contoh CV guru

Contoh CV Guru, Calon Guru Perhatikan Pembuatan CV Ini

Curriculum Vitae bagi seorang guru tidak dapat dibuat sembarangan, apalagi tanpa contoh CV guru yang tepat. Calon guru harus memperhatikan bagaimana cara membuat CV yang benar, supaya kredibilitas pengajar terlihat.

Sebagai pencetak generasi bangsa, guru harus memperlihatkan sikap profesionalitasnya sejak awal melamar pekerjaan. Terlebih profesi pengajar dianggap sebagai tugas mulia tanpa tanda jasa. Oleh karenanya, perhatikan hal-hal seputar CV berikut.

Hal Yang Mesti Dihindari Oleh Seorang Guru Dalam Membuat CV

Menulis CV pengajar tidak boleh sembarangan, karenanya perlu ada contoh CV guru. Apalagi CV merupakan komponen penting dalam melamar bagi pengajar. Berikut adalah kesalahan yang sering dilakukan pembuat Curriculum Vitae.

1. Typo

Kesalahan ini umum sekali terjadi pada penulisan Curriculum Vitae. Contoh CV guru tepat tidak terdapat typo meski hanya satu kata. Pahami bahwa Curriculum Vitae merupakan wajah utama para pelamar kerja.

2. Format Berlebihan

Sudah tersedia banyak aplikasi atau website penyedia pembuatan Curriculum Vitae online. Namun jika menggunakan format template secara berlebihan seperti adanya tabrakan warna, maka tim recruiter akan kewalahan saat menilai jobseeker.

3. Data Tidak Valid

Contoh CV guru yang baik adalah menuliskan data informasi sesuai lampiran. Misalnya menyantumkan IPK 3,45 padahal di ijasah hanya 3,02. Kejujuran merupakan modal utama bagi para pelamar pekerjaan, khususnya guru.



4. Penulisan Bertele-Tele

Menulis Curiculum Vitae berbeda dengan penulisan esai. Kesalahan ini bisa jadi akibat tidak memahami apa itu Curriculum Vitae, jadi sebaiknya pahami dulu tentang Curriculum Vitae, resume, dan surat lamaran pekerjaan.

5. Menulis Hal Tidak Perlu

Selanjutnya, contoh CV guru yang tepat tidak akan menyantumkan hal-hal privasi seperti nomor KTP. Informasi data pribadi tidak perlu berkiatan dengan hal-hal privasi, cukup berikan informasi umum saja.

6. Satu untuk Semua

Bila berada dalam posisi melamar banyak pekerjaan, sebaiknya pisahkan Curriculum Vitae sesuai kebutuhan. Perhatikan bagian posisi yang dilamar, dengan begitu Anda bisa menyesuaikan penyusunan Curriculum Vitae.

Baca juga: Jenis surat lamaran kerja

Cara Membuat CV Guru Yang Baik Dan Benar

Bagi yang ingin membuat CV untuk guru maka harus memperhatikan keperluan dokumennya. Persiapkan terlebih dulu, misalnya seperti daftar riwayat hidup, surat lamaran, ijasah studi program studi jurusan perguruan maupun lainnya.

1. Membuat Deskripsi Menarik

Pertama-tama, pastikan Anda membuat deskripsi menarik untuk menarik perhatian recruiter. Selain itu, bagian deskripsi bisa digunakan sebagai alat untuk mengenal calon guru sebelum proses mengajar.



2. Utamakan Riwayat Pendidikan

Menjadi seorang pengajar tentunya harus memiliki pengetahuan tentang berbagai ilmu. Dengan begitu, cantumkan jenjang pendidikan apa saja yang sudah ditempuh lengkap seperti S2 jurusan apa maupun hal lainnya.

3. Pengalaman Mengajar

Menunjukkan sikap profesional bisa dengan menyantumkan pengalaman mengajar dimana saja. Apabila Anda merupakan fresh graduate, maka bisa menyantumkan pengalaman melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) lengkap dengan lokasi PPL.

4. Tulis Keahlian

Contoh CV guru dalam hal keahlian berhubungan dengan mengajar. Misalnya mengetahui bagaimana cara mengatasi kenakalan remaja, pernah mengikuti organisasi, jago dalam hal problem solving urusan remaja, dan lainnya.

Setelah memahami semuanya, Anda bisa memulai membuat CV dengan baik sesuai format di atas. Sekedar tips saat proses pembuatannya, Anda harus membuat struktur dengan baik supaya recruiter mempertimbangkan Anda.

Kemudian perbanyak pengalaman mengajar meski tidak informal, misalnya membuka les khusus sesuai bidang yang dikuasai. Dengan begitu, Anda akan mendapat tambahan nilai plus di mata recruiter.

Memiliki kemampuan mengajar tentunya berjalan sesuai pengalaman. Semakin sering mengajar maka semakin fasih Anda dalam menguasai kondisi kelas, maupun mengondisikan anak yang kesulitan mengikuti pelajaran.

Keahlian semacam ini harus dikuasai para guru profesional supaya bisa mengantarkan anak didik menuju gerbang kesuksesan. Rajin mengikuti pelatihan mengajar akan meningkatkan kualitas calon pengajar di mata recruiter.

Baca juga: Pekerjaan yang membutuhkan portofolio

Latih terus cara berkomunikasi Anda dan gunakan cara berkomunikasi efektif supaya murid mudah menyerap ilmu dari pengajar. Namun jangan lupa untuk membungkus cara mengajar dengan menarik agar tidak bosan.

Perlu diketahui bahwa sekolah merupakan institusi pembelajaran, sehingga Anda haus bisa melakukan kerja sama tim maupun individu. Dengan adanya contoh CV guru di atas, Anda akan terbantu menyusun CV menarik.

Contoh CV Guru Yang Baik Dan Benar

Contoh CV Guru TK (Taman Kanak Kanak)

Contoh CV Guru TK

Contoh CV Guru SD

Contoh CV Guru SD

Contoh CV Guru SMP

Contoh CV Guru SMP

Contoh CV Guru SMA

Contoh CV Guru SMA

Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.