apa itu tmt cpns

Apa Itu TMT CPNS? Pentingkah?

Ketika Anda sudah melewati serangkaian seleksi CPNS, kemudian diumumkan bahwa Anda lolos, maka akan mendapatkan SK atau Surat Keputusan.

Lalu, apa yang dimaksud dengan TMT dan seberapa penting hal tersebut bagi Aparatur Sipil Negara?

Baca juga: Persyaratan CPNS Kemenkumham 2024: Syarat Umum dan Cara Daftarnya

Apa itu TMT CPNS?

TMT adalah singkatan dari Terhitung Mulai Tanggal. Jika dilihat dalam konteks CPNS lagi, TMT menjadi penunjuk tanggal resmi Anda akan mulai bertugas sebagai ASN atau Aparatur Sipil Negara.

Dalam kata lain TMT menjadi tanda awal masa kerja Anda sebagai pegawai negeri sipil atau PNS.

Tanggal tersebut nantinya, akan tercantum pada Surat Keputusan atau SK pengangkatan yang diterbitkan oleh instansi pemerintah terkait yang Anda lamar atau tempat di mana Anda diterima.

Fungsi Penting TMT CPNS

TMT bisa dikatakan penting karena ada beberapa fungsi penting seperti:

  • Sebagai tanda dimulainya kontrak kerja: TMT CPNS menjadi dasar ditetapkannya hak dan kewajiban Anda sebagai CPNS. Hal ini berarti Anda sudah terikat dengan kontrak kerja instansi pemerintah terkait. Walaupun masih belum resmi menyandang gelar sebagai PNS.
  • Mengelola Administrasi Kepegawaian: TMT CPNS akan digunakan untuk mengelola administrasi kepegawaian, misalnya penugasan, penempatan, hingga mutasi CPNS.
  • Menghitung masa kerja: TMT CPNS akan menjadi titik awal bagaimana perhitungan masa kerja sebagai PNS. Masa kerja ini akan berhubungan dengan kenaikan pangkat, tunjangan dan yang lainnya.

Mengapa TMT CPNS Penting Diperhatikan?

TMT CPNS memang cukup penting diperhatikan, mengapa?

  • Kenaikan pangkat: biasanya lama masa kerja ASN akan dihitung berdasarkan TMT. Semakin awal TMT, maka akan semakin awal juga masa kerja yang dikumpulkan sampai waktunya pensiun nanti.
  • Gaji dan tunjangan: walaupun gaji pokok ASN ditetapkan berdasarkan pangkat dan golongan, ada beberapa jenis tunjangan yang bisa dipengaruhi oleh lama masa kerja. Jika semakin lama masa kerja (berdasarkan TMT), akan semakin besar juga potensi menerima tunjangan tersebut.
  • Cuti tahunan: ASN berhak untuk mendapatkan jatuh cuti tahunan jika sudah memenuhi syarat lama masa kerja tertentu. TMT akan memberikan Anda kesempatan lebih besar untuk bisa menikmati cuti tahunan.
  • Pensiun: biasanya, lama masa kerja ASN akan dihitung berdasarkan TMT. Jika semakin awal masa TMT maka masa kerja yang dikumpulkan sampai waktunya pensiun.

Di mana Informasi TMT CPNS Dapat Ditemukan?

Biasanya, informasi TMT akan dicantumkan dalam Surat Keputusan (SK) Pengangkatan CPNS yang Anda. Oleh karena itu, periksa secara teliti bagian tanggal penetapan SK tersebut. Tanggal tersebut biasanya akan menjadi acuan TMT Anda sebagai ASN.



Apa yang Harus Dilakukan Jika Ada Kesalahan pada TMT di SK Pengangkatan?

Walaupun kesalahan pada SK Pengangkatan jarang terjadi, namun bisa saja hal tersebut terjadi pada Anda. Untuk itu, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, seperti:

1. Menghubungi bidang kepegawaian instansi tempat Anda diterima

Pertama yang perlu Anda lakukan adalah sampaikan jika ada ketidaksesuaian TMT tersebut pada SK Pengangkatan CPNS ke bidang kepegawaian di instansi Anda diterima. Nantinya instansi tersebut memiliki prosedur sendiri untuk melakukan perbaikan.

2. Siapkan bukti pendukung

Sangat penting juga untuk memberikan bukti pendukung jika terjadi kesalahan pada TMT. Misalnya surat panggilan untuk melanjutkan pendidikan prajabatan yang tertera tanggal mulai pelatihan.

3. Tetap tenang dan sopan

Memperbaiki kesalahan administrasi biasanya memang menjengkelkan dan cukup merepotkan, akan tetapi tetaplah berkomunikasi dengan sopan dan tenang pada pihak instansi. Sampaikan maksud Anda dengan jelas serta berikan kesempatan pada mereka menjelaskan prosedur perbaikannya.

Itulah beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan jika lolos seleksi CPNS dan mendapatkan TMT CPNS di mana hal tersebut sangat penting.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.