30 Contoh Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Diri Saat Interview Kerja

Salah satu pertanyaan interview yang banyak ditanyakan pada kandidat adalah apakah kekurangan dan kelebihan Anda. Pertanyaan tersebut ditanyakan bukan tanpa maksud, namun bertujuan untuk melihat seberapa jauh kandidat mengerti dan paham dengan dirinya sendiri. 

Hal ini karena biasanya, selain diberi pertanyaan mengenai hal tersebut, kandidat juga diminta untuk mencari solusi dari kekurangan yang disebutkan. Misalnya jika Anda sebagai kandidat mengatakan bahwa kekurangan Anda sulit bekerja sama, maka akan ditanyakan lebih lanjut bagaimana cara untuk mengatasi masalah tersebut. Terutama jika nantinya Anda akan bekerja dengan berbagai macam divisi. 

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa cara untuk menjawab kelebihan dan kekurangan diri saat interview kerja dengan tepat.

Baca juga: Cara Membatalkan Interview Kerja Secara Profesional dan Contohnya

Contoh Menjawab Kelebihan Diri Saat Interview Kerja

1. Keterampilan negosiasi

Dalam dunia kerja, keterampilan ini sangat dibutuhkan terutama jika Anda masuk dalam divisi sales. Keterampilan ini bisa digunakan untuk bernegosiasi dengan mitra bisnis, klien, rekan kerja bahkan atasan. 

2. Berpikir kritis

Selain kemampuan untuk negosiasi, kemampuan berpikir kritis juga sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Kemampuan ini akan dibutuhkan untuk membantu menyelesaikan masalah baik di pekerjaan atau masalah secara sosial namun masih dalam ruang lingkup pekerjaan. Kemampuan ini juga penting terutama jika Anda melamar pada jenis pekerjaan yang membutuhkan analisis mendalam. 

3. Tepat waktu

Tidak hanya dipekerjaan saja, tepat waktu adalah kemampuan yang penting dikuasai semua orang. Jika Anda sudah terbiasa menjadi orang yang tepat waktu, maka Anda adalah seseorang yang menghargai waktu diri sendiri atau orang lain. 

Jika Anda terbiasa tepat waktu, perusahaan juga berharap Anda bisa menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu juga. 



4. Teliti

Cara menjawab kelebihan diri saat interview kerja yang selanjutnya adalah teliti. Pekerjaan dengan bidang apapun pasti membutuhkan ketelitian dalam bekerja. Terutama jika Anda melamar untuk pekerjaan yang membutuhkan detail seperti arsitektur, editor, engineer, hingga graphic designer. 

5. Suka belajar hal baru

Saat ini pekerjaan harus berlomba juga dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Banyak pekerjaan yang mulai bisa digantikan dengan mesin. Jika Anda ingin tetap mempertahankan pekerjaan, maka harus mau terus belajar hal baru. Selain menjelaskan mengapa, Anda juga bisa menjelaskan contoh hal baru apa saja yang sudah Anda pelajari. 

Misalnya sebagai content writer, Anda bisa menceritakan bahwa Anda juga belajar mengenai SEO, copywriting untuk menulis CTA dan artikel yang baik dan benar. 

6. Terorganisir

Terorganisir juga bisa menjadi kelebihan yang disukai perusahaan. Dengan kelebihan ini Anda akan dinilai menjadi orang yang rapi, bisa memperhatikan detail dengan baik sehingga pekerjaan bisa selesai dengan rapi dan tidak ada yang terlewat. 

7. Mudah beradaptasi

Dalam pekerjaan bisa saja terjadi perubahan yang mendadak. Baik dari segi bisnis hingga segi sosial guna mempertahankan perusahaan. Untuk itu kandidat yang bisa dengan mudah beradaptasi dengan budaya perusahaan akan lebih disukai. Anda bisa memberikan contohnya seperti perubahan alur kerja, perubahan model bisnis perusahaan atau perubahan pada alat kerja yang biasanya digunakan. 

8. Terbiasa menjadi pemimpin

Jika Anda sudah terbiasa menjadi pemimpin di sekolah, saat kuliah atau menjadi ketua kelompok, hal tersebut bisa dijadikan jawaban kelebihan diri saat interview kerja. Anda bisa menceritakan pengalaman memimpin seperti apa yang pernah dilakukan, misalnya menjadi ketua kelas, ketua panitia acara, ketua organisasi dan lainnya. 



9. Percaya diri

Contoh yang selanjutnya bisa Anda jawab ketika mendapat pertanyaan tersebut adalah percaya diri. Hal ini berarti Anda memiliki kepercayaan diri yang baik dengan diri sendiri. Coba sampaikan juga dengan bahasa tubuh yang sesuai agar tidak terkesan arogan dan sombong. Anda juga bisa memberikan contoh seperti merasa percaya diri ketika diminta untuk memberikan presentasi atau menjadi pembawa acara. 

10. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik 

Komunikasi menjadi hal yang penting ketika bekerja. Sampaikan pada perekrut jika Anda memiliki kemampuan komunikasi yang baik, seperti mendengarkan, menerima informasi, menyampaikan informasi hingga dapat berkomunikasi secara tertulis dengan baik. 

Jangan lupa untuk menyampaikan hal tersebut dengan bahasa yang tepat dan sesuai agar perekrut lebih yakin. 

11. Kreatif

Jika Anda bekerja di bidang kreatif, maka sudah pasti perekrut akan memastikan bahwa Anda termasuk orang yang kreatif. Hal ini karena pekerjaan Anda nantinya akan berhubungan dengan kreativitas sehingga Anda juga dituntut untuk memiliki kemampuan kreatif. 

12. Kemampuan berkolaborasi

Bisa saja ketika bekerja nanti Anda diminta untuk bekerja sama dengan tim lain atau teman kerja lain. Jika Anda tidak memiliki kemampuan kolaborasi yang baik, tentunya akan menyulitkan pekerjaan Anda. 

13. Jujur

Kemampuan yang satu ini tidak hanya dibutuhkan di pekerjaan saja, namun juga di kehidupan sehari-hari. Jelaskan contohnya kepada rekruter seperti Anda tidak malu untuk bertanya ketiak tidak memahami sebuah tugas. Dengan begitu, diharapkan perusahaan akan lebih tertarik dengan Anda.

14. Tidak mudah menyerah

Dalam sebuah pekerjaan pastinya akan ditemui berbagai macam masalah. Disinilah penting memiliki kemampuan tidak mudah menyerah. Perekrut ingin melihat bagaimana Anda bisa menghadapi masalah yang ditimbulkan di pekerjaan. 

15. Kepribadian yang menyenangkan

Jawaban untuk kelebihan dan kekurangan saat interview kerja yang bisa Anda berikan pada rekruter selanjutnya adalah Anda memiliki kepribadian yang menyenangkan. Menyenangkan yang dimaksud berarti Anda adalah orang yang mudah disukai orang lain dan mudah bergaul. 

Jawaban seperti itu akan menunjukkan bahwa Anda memiliki banyak relasi dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. 

Baca juga: Ini 10 Penyebab Tidak Di panggil Interview, Salah Satunya Overqualified

Contoh Menjawab Kekurangan Diri Saat Interview Kerja

Selain memberikan pertanyaan seputar kelebihan saat interview kerja, seorang HRD biasanya juga akan menanyakan apa saja kekurangan Anda sebagai kandidat. Untuk itu berikut beberapa cara menjawab yang bisa Anda gunakan ketika interview kerja. 

1. Kurang sabar

Jawaban yang pertama adalah kurang sabar. Biasanya jika seseorang mengatakan hal ini, mungkin akan memberikan kesan yang buruk dimata orang lain terutama perusahaan. Mereka akan menilai Anda adalah orang yang suka marah-marah. Lalu, bagaimana cara menjawab kekurangan tersebut agar tetap memberikan kesan yang baik?

Anda perlu menjelaskan maksud dari tidak sabaran tersebut bagaimana. Contohnya Anda lebih suka menyelesaikan pekerjaan dengan cepat, sehingga pekerjaan akan terselesaikan dengan cepat waktu. 

2. Kurang pengalaman

Biasanya kekurangan seperti ini banyak dimiliki oleh pekerja yang baru saja lulus atau fresh graduate. Namun bukan berarti menjadi nilai negatif. Anda tetap bisa menjelaskan dengan baik kepada rekruter. 

Jelaskan bahwa walaupun Anda kurang memiliki banyak pengalaman dalam bekerja, namun Anda sudah mengikuti banyak kelas atau course hingga memiliki beberapa sertifikat keahlian. Jelaskan juga strategi apa yang ingin Anda lakukan untuk mengatasi kekurangan tersebut. 

3. Perfeksionis 

Bagi beberapa orang, perfeksionis mungkin bisa menjadi kelebihan karena berarti Anda adalah orang yang selalu memperhatikan detail. Namun sifat perfeksionis tersebut terkadang juga bisa menjadi kekurangan apabila terlalu berlebihan. 

Anda bisa menjelaskan lebih lanjut bagaimana cara Anda mengatasi hal tersebut. Misalnya mengerjakan dengan lebih teliti sehingga tidak perlu berulang kali mengeceknya. 

4. Kurang menguasai tools tertentu

Tools yang dimaksud disini adalah alat yang digunakan untuk mendukung pekerjaan. Bisa dalam bentuk mesin, aplikasi, software dan lainnya. Sangat wajar apabila Anda tidak bisa menguasai beberapa software tertentu, misalnya sebagai design grafis Anda belum bisa mengoperasikan Adobe Photoshop atau aplikasi lainnya. 

Namun Anda bisa mengatasinya dengan menjelaskan usaha apa yang ingin dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. 

5. Keras kepala

Jika Anda bisa menjelaskan dengan tepat mengenai kekurangan ini, maka bisa saja sifat keras kepala menjadi kelebihan Anda. Coba jelaskan bahwa tidak ada yang bisa mengubah keputusan Anda jika sudah mengambil keputusan. 

Anda juga bisa menjelaskan bahwa hal tersebut berarti Anda memiliki perencanaan serta tekad yang kuat.

6. Kurang percaya diri

Jawaban kekurangan yang satu ini biasanya cocok untuk Anda yang memiliki kepribadian tertutup. Anda bisa menyampaikan pada HRD jika kurang nyaman jika harus berbicara di depan banyak orang. 

Walaupun begitu, jelaskan juga bahwa Anda sudah berusaha untuk memperbaikinya, misalnya mulai berani untuk mengutarakan pendapat dalam satu divisi. 

7. Terlalu kritis dengan diri sendiri

Melansir dari Better Team, sifat terlalu kritis dengan diri sendiri bisa menjadi jawaban kekurangan yang bisa Anda jawab ketika diinterview nanti. Jelaskan bahwa Anda adalah sosok yang kritis dengan semua pekerjaan yang diberikan atasan. 

Akan tetapi, kekurangan ini bisa membuat Anda lelah atau tidak mau menerima bantuan teman kerja. 

8. Sulit mengambil keputusan

Dalam sebuah pekerjaan, mengambil keputusan adalah hal yang penting, baik itu skala besar atau kecil. Hanya saja ada beberapa orang yang kurang berani untuk mengambil keputusan. 

Sebagai solusi, jelaskan pada rekruter bahwa Anda selalu memikirkan dampak atau konsekuensi dari keputusan yang akan diambil. Tambahkan juga contoh seperti sebelum mengambil keputusan, Anda membuat mind map untuk melihat resiko apa yang bisa terjadi. 

9. Suka menunda pekerjaan

Suka menunda pekerjaan bisa menjadi jawaban kekurangan saat interview kerja yang umum. Walaupun memberikan kesan negatif, namun jika Anda bisa menjelaskannya dengan baik, kekurangan tersebut bisa menjadi productive procrastination.

Namun, jangan jelaskan hal tersebut sebagai sebuah kebiasaan. Anda bisa menjelaskan bahwa Anda masih berusaha mengurangi atau mengatasi hal tersebut karena akan mempengaruhi kinerja tim. 

10. Mudah terdistraksi

Kekurangan selanjutnya yang bisa Anda jawab adalah mudah terdistraksi. Meskipun multitasking bisa menjadi kelebihan, namun hal ini bisa mengganggu teman kerja Anda yang lain. 

11. Sulit mendelegasikan pekerjaan

Dalam bekerja, biasanya Anda tidak selalu bekerja sendiri terutama jika skala pekerjaannya sudah besar. Anda justru akan bekerja dalam tim dengan beberapa orang dimana terkadang harus mendelegasikan pekerjaan pada orang lain. Namun ada juga yang sulit mendelegasikan pekerjaan pada orang lain, dimana justru akan menyulitkan Anda. 

Anda bisa mengatasi jawaban tersebut dengan menjelaskan bahwa Anda selalu berusaha memberi kepercayaan pada orang lain untuk mengerjakan pekerjaan yang biasanya dikerjakan sendiri. 

12. Individualistik

Lebih suka mengerjakan pekerjaan sendiri bisa menjadi kekurangan saat Anda melamar pekerjaan. Terutama jika bidang pekerjaan Anda harus berhubungan dengan banyak orang. Anda perlu memberikan penjelasan atau strategi bagaimana mengatasi kekurangan tersebut. 

13. Tidak suka berdebat

Ada juga beberapa orang yang tidak suka berdebat baik itu dalam lingkungan pekerjaan atau lainnya. Sedangkan perdebatan adalah hal yang biasa terjadi ketika bekerja karena perbedaan pendapat. Anda dapat menjelaskan bahwa kekurangan tersebut menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang cinta damai. 

14. Sulit bertanya

Sulit bertanya terkadang juga bisa menjadi kekurangan ketika bekerja, mungkin rekruter akan berpikir bahwa Anda kurang bisa mengutarakan pendapat atau terlalu menerima apa adanya. 

Akan tetapi Anda bisa menjelaskannya bahwa Anda adalah seseorang yang percaya dengan pekerjaan yang diselesaikan sendiri, itu sebabnya Anda jarang bertanya. 

15. Kurang rapi

Jawaban untuk kelebihan dan kekurangan diri saat interview kerja yang selanjutnya adalah kurang rapi. Anda bisa menjelaskan terkadang kurang rapi dalam pekerjaan. Akibatnya banyak dokumen yang harus dibuat menjadi dua salinan. Namun jelaskan juga bahwa Anda sudah berusaha untuk mengatasi hal tersebut. 

Itulah beberapa jawaban yang bisa Anda gunakan ketika ditanya kelebihan dan kekurangan diri saat interview kerja. Selain menjawab dengan beberapa alasan diatas, akan lebih baik juga berikan penjelasan mengenai contoh atau solusi untuk mengatasi kekurangan tersebut. Dengan begitu, rekruter akan lebih yakin untuk memilih Anda sebagai pekerjanya.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.