10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Pertanyaan Motivasi Kerja Saat Interview dan Jawaban yang Tepat

Ada banyak pertanyaan seputar motivasi kerja saat interview perlu Anda jawab dengan tepat karena akan berpengaruh pada penentuan apakah pelamar merupakan kandidat terbaik atau sebaliknya.

Di era digital seperti sekarang ini mungkin Anda bisa mendapatkan informasi dengan mudah terkait lowongan pekerjaan yang bisa diikuti. Namun ada juga perlu memaksimalkan peluang untuk menjadi kandidat terpilih saat interview.

Tidak hanya perlu menyiapkan CV terbaik, ketika menghadiri wawancara kerja juga dibutuhkan persiapan matang terutama untuk menjawab pertanyaan seputar motivasi kerja saat interview nanti.

Seperti yang diketahui interview kerja merupakan salah satu tahapan seleksi kerja yang sangat penting dan merupakan kesempatan untuk mempromosikan diri kepada perekrut bawah pelamar merupakan kandidat terbaik.

Jadi, pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai beberapa jawaban terbaik untuk pertanyaan-pertanyaan motivasi saat kerja. Pertanyaan ini merupakan pertanyaan umum saat interview dan sering ditemukan para pencari kerja.

Pertanyaan Tentang Motivasi Kerja Saat Interview

Pertanyaan yang sering muncul bahkan bisa dikatakan template dari para perekrut adalah tentang “apa motivasi Anda bekerja di perusahaan ini?”, sebenarnya mudah saja untuk menjawabnya, cobalah menunjukkan ketertarikan pada perusahaan.

Jelaskan bahwa posisi yang Anda lamar sudah sesuai dengan skill dan latar belakang pendidikan bahkan Anda juga disarankan menceritakan tentang karir goals dan menghindari jawaban mengedepankan alasan pribadi.

Jawaban mengedepankan alasan pribadi, contohnya adalah ketika pelamar malah bercerita tentang keuangan Anda, masalah hidup dan lain-lain. Sebaiknya Pelamar menjawab pertanyaan tersebut dengan hal positif, seperti:

  1. Relevan dengan pekerjaan yang dilamar

Ketika pelamar mendapatkan pertanyaan tentang motivasi kerja saat interview, disarankan mencari jawaban relevan dengan bidang pekerjaan yang Anda pilih dan hindari mengatakan hal yang tidak sesuai dengan job desk, berikut contohnya:

“Saya tertarik di bidang modeling karena sudah sangat sesuai dengan hobi saya di mana saya adalah seseorang yang senang difoto dan cukup photogenic sehingga pekerjaan sebagai seorang model sangat cocok dengan saya”.

  1. Cobalah menyelipkan motivasi positif dan antusias

Pertanyaan mengenai motivasi kerja saat interview perlu dijawab dengan antusias dan penuh dengan hal-hal positif agar hal tersebut memberikan kesan baik pada rekruter, contohnya:

“Saya ingin memanfaatkan kemampuan saya ini untuk hal-hal baik dan nanti berharap memiliki banyak kontribusi untuk memajukan perusahaan, bersama rekan-rekan lain di tim”.

  1. Hindari jawaban yang memberikan kesan angkuh

Boleh saja jika pelamar menceritakan nilai plus atau kemampuan-kemampuan lainnya yang sudah pelamar miliki saat bekerja. Namun pastikan berada pada proporsi yang cukup dan tidak melebih-lebihkan.

Meskipun pelamar merupakan sosok yang serba bisa namun cobalah tidak terlalu menonjolkan atau membanggakan diri sendiri berlebihan karena hal tersebut bisa menyebabkan rekruter berpikir ulang.

“Sebenarnya saya adalah seseorang yang menyukai tantangan, namun juga sangat menyukai kerja sama tim, dengan begitu saya bisa menemukan hal baru yang  lebih menarik dan dapat memotivasi setiap harinya”.

Jawaban motivasi kerja saat interview di atas merupakan jawaban yang bisa Anda pilih Setelah Anda berusaha untuk memberikan informasi terhadap kelebihan atau nilai plus pada diri Anda.

Tips Menjawab Pertanyaan Interview Lainnya 

Biasanya rekruter juga meminta Anda untuk menceritakan tentang diri Anda, di sini perlu dilakukan adalah memperkenalkan diri, menceritakan background pendidikan serta pengalaman sebelumnya seperti kerja hingga magang atau organisasi.

Selain itu sering juga terdapat pertanyaan mengenai hobi, sebaiknya sebutkan hobi yang benar-benar disukai namun pilih hobi yang sesuai bahkan perlu dikaitkan dengan soft skill tertentu yang mendukung pekerjaan.

Pertanyaan selanjutnya terkadang mengenai info lowongan pekerjaan dan dari mana melamar mendapatkan info tersebut. Biasanya HRD menanyakan hal tersebut untuk mengetahui bagaimana para pelamar bisa membangun koreksi dan mencari informasi.

Cobalah menjawabnya dengan jujur, karena selain seputar pertanyaan tentang motivasi kerja saat interview, pertanyaan-pertanyaan yang terdengar sepele tersebut juga bisa menentukan besar kecilnya peluang Anda diterima oleh perusahaan.

Rakuter atau HRD biasanya juga menanyakan apa saja kelebihan pelamar, di sini Anda bisa menceritakan apa saja pengalaman berkaitan dengan posisi tanpa terkesan berlebihan dan jawab dengan jujur.

Jangan lupa pula untuk mengetahui tentang posisi tersebut, Apa saja tugas utama dan skill yang dibutuhkan, karena pertanyaan interview tidak semerta-merta hanya tentang motivasi kerja saat interview.

Bagikan Artikel: