contoh soal psikotes SMA

29 Contoh Soal Psikotes SMA Untuk Latihan Sebelum Penjurusan

Tes psikotes memang kerap digunakan sebagai syarat ketika memasuki jenjang sekolah menengah Atas atau SMA. Banyak Sekolah menengah atas yang telah menerapkan Tes Psikotes SMA untuk menentukan jurusan sesuai dengan minat siswa. Tak hanya itu, psikotes SMA juga kerap digunakan untuk mengetahui tingkat intelektual siswa.

Seperti yang sama sama diketahui, seorang siswa SMA harus memilih penjurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuannya. Dimana terdapat 3 jurusan yang bisa dipilih yaitu jurusan IPA, IPS, dan bahasa. Saat ini mungkin hanya IPA atau (Matematika Ilmu Alam) MIA dan IPS atau (Ilmu Ilmu Sosial) IIS yang menjadi pilihan untuk siswa SMA.

Ada banyak contoh soal psikotes SMA yang bisa kamu coba kerjakan. Psikotes SMA Terdiri dari dua jenis yaitu Tes Verbal berupa kemampuan terkait dengan kosakata & Tes Numerik yang berkaitan dengan tes matematika. Berikut beberapa contoh soal psikotes SMA:

Contoh Soal Psikotes SMA Verbal

Tes Persamaan Kata Atau Sinonim
1. Mandi = …
Correct Answer: C
2. Matahari = …
Correct Answer: B
3. Buku = …
Correct Answer: D
4. Altruisme = …
Correct Answer: C
5. Empati = …
Correct Answer: B
6. Rezim = …
Tes Lawan Kata atau Antonim
1. Cepat = …
Correct Answer: A
2. Gelap = …
Correct Answer: A
3. Kecil = …
Correct Answer: A
4. Bahagia = …
Correct Answer: A
5. Terbuka = …
Correct Answer: A
6. Lemah = …
Correct Answer: A
7. Besar = …
Correct Answer: A
8. Penuh = …
Correct Answer: A
9. Tinggi = …
Correct Answer: A
Tes Logika
10. PEKERJAAN : MASALAH : FRUSTASI = ….
Correct Answer: C
11. KESEHATAN : PENYAKIT : OBAT = ….
Correct Answer: C
12. MUSIK : NOT : INSTRUMEN = ….
Correct Answer: A
13. HUJAN : BASAH : PAYUNG = ….
Correct Answer: B
14. MATA : MELIHAT : TELINGA = ….
Correct Answer: D
15. KARANTINA : ISOLASI : WABAH = ….

Contoh Soal Psikotes SMA Numerik

1. Jika 3x + 7 = 16, maka nilai x adalah:
Correct Answer: C
2. Jika 4/5 dari sebuah bilangan adalah 60, bilangan tersebut adalah:
Correct Answer: B
3. Sebuah segitiga memiliki panjang sisi a = 6, b = 8, dan c = 10. Segitiga tersebut adalah segitiga:
Correct Answer: A
4. Harga sebuah barang awalnya Rp 800.000 dan kemudian mendapatkan diskon 15%, berapa harga barang tersebut setelah diskon?
Correct Answer: C
5. Jika 2/3 dari sebuah bilangan adalah 36, bilangan tersebut adalah:
Correct Answer: B
6. Sebuah lingkaran memiliki jari-jari 10 cm. Berapakah luas lingkaran tersebut?
Correct Answer: C
7. Jika 5x – 3 = 22, maka nilai x adalah:
Correct Answer: C
8. Jika 3/4 dari sebuah bilangan adalah 48, bilangan tersebut adalah:
Correct Answer: D
9. Sebuah segitiga memiliki panjang sisi a = 7, b = 24, dan c = 25. Segitiga tersebut adalah segitiga:
Correct Answer: A
10. Harga sebuah barang awalnya Rp 600.000 dan kemudian mendapatkan diskon 25%, berapa harga barang tersebut setelah diskon?
Correct Answer: C
11. Jika 2/3 dari sebuah bilangan adalah 48, bilangan tersebut adalah:
Correct Answer: B
12. Sebuah lingkaran memiliki jari-jari 12 cm. Berapakah keliling lingkaran tersebut?
Correct Answer: B
13. Jika 6x – 5 = 25, maka nilai x adalah:
Correct Answer: C
14. Jarak antara dua kota adalah 240 km. Jika ditempuh dengan mobil dengan kecepatan 80 km/jam, berapa lama perjalanan ditempuh?

Fungsi Psikotes SMA

Murid sekolah menengah atas mungkin diminta untuk menjalani tes psikotes karena alasan-alasan berikut:

1. Penjurusan

Di banyak sistem pendidikan, siswa di sekolah menengah atas harus memilih jurusan atau program studi tertentu, seperti IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) atau IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Tes psikotes dapat membantu sekolah untuk memahami minat, potensi, dan keterampilan siswa sehingga mereka dapat memberikan saran yang lebih baik tentang jurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuan siswa.



2. Penentuan Kelas atau Kelompok Belajar

Beberapa sekolah menggunakan tes psikotes untuk menempatkan siswa dalam kelas atau kelompok belajar yang sesuai dengan tingkat kemampuan mereka. Ini membantu memastikan bahwa siswa mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan tingkatnya.

3. Landasan Bimbingan Karir

Tes psikotes juga dapat digunakan untuk memberikan dorongan dalam pengambilan keputusan karir siswa. Hasil dari tes ini dapat membantu siswa memahami minat dan bakat mereka sendiri, yang dapat memengaruhi pilihan karir di masa depan.

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

4. Memberikan Insight Kepribadian yang Perlu di Perbaiki

Tes psikotes dapat memberikan wawasan tentang aspek kepribadian dan kemampuan individu yang mungkin perlu diperbaiki atau dikembangkan. Ini dapat membantu siswa dalam pengembangan pribadi dan pemahaman diri.

3. Identifikasi Masalah

Tes psikotes juga dapat membantu dalam mengidentifikasi masalah psikologis atau emosional yang mungkin memengaruhi kinerja akademik atau kesejahteraan siswa. Hal ini dapat memungkinkan sekolah untuk memberikan dukungan atau bantuan yang diperlukan.

Penting untuk dicatat bahwa tes psikotes seharusnya tidak hanya digunakan untuk menilai siswa secara singkat atau menyederhanakan potensi mereka. Penggunaannya sebaiknya dalam konteks yang lebih luas dan dipadukan dengan informasi lain, seperti catatan akademik dan wawancara dengan siswa, untuk memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang siswa dan membantu mereka mencapai potensi terbaik mereka dalam pendidikan.

Perbedaan Tes Psikotes SMA dengan Umum

Tes psikotes untuk siswa sekolah menengah atas dan tes psikotes umum memiliki kesamaan dalam prinsip penggunaannya untuk mengukur aspek psikologis individu, tetapi terdapat beberapa perbedaan dalam konteks dan fokusnya:



1. Perbedaan Dalam Konteks Penggunaan

Tes psikotes umum dapat digunakan dalam berbagai konteks, seperti dalam seleksi karyawan, penilaian kesehatan mental, penelitian psikologis, dan penilaian individu di berbagai usia. Berbeda dengan Tes psikotes SMA yang biasanya digunakan dalam konteks pendidikan.

Tujuannya adalah membantu siswa dalam pengambilan keputusan pendidikan, penjurusan, atau penempatan di tingkat pendidikan yang sesuai.

2. Pengukuran

Tes psikotes umum dapat mengukur berbagai aspek psikologis, termasuk kepribadian, kecerdasan, keterampilan, minat, dan kesehatan mental. Sementara Tes psikotes SMA cenderung lebih berfokus pada aspek-aspek tertentu yang relevan dengan pendidikan, seperti kemampuan akademik, minat jurusan, potensi belajar, dan pemahaman diri dalam konteks pendidikan.

3. Isi Soal

Isi konten dan soal tes psikotes umum dapat sangat bervariasi tergantung pada tujuan dan aspek yang diukur. Tes ini bisa berupa tes tertulis, tes wawancara, atau tes komputer. Sementara sesain dan konten tes psikotes untuk siswa biasanya lebih terkait dengan kebutuhan pendidikan, seperti tes kemampuan akademik, tes minat jurusan, atau tes keterampilan khusus.

Meskipun ada perbedaan ini, penting untuk diingat bahwa tes psikotes harus dilakukan dengan hati-hati dan sesuai dengan pedoman etika yang berlaku, terlepas dari konteks penggunaannya. Keamanan data pribadi dan hak privasi individu harus dijaga dengan cermat dalam penggunaan tes psikotes apa pun.

Tips Menghadapi Soal Psikotes SMA

Menghadapi psikotes sebagai seorang siswa SMA memerlukan persiapan mental dan praktis. Berikut adalah beberapa hal yang mesti Anda siapkan:

1. Istirahat yang Cukup

Pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup sebelum mengikuti psikotes. Kecukupan tidur akan membantu Anda merasa segar dan lebih fokus saat menghadapi tes.

2. Sarapan Sehat

Jangan melewatkan sarapan sehat pada hari tes. Makanan yang baik akan memberikan energi yang diperlukan untuk berpikir dengan baik selama psikotes.

3. Bawa Perlengkapan yang Diperlukan

Pastikan Anda membawa semua perlengkapan yang diperlukan, seperti pensil, penghapus, pensil warna (jika diperlukan), dan kalkulator (jika diperbolehkan). Periksa juga petunjuk khusus yang diberikan oleh penyelenggara tes.

4. Datang Tepat Waktu

Usahakan datang tepat waktu ke lokasi tes. Keterlambatan dapat menimbulkan stres yang tidak perlu.

5. Tenangkan Diri

Cobalah untuk tetap tenang dan jangan terlalu cemas. Respirasi dalam dan teknik relaksasi sederhana dapat membantu mengurangi kecemasan sebelum dan selama tes.

6. Fokus pada Soal

Ketika Anda mulai menjawab soal-soal, fokus pada setiap soal dengan seksama. Jangan terlalu terburu-buru, dan pastikan Anda memahami instruksi dengan baik sebelum menjawab.

7. Kelola Waktu dengan Baik

Perhatikan waktu yang diberikan untuk setiap bagian tes. Jika ada bagian yang sulit, jangan terlalu lama terpaku pada satu soal. Anda dapat kembali ke soal itu jika ada waktu tersisa.

8. Jujur dan Terbuka

Jujur dalam menjawab semua pertanyaan, terutama dalam tes kepribadian atau integritas. Jangan mencoba untuk menjawab sesuai dengan apa yang Anda pikir penyelenggara tes ingin dengar. Sebagian besar tes kepribadian memiliki mekanisme deteksi ketidakjujuran.

9. Jangan Terlalu Khawatir dengan Hasil

Ingatlah bahwa psikotes adalah alat untuk mengukur berbagai aspek, dan hasilnya tidak menentukan seluruh identitas atau kemampuan Anda. Cobalah untuk menjalani tes dengan sikap positif.

10. Ikuti Instruksi

Bacalah instruksi dengan cermat dan ikuti petunjuk yang diberikan oleh penyelenggara tes. Kesalahan sederhana seperti salah memahami instruksi dapat memengaruhi hasil.

11. Jangan Terlalu Stres

Stres adalah hal yang wajar, tetapi jangan biarkan stres menghambat kemampuan Anda dalam menjawab soal. Cobalah untuk mengelola stres dengan teknik relaksasi dan pernapasan dalam.

Selain itu, jika Anda memiliki pertanyaan khusus tentang psikotes yang akan Anda hadapi, Anda dapat berbicara dengan guru atau konselor sekolah Anda untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan dukungan. Ingatlah bahwa psikotes biasanya hanya satu komponen dalam proses penilaian, dan hasilnya akan digunakan bersama dengan informasi lain untuk membuat keputusan yang lebih besar.

Baca juga: 5 Cara Mengerjakan Psikotes Gambar Orang Dan Bagaimana Penilaiannya?


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!