Cara menolak tawaran kerja karena sudah bekerja

Cara Menolak Tawaran Kerja Karena Sudah Bekerja

Cara menolak tawaran kerja karena sudah bekerja menjadi hal penting untuk diketahui bagi banyak orang, untuk bisa memberikan jawaban tepat. Ketika Anda sudah bekerja dan menerima tawaran pekerjaan, menolak tawaran tersebut bisa menjadi situasi yang sulit. Dilansir dari Indeed, menolak tawaran kerja merupakan hal yang lumrah, namun Anda harus memperhatikan dan menyapaikannya dengan baik agar mencerminkan profesionalitas diri Anda. Berikut ini cara menolak tawaran kerja karena sudah bekerja, yuk simak!!!

Cara Menolak Tawaran Kerja Karena Sudah Bekerja

1. Pastikan kamu yakin untuk menolak pekerjaan tersebut

Sebelum mengambil langkah apa pun, pastikan bahwa kamu benar-benar yakin untuk menolak tawaran kerja tersebut. Pertimbangkan dengan matang apakah alasan untuk menolak pekerjaan tersebut sudah cukup kuat.

2. Segera putuskan

Setelah kamu memutuskan untuk menolak tawaran kerja, segeralah mengambil tindakan. Jangan biarkan perusahaan menunggu terlalu lama karena dapat mengganggu proses rekrutmen mereka.

3. Tunjukkan rasa terima kasih 

Ketika kamu memberi tahu perusahaan tentang keputusanmu, luangkan waktu untuk menyatakan rasa terima kasih. Sampaikan penghargaanmu atas kesempatan yang mereka tawarkan.



4. Perhatikan etika

enting untuk menjaga etika dalam komunikasimu. Hindari komentar negatif atau tidak sopan terkait tawaran tersebut. Jangan pernah mengkritik perusahaan atau orang yang terlibat.

5. Sampaikan alasan penolakan dengan jelas

Sampaikan alasan penolakanmu dengan jelas dan tulus. Bisa jadi alasanmu adalah karena kamu sudah memiliki pekerjaan yang lain yang lebih sesuai atau alasan pribadi tertentu. Jangan berbohong atau memberikan alasan yang tidak benar.

6. Sampaikan apa yang kamu suka dari perusahaan tersebut

Jika ada aspek-aspek dari perusahaan tersebut yang kamu hargai atau suka, sampaikan ini dengan sopan. Ini dapat meningkatkan kesan positif tentangmu di mata perusahaan tersebut.

7. Tetap berhubungan baik dengan perusahaan

Meskipun kamu menolak tawaran mereka, tetaplah berhubungan baik dengan perusahaan. Ini mungkin belum saat yang tepat, tetapi di masa depan, kamu bisa saja melamar di sana lagi atau menjalin koneksi yang berharga dalam industri.

8. Pastikan tidak ada kesalahan penulisan

Pastikan pesan penolakanmu ditulis dengan benar dan tidak ada kesalahan tata bahasa atau ejaan. Ini membantu kamu menjaga kesan profesional.

Baca juga: Berapa gaji kasir indomaret?



Contoh Jawaban Menolak Tawaran Kerja Karena Sudah Bekerja

1. Contoh 1

“Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bergabung dengan perusahaan Anda. Saya sangat menghargai tawaran ini. Setelah pertimbangan yang mendalam, saya telah memutuskan untuk tetap berkomitmen dengan perusahaan saya saat ini dan tidak bisa menerima tawaran pekerjaan dari Anda. Saya sangat menghargai waktunya dalam proses seleksi ini dan harap semuanya berjalan baik di sisi Anda. Terima kasih lagi atas peluang ini.”

2. Contoh 2

” Saya ingin mengucapkan terima kasih atas tawaran pekerjaan yang diberikan kepada saya untuk posisi [Nama Posisi] di [Nama Perusahaan Anda]. Saya sangat menghargai kesempatan ini dan apresiasi waktu yang telah Anda habiskan untuk mempertimbangkan kandidat terbaik.

Setelah pertimbangan matang dan evaluasi lebih lanjut, saya ingin menyampaikan bahwa saya telah memutuskan untuk tetap berkomitmen dengan pekerjaan saya saat ini di [Nama Perusahaan Saat Ini Anda]. Keputusan ini bukanlah keputusan yang saya ambil dengan ringan, dan saya merasa sangat terhormat telah menerima tawaran pekerjaan dari [Nama Perusahaan Anda].

Saya sangat menghargai kesempatan yang telah diberikan kepada saya selama proses seleksi ini, dan saya sangat terkesan dengan [Nama Perusahaan Anda] serta visi dan nilai-nilai perusahaan. Saya berharap Anda akan mendapatkan kandidat yang sesuai dengan harapan Anda untuk posisi ini dan saya yakin [Nama Perusahaan Anda] akan terus berkembang dan sukses di masa depan.

Sekali lagi, terima kasih atas kesempatan ini, dan saya berharap Anda semua sukses dalam upaya Anda. Semoga kita memiliki kesempatan untuk berpapasan di masa depan.”

3. Contoh 3

“Terima kasih atas tawaran pekerjaan yang baik ini. Saya sudah memiliki komitmen dengan pekerjaan saya saat ini dan tidak dapat menerima tawaran ini. Semoga Anda dapat menemukan kandidat yang sesuai untuk posisi ini”


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.