10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Berikut Cara Mempromosikan Diri untuk Melamar Kerja

Cara mempromosikan diri untuk melamar kerja merupakan pembahasan paling ramai diperbincangkan. Itu semua akan sangat berpengaruh pada proses seleksi penerimaan karyawan baru pada perusahaan.

Setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda beda, tetapi tetap memiliki sedikit persamaan ketika melamar kerja. Misalnya dari ketentuan pelamar, berkas yang dibutuhkan, hingga proses tes.

Tetapi pada tahap interview, Anda harus mempersiapkan diri dengan sungguh sungguh. Karena itu semua adalah proses yang menentukan apakah diterima atau tidaknya di sebuah perusahaan.

Oleh kerena itu, membahas cara mempromosikan diri untuk melamar kerja pada tahap interview oleh pihak HRD. Berikut penjelasan secara lengkapnya yang bisa dijadikan sebagai acuan untuk belajar.

Cara Mempromosikan Diri untuk Melamar Kerja

Ketika Anda ingin diterima pada perusahaan yang diinginkan, tentunya harus mengetahui bagaimana proses penerimaan karyawan barunya. Bisa ditanyakan pada orang berpengalaman atau melalui media online.

Untuk memiliki peluang besar diterima oleh pihak HRD adalah mempertikan ketika diberikan kesempatan untuk berbicara. Terutama dalam mempromosikan diri untuk melamar kerja yang menarik dan meyakinkan. Ini ulasan lengkapnya.

  1. Sesuaikan Diri dengan Kebutuhan Perusahaan

Semua perusahaan memiliki kriteria dalam penerimaan karyawan baru, seperti hanya membuka lowongan dibidang operator produksi. Apabila Anda melamar dari selain operator produksi, maka ada kemungkinan lamaran kerja pelamar tidak akan diproses.

Ketika sudah masuk tahap interview, maka Anda harus memperhatikan kata kata promosi diri dalam bidang skill yang dimiliki. Pastikan sesuai dan mungkin bisa memajukan perusahaan dengan kemampuan yang Anda miliki.

Tentunya perusahaan akan lebih memilih pelamar dari segi kemampuan hard skill nya. Bisanya HRD akan melihat dari pengalaman bekerja atau pernah mengikuti beberapa acara yang tentunya bisa menguntungkan perusahaan tersebut.

  1. Tunjukan Keyakinan

Cara mempromosikan diri untuk melamar kerja berikutnya adalah membuat HRD itu yakin dengan diri Anda sendiri. walau itu semua bukan hal yang mudah. Tetapi bisa dilakukan dengan cara berlatih secara rutin.

Ceritakan capaian Anda atau bisa melampirkan sertifikat kemampuan, seperti dari badan nasional seritifikasi profesi. Kemudian juga harus menyampaikan dalam bahasa yang rapi dan sopan, sehingga membuat HRD tersebut ingin memiliki Anda sebagai karyawan.

Latihannya sangat mudah, cukup berbicara didepan cermin layaknya sedang berada di depan HRD. Susun bahasa yang akan digunakan saat interview berlangsung.

  1. Buatkan Poin Poin untuk Dibahas Pada Interview

Cara mempromosikan diri untuk melamar kerja nomer tiga adalah buatkan point point pembahasan untuk digunakan pada proses interview tiba. Anda bisa merangkai kata kata yang bagus dan bisa menjadi bahan acuan ketika berbicara didepan HRD.

Biasanya penyusunan kata kata pelamar saat interview adalah perkenalan diri, umur, lulusan dari mana, pengalaman, pencapaian. Pastinya sangat mudah untuk dipahami, karena Anda sendiri yang membuat kata kata tersebut. 

  1. Pahami CV atau Resume Anda

Cara mempromosikan diri untuk melamar kerja selanjutnya adalah pahami CV atau resume terlebih dahulu. 

Nantinya saat interview berlangsung akan memberikan pertanyaan seputar CV yang Anda buat itu. Pastikan pahami dengan deskripsi atau lainnya mengenai diri Anda yang sudah tercantum di CV tersebut.

Anda juga bisa membuatkan perencanaan pembahasan yang nantinya akan disampaikan ke pihak rekrutmen melalui isi dari CV tersebut. Oleh karena itu, ada baiknya jika membuat CV itu oleh diri sendiri, bukan orang lain.

  1. Gunakan Kata Kata yang Sopan dan Menarik 

Cara mempromosikan diri yang kelima adalah gunakan kata kata menarik dan sopan. Jadikan diri anda seorang profesional dan sangat minat untuk melamar diperusahaan tersebut.

Untuk menghasilkan kata kata yang sopan dan menarik dibutuhkan beberapa latihan untuk mencapainya. Karena pada dasarnya pihak rekrutmen akan menerima pelamar, apabila segan dan sesuai dengan keinginan perusahaan. 

  1. Tatap Mata atau Wajah HRD

Aspek ini paling penting dalam meyakinkan HRD bahwa diri anda itu siap dan minat melamar diperusahaan tersebut. Tatap wajah atau mata HRD untuk menyampaikan sesuatu atau menjawab dari pertanyaan rekrutmen, bisa juga melakukan senyuman.

Melamar kerja adalah suatu hal termudah apabila telah mengetahui beberapa aspeknya. Misalnya adalah Cara mempromosikan diri untuk melamar kerja.

Bagikan Artikel: