10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Cara Jitu Lolos Screening CV dengan Mudah

Cara jitu lolos screening CV kini menjadi hal yang sering dan banyak dicari. Hal ini dikarenakan kini banyak tidak disadari oleh para pencari  kerja bahwa dari 75 persen lamaran kerja langsung ditolak sebelum CV nya sampai di dalam meja recruiter.

Namun perlu untuk Anda ketahui juga bahwa sebelum CV yang Anda buat sampai ke meja recruiter wajib melewati sebuah proses ATS dahulu atau yang sering disebut dengan applicant tracking system.

Cara Jitu Lolos Screening CV yang Perlu Diperhatikan

Sebelum Anda mendaftar di dalam sebuah tempat atau lokasi pekerjaan, tentu harus ada beberapa macam syarat yang harus Anda penuhi. Selain Anda perlu menyerahkan berkas yang berupa fotokopi ijazah dan identitas.

Selain itu para pelamar juga akan diminta untuk melampirkan sebuah curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup. Tapi ternyata membuat curriculum vitae ini ternyata tidak mudah  dan harus memperhatikan cara jitu lolos screening CV. Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa digunakan agar kita bisa lolos dalam Curicullum Vitae.

  1. Pilihlah desain curriculum vitae yang sesuai dengan posisi yang akan Anda lamar

Terdapat banyak sekali jenis desain curriculum vitae yang bisa untuk Anda jadikan sebagai referensi ide kreatif. Jangan sampai desain CV yang Anda gunakan bersifat bertentangan dengan prinsip pada perusahaan tersebut, dan jangan sampai asal-asalan juga.

Sebagai contoh saja jika Anda melamar pekerjaan di sebuah perusahaan non formal yang berada di lingkungan alam. Maka cara jitu lolos screening CV yang seharusnya Anda buat juga bertema mengenai desain seputar alam.

Anda bisa juga membuat CV ini tanpa harus menggambarkan kepribadian yang Anda miliki. Hal sebaliknya apabila perusahaan yang Anda lamar adalah sebagai karyawan yang bertempat di perusahaan besar, pasti akan berbeda lagi.

Tentu CV yang harus Anda buat harus dibuat dengan menggunakan cara umum yang bersifat formal. Silahkan Anda jadikan referensi template curriculum vitae yang cocok dan juga bisa menggambarkan mengenai karakter dan juga posisi yang akan Anda lamar tersebut

  1. Buatlah curriculum vitae yang mudah dibaca

Cara jitu lolos screening CV yang kedua adalah silahkan pada saat pembuatan CV Anda menyusunnya dengan kata atau kalimat yang mudah untuk dibaca dan dipahami oleh siapapun. 

Semakin mudah CV itu dibaca, maka akan menjadi semakin baik juga penilaian seorang HRD yang menerima curriculum vitae tersebut. Gunakanlah layout yang simple dan menggunakan font jenis norma saja, jangan yang bervariasi aneh.

Cara jitu lolos screening CV jangan juga menggunakan jenis font yang bersifat seperti unik dan seni karena hal tersebut membuat tulisan menjadi sulit untuk dibaca. HRD tentu masih banyak yang akan diseleksi CV atas nama pendaftar lainnya juga, jadi jangan sampai Anda membuat CV yang membuat HRD tersebut mengabaikan CV Anda.

Gunakan saja jenis font yang standar yang mudah untuk dibaca oleh siapa saja. Kini juga sudah ada banyak jenis font gratis yang terdapat di internet dan bisa untuk Anda akses dan digunakan.

  1. Berikan tanda bold atau cetak tebal pada bagian yang dinilai penting

Cara jitu lolos screening CV yang ada pada poin ketiga ini sering sekali diabaikan oleh para pelamar kerja. Saat Anda melamar menggunakan CV pastinya banyak sekali info penting di dalamnya.

Oleh karena itu jika semua font menggunakan tulisan biasa tanpa tanda bold, maka HRD akan membutuhkan waktu lebih banyak untuk memeriksa CV Anda. Agar HRD bisa langsung cepat memeriksa CV Anda maka berilah tanda bold atau cetak tebal di dalam CV yang Anda buat tersebut.

Seperti Anda bisa memberi tanda bola pada posisi apa yang akan dilamar, cantumkan pengalaman kerja apa yang sebelumnya didapat. Beri tanda tebal juga pada skill atau kemampuan apa yang Anda bisa untuk menambah nilai jual pada diri Anda ketika melamar.

  1. Cantumkan beberapa fakta, jangan klaim mengenai kesuksesan pada diri Anda

Cara jitu lolos screening CV yang ke empat ini adalah silahkan untuk mencantumkan beberapa fakta yang ada pada diri Anda. Kini banyak pelamar yang memiliki beberapa pencapaian besar serta memiliki karakter yang baik juga.

Tapi hal tersebut jika disampaikan ke HRD harus dengan cara yang tepat. Anda perlu menghindari kalimat seperti ‘’saya adalah pekerja keras yang ambisius, tapi dapat bekerja sesuai target’’.

Jika Anda membuat curriculum vitae silahkan buat yang bisa mengakomodasi semua data data penting tentang dirimu. Usahakan apabila mencetak curriculum vitae dengan hal menarik dan perhatikan juga cara jitu lolos screening CV.

Bagikan Artikel: