contoh cv barista

Inilah Contoh CV Barista yang Menarik dan Wajib Dicoba

Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang barista, inilah saatnya mencari contoh CV barista adalah hal pertama yang bisa Anda lakukan. Tidak diketahui kebanyakan orang, beberapa bisnis kopi tidak mengharuskan pelamar untuk memiliki pengalaman kerja sebelumnya. CV lamaran kerja barista dan surat lamaran kerja barista juga menjadi dua faktor yang banyak diperhitungkan.

Anda tidak hanya perlu menguasai seni membuat kopi untuk menjadi seorang barista. Selain itu, Anda harus terbiasa mengelola kafe, melayani klien, dan menjaga kebersihan kedai kopi.

Salah satu prospek bisnis yang paling menarik saat ini adalah menjalankan kedai kopi. Pertumbuhan jumlah kedai kopi yang sangat besar menunjukkan hal ini. Tentunya akan semakin banyak lowongan kerja barista karena semakin banyak kedai kopi.

Sebutan “barista” merujuk pada seseorang yang tugasnya meracik, menyiapkan, dan menyajikan kopi kepada pelanggan. Meski terlihat sederhana, barista harus menjalani pelatihan. Karena barista harus memiliki tingkat keahlian tertentu dalam menyeduh dan menyajikan kopi, tidak sembarang orang bisa menjadi satu.

Kenapa Barista Menjadi Pekerjaan yang Menarik?

Belakangan ini, bekerja menjadi seorang barista sangat diminati oleh banyak para pencari kerja, terutama bagi mereka yang menyukai kopi dan senang dengan lingkungan coffee shop. Tak hanya itu, kini barista menjadi pekerjaan yang menarik karena menggabungkan seni, kreativitas, dan interaksi sosial.

Sebagai seorang barista, Anda memiliki kesempatan untuk menciptakan minuman kopi yang lezat dengan berbagai macam rasa dan presentasi yang unik. Selain itu, Anda juga berinteraksi dengan berbagai macam orang setiap hari, memungkinkan Anda untuk membangun koneksi dan memahami preferensi pelanggan.

Pekerjaan ini juga bisa menjadi peluang untuk belajar lebih banyak tentang dunia kopi dan mengembangkan keterampilan berharga dalam industri perhotelan. Semua hal ini membuat barista menjadi pekerjaan yang memuaskan dan penuh dengan potensi perkembangan karir.

Baca juga: Contoh CV Beasiswa, Format Penulisan Dan Cara Pembuatannya

Berikut Detail yang Harus Ada dalam CV Barista

Penjelasan tentang detail yang harus ada dalam CV barista diberikan di bawah ini untuk Anda yang saat ini tengah mencari lowongan pekerjaan yang cocok dengan skill yang dimiliki.

1. Informasi Pribadi

Contoh CV barista bagian ini terdiri dari data pribadi yang dapat membantu perekrut mengenal anda dan menghubungi Anda.

Seorang HRD pasti perlu mengetahui beberapa detail mendasar tentang Anda sebelum mempekerjakan Anda. Oleh karena itu, informasi pribadi sangat penting dan harus disertakan saat membuat CV yang menarik bagi HRD.

Informasi pribadi Anda di CV Anda menawarkan detail penting tentang siapa Anda. Informasi yang Anda masukkan saat memasukkan data pribadi untuk lamaran pekerjaan mungkin diperlukan, opsional, atau tidak diperlukan. Data pribadi yang penting dan tidak wajib opsional. Pada CV untuk melamar pekerjaan akan dijelaskan terlebih dahulu pada bagian ini.

Deskripsi Diri dalam contoh CV barista adalah dengan menulis paragraf singkat memperkenalkan diri Anda yang mencakup informasi tentang kepribadian Anda, jabatan, jumlah pengalaman kerja, bidang keahlian, prestasi pribadi, dll. Intinya, Anda memiliki kesempatan untuk membuat CV lamaran kerja barista Anda menonjol dengan menggunakan kolom ini .

Informasi yang sebaiknya dicantumkan adalah:
– Nama lengkap
– Kawasan kediaman
– Nomor handphone
– Email
– Sosial media

Baca juga: Contoh tulisan di amplop lamaran kerja

Contoh: Barista senior veteran enam tahun. Memiliki lisensi Q grader dan telah membuat 12 menu kopi sebelumnya. Mencari posisi sebagai kepala barista di (nama kedai kopi tujuan) untuk membantu meningkatkan efektivitas produksi dan kualitas minuman.

2. Penulisan Riwayat Pendidikan

Kualifikasi Anda sebagai kandidat juga dapat diperkuat dengan sekolah formal. Rekam setiap detail latar belakang sekolah Anda. Namun, tetap pertimbangkan bagaimana pendidikan berhubungan dengan kriteria yang dibutuhkan. 

Anda juga dapat menyebutkan kedudukan atau prestasi akademik Anda. Lihat contoh CV barista yang baik dan akurat untuk latar belakang pendidikan Anda.



3. Membuat Riwayat Pekerjaan

Salah satu komponen CV yang paling penting untuk melamar pekerjaan yang akan dilihat oleh perekrut atau perusahaan adalah pengalaman kerja. Bagian pengalaman kerja di resume Anda menyertakan daftar pemberi kerja yang telah mempekerjakan Anda bersama dengan deskripsi kesuksesan dan proyek Anda dari pekerjaan sebelumnya.

Porsi pengalaman kerja dari resume Anda mungkin yang paling sulit untuk ditulis karena Anda harus memikirkannya sebelum memulai. Calon pekerjaan harus menentukan pengalaman mana yang relevan, menambah nilai, atau tidak boleh dicatat.

Pengalaman kerja pasti akan membantu pencari kerja menonjol sebagai prospek. Gunakan teknik kronologi cadangan untuk memasukkan riwayat pekerjaan Anda, dengan pengalaman terkini di bagian atas. Sertakan penugasan yang menyeluruh dan terdefinisi dengan baik juga, seperti yang menggambarkan deskripsi pekerjaan, tanggung jawab, masa kerja, dan prestasi.

Contoh CV barista adalah memaparkan tugas mereka untuk melayani pelanggan dan mendistribusikan kopi. Cantumkan talenta dalam CV yang bisa menjadi pertimbangan. Ada dua jenis keterampilan tertulis: non-teknis dan teknis. Keterampilan non teknis adalah kemampuan kognitif dan sosial, sedangkan keterampilan teknis dapat dinilai secara akademis.

Baca juga: Cara menghindari penalti kontrak kerja

  1. Contoh Keterampilan Teknik

Keterampilan teknis pada CV barista:
– Kemampuan bahasa: Inggris, Jerman
– Kemampuan menyeduh kopi gaya Italia (espresso, latte, dll.)
– Kemampuan menyeduh kopi manual (pour over, aeropress, dll.)
– Kemampuan proses roasting dan cupping kopi
– Kemampuan manajemen bahan dasar dan alat kopi

  1. Contoh Keterampilan Non Teknis
  • Pelayanan pelanggan
  • Penyelesaian masalah
  •  Komunikasi
  • Menjaga lingkungan kerja yang bersih.

Untuk mendapatkan pekerjaan yang diimpikan Anda bisa membaca ulasan mengenai penjelasan di atas yang sudah kami bahas sebelumnya. Jika ada yang tidak pahami bisa menanyakan langsung kepada teman yang sudah berpengalaman dalam bidang tersebut mengenai contoh CV barista.

Contoh pengalaman kerja CV barista kopi:

Kepala Barista – Six Ounces Coffee
Juni 2016 – Sekarang

– Mendengarkan saran dan keluhan konsumen
– Meningkatkan laba kedai sebanyak 20%
– Mengatur pergerakan persediaan bahan dasar

Tips and Trick Menulis CV Barista yang Menarik

  • Ringkas dan Relevan: Sorotkan pengalaman kerja yang paling relevan dengan pekerjaan barista. Kurangi detail yang tidak perlu dan fokus pada keterampilan yang dapat diterapkan dalam pekerjaan sebagai barista, seperti mengoperasikan mesin kopi dan melayani pelanggan.
  • Highlight Keterampilan Barista: Soroti keterampilan khusus Barista Anda, seperti membuat kopi, latte art, dan pengetahuan tentang biji kopi.
  • Bahasa yang Positif: Gunakan bahasa positif dalam deskripsi tugas dan pencapaian Anda. Contoh, “Memimpin pelatihan untuk barista baru” atau “Menciptakan minuman spesial yang meningkatkan penjualan.”
  • Format yang Jelas dan Profesional: Gunakan format yang rapi dan mudah dibaca. Pastikan huruf, spasi, dan paragraf teratur. Gunakan font yang klasik dan profesional seperti Arial, Times New Roman, atau Calibri.
  • Update Reguler: Perbarui CV Anda secara berkala dengan pengalaman dan prestasi terbaru.

Baca juga: Contoh CV Crew Outlet yang Baik dan Benar, Simak Ini

Contoh CV Barista

Contoh CV Barista Pintarnya

Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!