10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

cara melamar kerja jadi Dishub

Cara Melamar Kerja Jadi Dishub Lowongan Kerja Terbaru

Tahukah Anda bagaimana cara melamar kerja jadi Dishub yang bagi sebagian orang mungkin menjadi salah satu pekerjaan impian dan pekerjaan yang cukup menjanjikan. Apalagi bekerja di dinas perhubungan gajinya yang hampir sama dengan gaji Pegawai Negeri ditambah tunjangannya.

Dinas perhubungan atau yang biasa disingkat Dishub sendiri merupakan unsur pelaksana pemerintah daerah pada bidang perhubungan dipimpin oleh kepala dinas dan berkedudukan di bawah Bupati melalui Sekda. Kantor dinas perhubungan ini tersebar luas di seluruh Indonesia mulai dari dinas perhubungan kabupaten provinsi sampai dinas perhubungan pusat.

Cara Melamar Kerja Jadi Dishub

Untuk bisa melamar dan mendapatkan pekerjaan di dinas perhubungan sendiri caranya cukup mudah sama saja dengan melamar kerja di perusahaan atau di instansi tertentu. Walaupun merupakan kantor dan perusahaan yang berada di bawah pemerintahan namun Dishub berbeda dengan rekrutmen Pegawai Negeri, simak berikut ini cara melamar kerja jadi Dishub:

  1. Sesuaikan Kualifikasi dengan Lowongan Kerja di Dishub

Biasanya kantor dinas perhubungan daerah atau provinsi dan pusat membuka lowongan kerja dengan beberapa persyaratan tertentu. Maka dari itu bagi Anda yang ingin menjadi pekerja di dinas perhubungan harus menyesuaikan dengan persyaratan yang ada dan mengikuti tahapan proses seleksinya.

Karyawan di Dishub sendiri cukup beragam dan biasanya kualifikasi yang dibutuhkan menyesuaikan dengan lowongan ketika melamar kerja jadi Dishub. Misalnya untuk petugas administrasi biasanya membutuhkan pekerja dengan kualifikasi pendidikan pada bidang administrasi sejenis.

  1. Siapkan Berkas Persyaratan

Jika Anda sudah merasa sesuai dengan persyaratan yang diberikan oleh dinas perhubungan maka cara melamar kerja jadi Dishub Anda bisa langsung mengirimkan berkas-berkas lengkapnya. Berkas persyaratan untuk melamar kerja jadi Dishub sedikit berbeda dengan lamaran kerja pada umumnya.

Biasanya untuk pengiriman berkas-berkas lamaran kerja di Dishub sendiri menggunakan softcopy yang dikirim melalui email atau google formulir. Karena ada beberapa berkas tambahan seperti surat perjanjian atau surat keterangan yang bermaterai seperti surat pernyataan tidak mabuk perjalanan.

  1. Cari Info Lowongan Kerja

Untuk mendapatkan informasi lowongan kerja di Dishub Anda bisa langsung mencari informasi terbaru melalui website resminya. Atau Anda juga bisa mengunjungi sosial media resmi dari Dishub tempat Anda tinggal.

Syarat Umum Melamar Kerja Jadi Dishub

Selain cara melamar kerja jadi Dishub, ada beberapa persyaratan umum yang harus Anda penuhi sebelum melamar kerja di Dishub di antaranya: 

  1. Pelamar harus Warga Negara Indonesia atau WNI. 
  2. Kemudian pelamar harus bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa mempunyai akhlak dan moral yang baik serta setia dan taat kepada NKRI, pemerintahan yang berdasarkan pancasila dan undang-undang 1945.
  3. Selain itu pelamar juga tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat dari pekerjaan sebelumnya, memiliki jiwa yang jujur, integritas, inovatif, teliti, ramah dan bisa bekerja dalam tekanan. 
  4. Terakhir pelamar harus memiliki sehat jasmani dan rohani serta bersedia untuk bekerja dalam sistem shift dan tentunya harus bisa bekerja sama dalam tim.

Selain persyaratan umum ada juga persyaratan khusus yang disesuaikan dengan jabatan yang dibutuhkan oleh Dinas Perhubungan. 

  1. Misalnya untuk jabatan kepala divisi atau koordinator layanan membutuhkan kualifikasi pendidikan minimal S1 Transportasi atau Teknik Informatika dan sejenisnya.
  2. Selain itu pelamar juga harus mempunyai keterampilan atau pengalaman dalam melakukan koordinasi di lapangan dan pengalaman manajemen SDM minimal 2 tahun. Biasanya untuk persyaratan usia di dinas perhubungan menerima maksimal usia pelamar 40 tahun dan pelamar tidak dibatasi untuk gender tertentu.
  3. Selain itu cara melamar kerja jadi Dishub juga harus mempunyai berkas kelakuan baik seperti SKCK dari kepolisian, surat keterangan dokter resmi dan ketersediaan untuk mengikuti tahapan seleksi. 
  4. Ada satu persyaratan kualifikasi yang harus dipenuhi oleh pelamar yaitu harus mengembalikan biaya seleksi Rp 20 juta rupiah jika mengundurkan diri setelah lolos seleksi tahap akhir.
  5. Selain itu ada juga kualifikasi khusus untuk koordinator lapangan yaitu tidak mabuk perjalanan darat yang dituliskan dalam surat pernyataan bertanda tangan dan bermaterai. Tentunya persyaratan itu sangat relate dengan pekerjaan di dinas perhubungan yang memang selalu berkendara di lapangan.

Persyaratan-persyaratan yang dibebankan oleh Dinas Perhubungan intinya berbeda-beda untuk kategori lowongan pekerjaan lain. Contohnya untuk lowongan pekerjaan petugas administrasi membutuhkan kualifikasi pendidikan minimal D3 pada bidang manajemen dan sejenisnya dengan IPK minimal 3,00.

Namun untuk bekerja di Dinas Perhubungan ini memang membutuhkan pengalaman minimal 2 tahun dengan dilengkapi surat keterangan referensi dari perusahaan sebelumnya. Selain itu persyaratan lain hampir serupa satu sama lain dan harus Anda taati Anda juga harus memahami cara melamar kerja jadi Dishub.

Bagikan Artikel: