10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

perbedaan interview user dan HRD

5 Hal Beberapa Perbedaan Interview User dan HRD

Banyak orang tidak mengetahui perbedaan interview user dan HRD terlebih pada fresh graduate. Padahal keduanya akan dilalui seseorang ketika melamar suatu pekerjaan di suatu perusahaan. Selain itu hal tersebut merupakan tahapan-tahapan dalam proses melamar pekerjaan.

Jika seseorang mengetahui perbedaannya bisa menjadi lebih siap dalam menghadapi hal tersebut. Interview sendiri memiliki tujuan untuk mengetahui karakter dari pelamar tersebut. Mulai dari pertanyaan soal data pribadi, pengalaman kerja, visi misi hidup, dan banyak pertanyaan lainnya.

Walau begitu ada beberapa perbedaan interview user dan HRD. Sebab keduanya memiliki fungsi yang juga berbeda. Untuk itu berikut ini pembahasannya.

Inilah Beberapa Perbedaan Interview User dan HRD

Sekilas keduanya memiliki kesamaan yaitu proses wawancara. Akan tetapi memiliki perbedaan mengenai pewawancara, waktu, tujuan, jenis pertanyaan lain-lainnya. Untuk pembahasannya bisa disimak di bawah ini.

1. Pewawancara

Perbedaan interview user dan HRD pertama adalah pewawancara. Dalam perusahaan dilakukan oleh HR ketika menjalani interview HRD. Sedangkan interview user yaitu ketika seseorang diwawancarai oleh calon atasan di tempat kerja tersebut.

Jumlah user saat wawancara akan berbeda pada setiap perusahaan. Akan tetapi umumnya ada 1 sampai 3 orang terlibat dalam interview. Namun dalam wawancara memiliki tugasnya masing-masing dalam menggali informasi pelamar.

2. Waktu Wawancara

Perbedaan interview user dan HRD selanjutnya yaitu urutan waktu wawancaranya. Di mana interview HRD dilakukan setelah pelamar melewati tahap seleksi awal. Di mana dalam prosesnya ada tes psikologi yang dilakukan psikotes untuk mengetahui kepribadian atau sikap dari calon tersebut.

Sementara itu, interview user merupakan tahap paling akhir pada wawancara lamaran pekerjaan. Di tahap ini, pelamar akan sangat dipertimbangkan serius oleh perusahaan untuk berada di tempat tersebut atau keputusan lainnya.

3. Tujuan Wawancara

Interview HRD memiliki tujuan untuk menilai kepribadian baik kelebihan dan kekurangan dengan posisi yang dilamar calon pekerja. Sehingga pertanyaannya tidak akan jauh-jauh mengenai hal tersebut. Kemudian jika layak dan cocok dengan perusahaan, selanjutnya pelamar akan dilanjutkan dengan interview user.

Interview user sendiri memiliki tujuan untuk menilai kepribadian seseorang dan menggali potensi kemampuan pada posisi lamaran. Mereka akan menggali potensi pelamar dan menyesuaikan apakah layak dan dibutuhkan. Sehingga pada tahap ini menjadi penentu pelamar diterima atau ditolak oleh perusahaan tersebut.

4. Jenis Pertanyaan

Perbedaan interview user dan HRD berikutnya mengenai jenis pertanyaan. Jika HRD menanyakan mengenai hal umum, maka sebaliknya user akan berfokus pada hal detail mengenai lamaran pekerjaan.

Pada interview HRD akan menanyakan beberapa hal yang bersifat umum. Pertanyaan yang mereka tanyakan seperti:

  • Pengetahuan dasar mengenai posisi lamaran kerja.
  • Bertanya pengalaman kerja serupa pernah dilakukan.
  • Kepribadian mulai dari latar belakang dan riwayat hidup yang pernah dikirimkan.
  • Pertanyaan tentang ekspektasi gaji dan kesanggupan dalam bekerja.

Kemudian, interview user biasanya akan lebih dalam lagi pertanyaannya ketimbang HRD. Beberapa gambaran tersebut secara umum seperti:

  • Pengetahuan teknis detail mengenai posisi yang dilamar.
  • Pengetahuan skill pelamar yang diasah atau dikuasi.
  • Penggambaran kondisi pekerjaan sebelumnya sebelum melamar di tempat tersebut.
  • Pencapaian dan hambatan selama melakukan pekerjaan sebelumnya.

5. Hal Perlu Disiapkan

Setelah mengetahui beberapa perbedaan interview user dan HRD. Selanjutnya yaitu hal perlu dipersiapkan dalam menghadapi kedua wawancara tersebut.

Pada interview HRD, pelamar perlu menguasai isi CV atau resume yang pernah dikirim. Ketika jawaban tidak konsisten, HR bisa mengindikasi bahwa pelamar sedang berbohong. Selain itu perlu mencari informasi umum mengenai perusahaan dan posisi lamaran tersebut.

Sedangkan untuk interview user, pelamar perlu mempersiapkan pengetahuan lebih dalam lagi. Sebagai contoh mengenai pengalaman sebelumnya sebelum bekerja di tempat tersebut. Pelamar bisa menceritakan hal unik dan menantang pada pengalaman yang pernah dilalui sebelumnya.
Nah, walau interview user dan HRD memiliki persamaan yaitu untuk menggali informasi pelamar. Akan tetapi memiliki beberapa perbedaan yang meliputi mulai dari pewawancara, waktunya, tujuan, jenis pertanyaan sampai hal perlu dipersiapkan. Semua itu menjadi perbedaan interview user dan HRD seperti sudah dijelaskan sebelumnya.

Bagikan Artikel: