cara follow up lamaran kerja

Cara Follow Up Lamaran Kerja Melalui Email dan WhatsApp

Setelah mengirimkan lamaran kerja, mungkin Anda merasa khawatir selama beberapa hari karena tak kunjung ada balasan. Hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan follow up lamaran kerja.

Melakukan follow up lamaran kerja berarti Anda menanyakan kejelasan lamaran yang sudah dikirimkan. Biasanya menindaklanjuti lamaran bisa dilakukan seminggu setelah lamaran kerja dikirim. Baik itu melalui email, atau job platform.

Melansir dari The Balance Careers, sebagian besar hiring manager setuju jika melakukan follow up dengan cara yang sopan dan profesional bisa membantu Anda untuk lebih menonjol dibandingkan pelamar lain.

Lalu, bagaimana cara follow up lamaran kerja baik itu melalui email atau WhatsApp? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Ketahui Kegunaan Amplop Lamaran Kerja

Tips Melakukan Follow Up Lamaran Kerja

Hal yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu adalah mengetahui tips follow up lamaran kerja agar sesuai dan profesional.

1. Lakukan di waktu yang tepat

Tips yang pertama adalah penting mengirimkan pesan tindaklanjut lamaran kerja di waktu yang tepat. Biasanya waktu yang bisa dilakukan adalah dua minggu setelah berkas lamaran kerja dikirimkan atau setelah interview.

Namun Anda juga bisa mengirimkan diwaktu yang disarankan oleh rekruter. Misalnya rekruter mengatakan akan dihubungi seminggu lagi, maka tunggu selama satu minggu kemudian baru bisa Anda lakukan follow up.

2. Gunakan email

Walaupun Anda bisa melakukan follow up menggunakan WhatsApp, namun menggunakan email akan lebih diutamakan. Hal ini karena tidak semua rekruter berkenan dihubungi melalui nomor pribadinya.

Meski begitu, Anda tetap bisa bertanya melalui WhatsApp jika memang diijinkan atau selama ini komunikasi yang dilakukan melalui WA saja.

3. Kirimkan pesan dengan sopan

Tips yang ini cukup penting untuk memberikan kesan yang profesional pada rekruter. Anda bisa memberikan awalan salam dan jangan lupa permintaan maaf untuk mengganggu waktu mereka.

Pesan dengan sopan bisa jadi akan menjadi pertimbangan oleh rekruter. Selain itu juga memberikan kesan bahwa Anda adalah kandidat yang profesional dan sopan.



4. Beri kesan jika Anda antusias

Selain untuk memberikan kesan sopan, Anda juga perlu memberikan kesan bahwa Anda antusias dan tertarik dengan posisi yang dilamar.

Hal tersebut bisa Anda tunjukkan melalui penggunaan kata-kata yang tepat, namun tetap terkesan formal. Anda juga bisa menuliskan harapan agar bisa bergabung di perusahaan tersebut dan berkontribusi.

5. Cek kembali sebelum dikirim

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan sebelum mengirim pesan follow up adalah mengecek kembali. Jika Anda menggunakan email, biasanya ada fitur pembatalan pesan setelah pesan terkirim. Ada baiknya Anda memastikan tidak ada kesalahan seperti typo sebelum mengirimkan pesan tersebut.

Cara Follow Up Lamaran Kerja

Jika Anda sudah mengirimkan berkas lamaran kerja ke beberapa perusahaan dan masih belum ada kabar, maka bisa melalukan follow up, berikut caranya.

1. Follow-up melalui email

Subjek: Follow Up Lamaran Pekerjaan – (Posisi Lowongan)

Kepada (Bapak/Ibu Nama Rekruter)

Saya telah mengirimkan berkas lamaran kerja ke perusahaan (nama perusahaan) pada (tanggal mengirimkan lamaran) untuk posisi (posisi pekerjaan).

Saya ingin memastikan jika berkas lamaran kerja saya telah diterima dan menanyakan kelanjutan mengenai proses rekrutmen untuk posisi tersebut. Saya sangat antusias untuk bisa bergabung di perusahaan tersebut.

Besar harapan saya bisa berkontribusi pada perusahaan karena (sebutkan alasannya). Jika Bapak/Ibu membutuhkan informasi lainnya, Anda dapat menghubungi saya melalui (alamat email).

Hormat saya,

(nama lengkap)

2. Follow up melalui WhatsApp

Selamat (pagi/siang), Bapak/Ibu (nama rekruter)

Maaf mengganggu waktunya. Perkenalkan saya (nama lengkap Anda), saya telah mengirimkan berkas lamaran kerja untuk posisi (nama posisi) di perusahaan (nama perusahaan).

Saya bertujuan untuk menanyakan mengenai kelanjutan proses rekrutmen di posisi tersebut. Besar harapan saya untuk mendapatkan kabar baik dan sesegera mungkin melakukan interview. Jika ada informasi lain yang dibutuhkan, Bapak/Ibu bisa menghubungi saya.

Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Salam,

(nama lengkap)

Itulah tips hingga cara follow up lamaran kerja yang bisa Anda lakukan baik melalui email atau WhatsApp.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.