Ciri-Ciri Lamaran Kerja Ditolak

Catat! Inilah Ciri-Ciri Lamaran Kerja Ditolak Perusahaan

Dalam proses mencari pekerjaan, mengirimkan lamaran kerja adalah langkah pertama yang penting. Namun, tidak semua lamaran akan mendapat tanggapan positif. Lamaran kerja Anda juga kemungkinan bisa ditolak. Namun, seperti apa ciri-ciri lamaran kerja ditolak?

Pintarnya akan membahas ciri-ciri lamaran kerja ditolak beserta penyebabnya. Yuk, langsung saja simak sampai akhir!

Ciri-Ciri Lamaran Kerja Ditolak Perusahaan

Jika Anda adalah seorang pelamar yang menunggu kabar dari perekrut yang tidak kunjung tiba, penting untuk ketahui ciri-ciri lamaran kerja ditolak. Bersumber dari laman Indeed, berikut adalah ciri-cirinya:

1. Perekrut Tampak Tidak Tertarik

Jika selama wawancara perekrut tidak banyak mengajukan pertanyaan kepada Anda, ini bisa jadi tanda bahwa mereka tidak terlalu tertarik.

Kurangnya pembahasan tentang apa yang akan terjadi selanjutnya dalam proses seleksi juga bisa menjadi indikasi mereka tidak melihat Anda cocok untuk posisi tersebut.

2. Wawancara Berlangsung Lebih Cepat

Jika wawancara Anda berakhir lebih cepat dari waktu yang dijadwalkan, ini bisa berarti bahwa perekrut sudah memutuskan tidak melanjutkan proses seleksi dengan Anda. Ini mungkin karena mereka merasa Anda tidak memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan.

Baca Juga: Begini Cara Menulis Personal Statement untuk Melamar Kerja

3. Wawancara Dibatalkan

Jika tiba-tiba wawancara Anda dibatalkan dan tidak dijadwalkan ulang, bisa jadi posisi yang Anda lamar sudah diisi atau perusahaan memutuskan untuk tidak mengisi posisi itu.



4. Perusahaan Masih Menerima Lamaran Lain

Jika perekrut menyatakan bahwa mereka masih menerima lamaran dari kandidat lain, ini berarti mereka belum menemukan orang yang tepat dan masih ragu dengan kualifikasi Anda.

5. Perekrut Tidak Memperkenalkan Perusahaan atau Posisi dengan Baik

Biasanya jika perekrut tertarik dengan Anda, mereka akan berusaha memperkenalkan Anda lebih lanjut tentang perusahaan dan posisi yang ditawarkan. Jika hal ini tidak terjadi, mungkin mereka tidak melihat Anda sebagai kandidat yang sesuai.

6. Tidak Ada Respons Setelah Anda Mengirimkan Tindak Lanjut

Jika Anda mengirim email tindak lanjut dan tidak mendapatkan balasan, ini mungkin tanda bahwa mereka telah memilih kandidat lain atau Anda bukanlah prioritas mereka.

Penyebab Lamaran Kerja Ditolak Perusahaan

Lantas, apa saja sih penyebab lamaran kerja ditolak perusahaan? Di bawah ini adalah beberapa penyebabnya:

1. Kualifikasi yang Kurang

Jika Anda tidak memenuhi kualifikasi yang diminta oleh perusahaan, seperti pendidikan atau pengalaman yang kurang dari yang dibutuhkan, perekrut mungkin memilih kandidat lain yang lebih sesuai.



2. Kualifikasi Berlebih

Terkadang, terlalu banyak kualifikasi juga bisa menjadi masalah, seperti memiliki pendidikan atau pengalaman yang jauh melebihi yang dibutuhkan. Ini bisa membuat perekrut berpikir Anda akan cepat bosan atau tidak akan lama bertahan di posisi tersebut.

3. Proses Pra-Skrining

Resume Anda mungkin tidak lolos sistem ATS (Applicant Tracking System) yang digunakan perusahaan untuk menyaring kandidat. Pastikan resume Anda ATS-friendly dengan format yang tepat.

4. Adanya Celah Kerja

Jika ada jarak waktu panjang di antara pekerjaan sebelumnya yang tidak dijelaskan, ini bisa menimbulkan pertanyaan bagi perekrut. Jelaskan gap ini secara profesional di surat lamaran Anda.

5. Pasar Kerja yang Kompetitif

Dalam industri yang kompetitif, banyaknya pelamar bisa membuat Anda lebih sulit untuk menonjol. Kirim lamaran kerja Anda secepat mungkin setelah lowongan pekerjaan dipublikasikan untuk meningkatkan peluang Anda.

6. Seleksi Kandidat Internal

Beberapa perusahaan lebih memilih untuk mempromosikan karyawan yang sudah ada daripada merekrut dari luar. Ini di luar kendali Anda dan bisa menjadi salah satu alasan lamaran kerja Anda ditolak.

Tips agar Lamaran Kerja Tidak Ditolak Perusahaan

Lamaran kerja ditolak memang menyedihkan. Namun, Anda tidak perlu patah semangat. Cobalah untuk ikuti beberapa tips di bawah ini agar lamaran kerja Anda tidak ditolak di kemudian hari:

1. Personalisasi Resume Anda

Setiap kali melamar pekerjaan, sesuaikan resume Anda dengan kebutuhan spesifik pekerjaan tersebut. Tampilkan pengalaman dan keterampilan yang relevan dengan pekerjaan yang diinginkan. 

Jika Anda melamar sebagai Manajer Ritel, misalnya, sorot pengalaman layanan pelanggan dan kemampuan berkomunikasi Anda.

2. Pilih Posisi yang Sesuai

Lamar posisi yang sesuai dengan kualifikasi Anda. Pastikan Anda memenuhi persyaratan minimum yang tercantum dalam deskripsi pekerjaan, baik itu pendidikan maupun pengalaman kerja.

3. Gunakan Kata Kunci dari Deskripsi Pekerjaan

Masukkan kata kunci yang ditemukan dalam deskripsi pekerjaan ke dalam resume Anda. Ini akan membantu resume Anda lolos dari screening awal yang dilakukan oleh sistem otomatis (ATS) yang banyak digunakan oleh perusahaan.

4. Mintalah Umpan Balik

Jika Anda menerima penolakan, jangan ragu untuk meminta umpan balik dari perekrut tentang apa yang bisa Anda perbaiki. Ini akan membantu Anda memahami apa yang perlu diperbaiki untuk lamaran berikutnya.

5. Gunakan Jaringan Profesional Anda

Berhubungan dengan jaringan Anda, termasuk mantan rekan kerja, mentor, dan supervisor. Mereka mungkin bisa memberi tahu Anda tentang peluang yang belum dipublikasikan atau bahkan merekomendasikan Anda ke perekrut.

6. Tekun

Jangan patah semangat oleh penolakan. Gunakan setiap pengalaman sebagai kesempatan belajar dan terus mencari dan melamar pekerjaan lain yang sesuai dengan minat dan kualifikasi Anda.

Nah, demikianlah ulasan lengkap tentang ciri-ciri lamaran kerja ditolak perusahaan serta berbagai penyebabnya. Semoga informasi ini bermanfaat.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.