10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Contoh Jawaban Pertanyaan Motivasi Kerja Saat Interview

Beberapa Contoh Jawaban Pertanyaan Motivasi Kerja Saat Interview

Informasi mengenai contoh jawaban pertanyaan motivasi kerja saat interview tentu dibutuhkan Anda yang tengah mempersiapkan proses wawancara kerja. Perlu Anda pahami terlebih dahulu, pertanyaan mengenai motivasi sangatlah penting dalam proses wawancara. 

Lewat pertanyaan tersebut, pihak perusahaan secara langsung menginginkan kandidat yang memiliki motivasi tinggi dalam setiap pekerjaannya. Dalam hal ini, tentu yang dibutuhkan bukan hanya sekadar motivasi agar terus dapat bertahan hidup dan mendapatkan gaji. 

Dengan mengetahui contoh jawaban pertanyaan untuk motivasi kerja saat interview, diharapkan hal tersebut dapat memberikan efek positif terhadap penilaian rekruter terhadap sang pelamar. Diharapkan juga pihak rekruter dapat menaruh kepercayaan kepada sang pelamar. 

Baca juga: Cara Menjawab Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami

Contoh Jawaban Pertanyaan Motivasi Kerja Saat Interview Terbaru

Setiap jawaban yang Anda keluarkan saat sesi wawancara kerja tentu akan menjadi bahan pertimbangan rekruter untuk menerima Anda atau tidak. Oleh karena hal tersebut, maka penting bagi Anda untuk selalu mempersiapkan jawaban yang akan dikeluarkan. 

1. Pekerjaan yang Dilamar Relevan dengan Motivasi

Jika Anda akan memberikan jawaban atas pertanyaan mengenai motivasi kerja, maka penting bagi Anda untuk mencari jawaban yang paling relevan dengan bidang pekerjaan yang dilamar. 

Ingat, jangan sampai Anda malah menjawab pertanyaan tersebut tidak sesuai dengan job desk pekerjaan yang tengah dilamar. Dalam hal ini, Anda bisa coba contoh jawaban pertanyaan motivasi kerja saat interview seperti berikut.

“Alasan saya melamar pekerjaan ini yaitu karena saya sangat menyukai posisi ini. Saya adalah sesorang yang senang menulis sehingga hal tersebut akan membuat diri saya nyaman dan bekerja saat mendapatkan pekerjaan sebagai content writer di perusahaan bapak/ibu”.

2. Memberikan Motivasi Positif dengan Penuh Antusias

Salah satu cara untuk bisa diterima di suatu perusahaan adalah dengan memberikan contoh jawaban pertanyaan motivasi kerja saat interview secara antusias. Saat menjawab pertanyaan tersebut, pastikan bahwa jawaban Anda ini terdengar penuh antusias. 

Dalam hal ini, Anda bisa coba menjawab “Salah satu motivasi saya bekerja adalah agar bisa memanfaatkan potensi dan kemampuan yang saya miliki dengan baik. Dengan motivasi ini, diharapkan saya dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi perusahaan”.

3. Hilangkan Kesan Angkuh

Untuk bisa membanggakan diri, tentunya Anda bisa coba dengan menjaga image. Namun meski demikian, Anda juga perlu mengetahui batas dalam menjaga image. Jangan sampai batas tersebut terlewati sehingga membuat kesan Anda menjadi angkuh.

Kesan angkuh secara langsung akan menjadi sinyal negatif pada sesi wawancara. Pasalnya, setiap perusahaan tentu membutuhkan karyawan atau tim di mana dapat diajak untuk bekerja sama dengan baik. 

Contoh jawaban pertanyaan motivasi kerja saat interview ini yaitu “Saya merupakan seseorang yang senang akan tantangan. Meski demikian, saya juga senang bekerja dalam tim. Dapat mempelajari hal dari rekan sesama tim tentu akan menjadi motivasi setiap harinya”.

4. Jawaban Jujur

Salah satu tips paling ampuh saat melakukan interview kerja adalah dengan memberikan jawaban secara jujur. Meski demikian, Anda juga perlu mengimbangi kejujuran Anda tersebut sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. 

Dalam banyak kasus, menjawab setiap pertanyaan yang keluar dari pihak rekruter dengan jujur akan membuat hati dan diri Anda nyaman. Lewat kejujuran ini juga, hidup Anda akan terasa lebih tenang dan tidak perlu takut ketahuan saat Anda memberikan jawaban palsu. 

Sebaik apapun diri Anda, jangan pernah berbohong karena sebenarnya pihak rekruter juga mengetahui apakah pelamar berkata jujur atau tidak melalui bahasa tubuh. Saat melakukan wawancara, penting bagi Anda untuk tetap percaya diri atas kejujuran yang diucapkan. 

Contoh jawaban pertanyaan motivasi kerja saat interview lainnya adalah “Secara nyata, saya merasa mendapatkan motivasi yang tinggi untuk melakukan pekerjaan ini. Lewat pekerjaan ini, saya merasa menjadi lebih hidup dan bahagia atas kehidupan ini”.

5. Beri Tahu Motivasi Apa yang Terjadi di Lingkungan

Dengan jujur, Anda dapat memberitahukan lingkungan kerja seperti apa yang Anda sukai. Saat memberitahukan hal tersebut, usahakan untuk selalu mengecek apakah jawaban tersebut relevan atau tidak dengan pekerjaan yang dilamar. 

Contoh jawaban untuk pertanyaan motivasi selanjutnya adalah “Menurut pandangan saya, pekerjaan ini akan membuka ruang diskusi sangat besar. Oleh karena hal tersebut, saya tertarik untuk melamar posisi yang dibutuhkan karena saya adalah pribadi yang senang akan diskusi”.Beberapa jawaban di atas diharapkan dapat membantu Anda di mana sedang melakukan interview kerja. Dengan menerapkan beberapa contoh jawaban pertanyaan motivasi kerja saat interview ini, diharapkan Anda akan diterima untuk bekerja.

Bagikan Artikel: