10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

berapa gaji kurir anteraja

Berapa Gaji Kurir Anteraja dan Bagaimana Sistem Kerjanya?

Para pencari kerja perlu mengetahui berapa gaji kurir anteraja dan sistem kerja yang ditawarkan. Hal ini untuk mengukur apakah gaji yang ditawarkan cocok dengan kebutuhan. Selain itu dapat mengukur kemampuan diri dengan perusahaan tempat melamar.

Anteraja adalah perusahaan yang masih terbilang baru. Bergerak dalam bidang jasa pengiriman yang menawarkan kenyamanan dan kemudahan. 

Memiliki sistem yang lengkap dan memadai menjadikan Anteraja mampu memberikan jasa pengantaran ke seluruh wilayah Indonesia. Dengan ini, layanan jasa yang berdiri di 2019 itu bisa membuka lapangan kerja yang besar untuk para pencari kerja.

Ingin melamar di PT Tri Adi Bersama? Perusahaan ini tidak tanggung-tanggung dalam menawarkan berapa gaji kurir Anteraja. Walaupun baru berjalan dalam hitungan tahun, bayaran yang diberikan tidak kalah dibanding perusahaan besar.

Berapa Gaji Kurir Anteraja Terbaru?

Meskipun belum sebesar perusahaan ekspedisi lainnya, upah untuk karyawan Anteraja terbilang tinggi. Berkisar di angka 2 hingga 3 jutaan rupiah tergantung UMR setiap daerah. Berarti, bayaran pengantar paket di setiap daerah akan berbeda.

Anteraja tidak hanya memberikan gaji pokok saja. Setiap pekerja akan mendapatkan tambahan penghasilan dari bonus dan beberapa tunjangan. Berarti gaji yang diperoleh setiap bulannya adalah akumulasinya. Rincian berapa gaji kurir anteraja yang diperoleh yaitu:

  1. Gaji pokok yang diberikan tergantung upah minimum daerah. Namun masih ada beberapa daerah yang mendapatkan upah di bawah UMR.
  2. Jika memenuhi target, perusahaan akan memberikan insentif pengiriman.
  3. Karena pengantaran paket menggunakan kendaraan, pekerja juga akan diberikan biaya perawatan motor.
  4. Para karyawan pengantaran barang juga memperoleh uang makan dan uang transport.

Di setiap waktu penerimaan gaji, semuanya akan ditotal untuk kemudian diserahkan kepada karyawan. Jadi bisa disimpulkan bahwa berapa gaji kurir anteraja yang diterima tidak sama.

Bagaimana Sistem Kerja di Anteraja?

Menjadi karyawan di perusahaan ini tidak hanya bertugas mengantarkan paket kepada konsumen saja. Ada beberapa hal lain yang juga jadi tugas dari tim pengantar paket. Perbedaan cara kerja karyawan dibedakan berdasarkan jenis kurir dan jam kerja.

Secara umum, seluruh pengantar akan bekerja tanpa libur mulai dari hari Senin sampai Minggu. Pengantar paket akan bekerja 12 jam sehari dengan pengaturan jadwal tergantung jam kerja Anteraja.

Namun, untuk kurir ekspedisi akan bekerja 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Penentuan shift ekspedisi, berapa gaji kurir antareja dan sistem kerja sudah ditetapkan oleh perusahaan.

Apa Saja Tugas Tim Pengantaran Paket Ini?

Sama seperti pekerja pengantaran paket di seluruh penyedia jasa antar barang, tugas pokok nya adalah mengantarkan barang ke alamat konsumen. Tugas utama para pengantar berdasarkan jenisnya yaitu:

1. Pekerjaan Kurir Sprinter

Pengantar jenis ini bekerja menggunakan kendaraan roda dua selama operasional kerjanya. Tugas utamanya adalah mengambil paket dari pengiriman dan membawa ke kantor cabang Anteraja. 

Setelah paket dipisah-pisahkan, kurir sprinter juga bertugas memastikan barang kiriman sampai di alamat penerima.

2. Tugas Kurir Ekspedisi

Pekerjaan lebih berat akan dilakukan pekerja ini. Jika menjadi kurir ekspedisi berarti akan mengantarkan paket dari satu cabang ke cabang lain dalam jumlah besar. 

Sehari-harinya, kendaraan operasional ekspedisi ini menggunakan mobil karena mengangkut banyak barang. Selain mencari tahu berapa berapa gaji kurir anteraja, ketahui juga tugas yang harus dikerjakan. Diantaranya:

  • Menyediakan formulir dengan detail pengiriman paket.
  • Menolong proses pemisahan barang konsumen saat diperlukan.
  • Mengantarkan paket konsumen ke alamat penerima.
  • Menata sendiri paket yang akan diantarkan dengan rapi ke kendaraan masing-masing.
  • Diharuskan mengantarkan paket dalam 1 hari kerja sesuai dengan list yang sudah disiapkan ke alamat tujuan.
  • Setelah barang sampai di alamat penerima, lakukan ceklis untuk kemudian diinput ke database.

Setiap karyawan akan memiliki kewajibannya sendiri. Maka perlu untuk mengetahui gambaran pekerjaan sebelum melamar ke Anteraja. Secara keseluruhan, prosedur kerja dari pengantar paket yaitu:

  • Masuk kerja sesuai shift yang sudah ditentukan dan mengisi absensi.
  • Mengikuti briefing pagi untuk memperoleh pembagian target pengiriman paket. Biasanya setip pengantar sudah memperoleh bagian daerah dan target masing-masing.
  • Membawa panduan pengiriman barang yang hendak diantarkan.
  • Menyusun paket ke kendaraan masing-masing dengan hati-hati.
  • Mengantarkan barang ke alamat tujuan sampai selesai.
  • Menyelesaikan target pengiriman harian.
  • Beri tanda pada alamat yang sudah diantarkan, kemudian menyerahkan formulir serta menginput pekerjaan ke database Anteraja.

Menjadi pengantar paket merupakan salah satu pekerjaan yang digemari saat ini. Selain karena jam kerjanya yang cukup fleksibel, juga tidak memerlukan keahlian khusus. 

Sebelum melamar kerjaan ke perusahaan jasa pengiriman, selain mengetahui cara kerjanya, sebaiknya temukan dulu berapa gaji kurir anteraja.

Bagikan Artikel: