apakah bisa daftar bumn dan cpns bersamaan

Apakah Bisa Daftar BUMN dan CPNS Bersamaan?

Untuk lulusan perguruan tinggi atau yang sedang ingin melakukan career switch biasanya bingung ketika dihadapkan ingin mengikuti BUMN atau CPNS. Sedangkan kebetulan sekali bahwa pendaftaran BUMN dan CPNS 2024 dilakukan secara bersamaan.

Baik itu CPNS atau BUMN, keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Banyak juga yang menilai kedua pekerjaan tersebut cukup menjanjikan karena sudah terjamin oleh negara. Lalu, apakah bisa daftar BUMN dan CPNS 2024 secara bersamaan? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Berapa Passing Grade CPNS 2024 untuk Lolos ke Tahap Selanjutnya?

Apakah Bisa Daftar BUMN dan CPNS Bersamaan?

Jika menurut Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN) Nomor 5 Tahun 2014, karyawan BUMN dilarang untuk melamar CPNS. Akan tetapi, dengan adanya aturan baru yaitu Undang-Undang ASN Nomor 20 Tahun 2023, hal tersebut mengalami perubahan.

Dengan adanya aturan baru tersebut memungkinkan pemindahan tenaga kerja antar instansi pemerintah, dalam hal ini termasuk BUMN, Polri/TNI dan Pemerintah Daerah. Dalam kata lain, secara teori BUMN memiliki peluang untuk melamar menjadi PNS.

Dokumen Apa yang Dibutuhkan CPNS dan BUMN

1. Dokumen pendaftaran CPNS

  • Ijazah terakhir, STR atau serdik
  • KTP atau kartu tanda penduduk
  • Pas foto terbau dengan latar belakang merah
  • Surat lamaran
  • Kartu keluarga (KK)
  • Transkrip nilai
  • Swafoto
  • Surat penugasan guru (untuk THK 2)
  • Dokumen lain yang sesuai dengan ketentuan jenis seleksi dan instansi yang dituju.

2. Dokumen persyaratan BUMN 2024

  • Foto profil diri secara formal
  • Ijazah atau surat keterangan lulus
  • Transkrip nilai
  • SKCK
  • KTP
  • Dokumen pendukung lainnya seperti sertifikat prestasi, sertifikat kompetensi, sertifikat Bahasa Inggris, surat rekomendasi dan yang lainnya.


Cara Daftar CPNS untuk Karyawan BUMN

Bagi Anda yang sudah menjadi karyawan BUMN dan ingin mendaftar menjadi CPNS, sebenarnya proses pendaftaran sama saja dengan pelamar umum, yaitu sebagai berikut:

  1. Membuat akun SSCASN
  2. Melengkapi biodata dan data diri
  3. Memilih instansi dan jabatan
  4. Mengunggah beberapa dokumen persyaratan yang diminta
  5. Membayar biaya pendaftaran
  6. Mengikuti seleksi administrasi
  7. Mengikuti seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
  8. Mengikuti seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

Keuntungan Mendaftar BUMN dan CPNS Bersamaan

Ada berbagai macam keuntungan jika melamar baik itu BUMN atau CPNS secara bersamaan, seperti:

1. Memperluas peluang karir

    Dengan mendaftar di dua instansi sekaligus, Anda juga memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan. Hal ini tentunya sangat berguna, terutama bagi Anda fresh graduate yang baru saja ingin memulai karir.

    2. Ada berbagai macam posisi

    Baik itu CPNS atau BUMN, keduanya memiliki berbagai macam posisi yang menarik dengan persyaratan dan kualifikasinya masing-masing.

    Anda bisa memilih formasi atau posisi yang paling dimintai dan juga sesuai bakat.

    3. Meningkatkan keuntungan dan kesejahteraan

    Baik itu BUMN dan CPNS, keduanya menawarkan gaji serta tunjangan yang kompetitif. Selain itu, Anda juga berhak atas berbagai macam tunjangan, misalnya tunjangan pensiun hingga cuti.

    Itulah beberapa hal penting yang bisa Anda perhatikan mengenai apakah bisa daftar BUMN dan CPNS bersamaan, mengingat pendaftaran keduanya dilakukan di bulan yang sama.


    Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

    Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

    Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.