pelamar wajib mengisi data tentang skill, pengalaman kerja, serta prestasinya. Dengan begitu juga, rekrutmen dapat tertarik buat merekrut calon pelamar.

3. Desain surat job application dengan semenarik mungkin

Rekrutmen memandang terlebih dulu lamaran pekerjaan yang dikirimkan oleh calon pelamar. Itu sebabnya, job application yang dikirimkan harus wajib menarik atensi para rekrutmen.

Jadi, dengan mengikuti struktur beserta dengan metode yang baik dan benar tentunya akan meningkatkan peluang karir. Sehingga contoh surat lamaran kerja di pt sebagai karyawan dapat dijadikan paduan.

Baca juga: Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi Yang Baik Dan Benar


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!