10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

tips menjawab pertanyaan tentang problem solving saat interview

Tips Menjawab Pertanyaan Tentang Problem Solving Saat Interview

Tips menjawab pertanyaan tentang problem solving saat interview yang bisa dilakukan salah satunya menggunakan metode STAR. Metode tersebut banyak dimanfaatkan oleh pelamar untuk menjawab berbagai jenis pertanyaan.

Pelamar juga bisa menerapkannya untuk menjawab pertanyaan seputar problem solving saat wawancara kerja dilakukan. STAR sendiri merupakan respons yang diberikan pelamar berdasarkan perilaku maupun pengalaman masing-masing.

Biasanya rekruter juga memanfaatkan teknik tersebut untuk menganalisis pekerjaan dan menentukan keterampilan seseorang sebelum mempekerjakan mereka. Dengan begitu, rekruter dapat mengetahui kualitas pekerjaan seorang karyawan.

Tidak hanya itu, rekruter memberikan pertanyaan tersebut karena ingin menilai seseorang berdasarkan pengalaman problem solving mereka. Dengan begitu, rekruter dapat menentukan apakah keterampilan dan pengalaman pelamar sesuai kebutuhan perusahaan.

Tips menjawab pertanyaan tentang problem solving saat interview menggunakan STAR juga sangat mudah diterapkan oleh pemula. Sebelumnya, Anda perlu memahami terlebih dahulu konsep dari metode tersebut.

STAR merupakan kependekan dari Situation, Task, Action dan Result yang akan membantu pelamar menjawab pertanyaan saat interview. Untuk lebih jelaskan lagi, berikut informasi menjawab pertanyaan menggunakan STAR.

Tips Menjawab Pertanyaan Tentang Problem Solving Saat Interview dengan Memanfaatkan Metode STAR

Setiap konsep pada STAR memiliki manfaat dan tujuan masing-masing. Situation pada metode ini menjelaskan situasi, kasus, atau masalah yang pernah Anda hadapi ketika melakukan sebuah pekerjaan.

Kemudian, Task menjelaskan tugas atau tanggung jawab yang dapat Anda ambil dalam situasi tersebut. Action merupakan tindakan yang menjelaskan bagaimana solusi diimplementasikan pada masalah tersebut.

Terakhir yaitu Result yang menunjukkan hasil dari pengimplementasian metode. Dalam konsep ini, Anda akan melihat bagaimana hasil pemecahan masalah berhasil dilakukan dengan baik atau sebaliknya.

Melalui empat konsep dalam metode tersebut, maka kandidat akan lebih mudah menjawab pertanyaan. Secara lebih lanjut berikut tips menjawab pertanyaan tentang problem solving saat interview menggunakan STAR.

  1. Menjelaskan Situasi Permasalahan

Langkah pertama dalam menggunakan metode ini adalah menjelaskan situasi yang Anda hadapi dalam sebuah permasalahan. Hal ini dapat memberikan gambaran masalah apa saja yang pernah dihadapi pada rekruter.

Anda bisa memberikan satu contoh masalah yang pernah dihadapi dan pastikan untuk menjelaskannya secara rinci. Anda juga bisa memberikan alasan mengapa hal tersebut menjadi sebuah masalah.

  1. Menjelaskan Tanggung Jawab atau Tugas

Tips menjawab pertanyaan tentang problem solving saat interview kedua yaitu menjelaskan tanggung jawab atau tugas saat masalah terjadi. Anda bisa menjabarkan apa saja wewenang saat masalah tersebut muncul.

Hal ini akan menggambarkan bagaimana pelamar telah menjalankan tanggung jawab dan tugasnya dengan baik atau sebaliknya. Dengan begitu, rekruter dapat menilai kinerja pelamar berdasarkan kepribadian mereka dalam menjalankan tugasnya.

  1. Tindakan atau Solusi yang Diambil

Tips menjawab pertanyaan tentang problem solving saat interview berikutnya yaitu, Anda bisa menjelaskan bagaimana memecahkan masalah tersebut. Ceritakan strategi apa saja yang diambil untuk menyelesaikannya.

Kemudian, jelaskan juga apakah setiap strategi berhasil membantu masalah terpecahkan atau sebaliknya. Selain itu, Anda juga tidak perlu takut menceritakan kepada rekruter jika pemecahan masalah dibantu oleh orang lain.

Dengan meminta bantuan orang lain, maka pelamar menunjukkan sisi kerja sama yang baik dalam menyelesaikan masalah. Maka, rekruter dapat meyakini bahwa kepribadian Anda dalam problem solving bersama tim sangat baik.

Tidak hanya itu, pada tahapan ini ada baiknya Anda juga jujur berkaitan dengan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Anda bisa menjelaskan kelebihan dan bagaimana memanfaatkannya untuk menyelesaikan masalah.

Kemudian, Anda juga bisa menceritakan kelemahan saat menyelesaikan sebuah masalah. Tambahkan juga bagaimana Anda mengatasi kelemahan tersebut agar tetap menjaga produktivitas dalam bekerja dan mengatasi berbagai masalah pekerjaan.

  1. Hasil Penerapan Metode

Tips menjawab pertanyaan tentang problem solving saat interview terakhir adalah menjelaskan hasil yang didapatkan dari penerapan metode. Tahap ini akan menentukan bagaimana keberhasilan problem solving Anda.

Hasil akan memberikan gambaran bagaimana kemampuan problem solving Anda mulai dari identifikasi masalah hingga pencarian solusi berhasil dilakukan atau sebaliknya. Pastikan ceritakan masalah yang berhasil diselesaikan dengan baik.

Akan tetapi, meskipun masalah belum terselesaikan secara sempurna, Anda tetap bisa menceritakannya. Anda tidak perlu khawatir karena rekruter tentu tetap akan mempertimbangkan poin lain yang dilakukan dalam penerapan metode.

Dengan menggunakan metode STAR, Anda akan semakin terbantu ketika menjawab pertanyaan rekruter. Tips menjawab pertanyaan tentang problem solving saat interview di atas juga bisa menambah value pelamar di mata rekruter.

Bagikan Artikel: