Cara Membedakan Panggilan Interview Asli dan Palsu, Wajib Simak!

Cara membedakan panggilan interview asli dan palsu harus diketahui bagi para pelamar kerja. Karena pada zaman sekarang ini, banyak oknum yang tidak bertanggung jawab melakukan penipuan terhadap panggilan interview.

Teknologi semakin berkembang pada setiap waktunya. Sehingga muncul beberapa mesin yang bisa memudahkan dalam berkomunikasi, seperti smartphone. Semua itu akan sangat membantu manusia dalam melakukan aktifitas harian.

Selain memiliki dampak positif, teknologi juga mengandung dampak negatifnya yang selalu disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Misalnya kejadian penipuan panggilan seleksi bagi para pelamar kerja.

Sehingga muncullah beberapa informasi mengenai cara membedakan panggilan interview asli atau palsu untuk menghindari kejadian tersebut. 

Maka dari itu, Ada baiknya Anda selalu mencari tahu tentang dunia pelamar kerja. Biasanya para pelamar membuat grup media sosial untuk membagikan informasi lowongan kerja hingga tips menghindari penipuan. Berikut penjelasan secara lengkapnya.

Jangan Sampai Tertipu! Berikut Cara Membedakan Panggilan Interview Asli dan Palsu

Pada zaman serba canggih ini Anda harus waspada. Karena dunia kejahatan akan semakin meluas melalui media online. Sehingga banyak korban dari kasus penipuan atau lainnya. Tentunya itu semua bisa diatasi dengan mengetahui cara menghindarinya.

Banyaknya kasus penipuan panggilan kerja palsu, membuat para pelamar kerja semakin khawatir untuk memasukan lamaran, terutama melalui media online. Dapat dibuktikan dengan adanya kasus peminjaman uang online menggunakan KTP korban.

Ada beberapa tips membedakan panggilan interview asli dan palsu yang bisa Anda ketahui. Pastinya akan bermanfaat ketika mendapatkan panggilan dari perusahaan yang telah dilamar. Berikut ciri-ciri secara lengkapnya.

Ciri-ciri Panggilan Interview Palsu

Secara umum, pihak perusahaan akan selalu melakukan proses pembukaan lowongan pekerjaan pada setiap waktunya. Dikarenakan permintaan barang selalu meningkat dan membutuhkan banyak pekerja untuk mencapai target tersebut.

Pihak rekrutmen juga telah mencantumkan dan menggunakan akses resmi ketika melakukan penerimaan karyawan baru. Misalnya melalui email resmi atau website resminya. Pastinya tidak akan terjadi kasus penipuan.

Berikut cara membedakan panggilan interview asli dan palsu melalui ciri-ciri pada penjelasan di artikel kami ini.

1. Tidak Menyebutkan Posisi yang Dilamar

Ketika Anda melamar pekerjaan, biasanya telah mencantumkan posisi yang akan dilamar pada surat lamaran kerja atau CV. Di mana itu semua bisa menjadi patokan untuk melihat apakan panggilan ini palsu atau tidak.

Sederhananya, pihak HRD akan mengirimkan pesan email sesuai dengan posisi yang Anda lamar. Misalnya operator produksi, maka nantinya akan terdapat pesan yang berisi tentang operator produksi.

Baca juga: Ciri ciri lulus interview user

2. Tidak Sesuai Lokasi Panggilannya

Cara membedakan panggilan interview asli dan palsu berikutnya adalah tidak sesuai dengan lokasi perusahaannya. Apabila Anda mendapatkan pesan panggilan melalui email atau Whatsapp, pastikan lokasinya sudah sesuai dengan perusahaan resmi.

Biasanya panggilan palsu akan mencantumkan link Google Maps yang mengarahkan Anda ke tempat selain perusahaan resminya, seperti ruko. Dapat dipastikan itu bukan merupakan panggilan dari HRD perusahaan yang Anda lamar.



3. Panggilan Melalui Email Palsu

Ciri-ciri panggilan palsu selanjutnya adalah pesan merupakan bukan dari email resmi perusahannya. Itu semua bisa diketahui dari website perusahaan yang Anda lamar. Biasanya menggunakan nama perusahaan dan bukan menggunakan domain gmail.

Anda bisa melakukan cara ini dengan sangat mudah, Apabila ingin menghindari kasus penipuan tersebut, bisa melamar pada website resmi perusahaan. Hindari pengisian lamaran dari google document atau lainnya.

Ciri-ciri Panggilan Interview Asli

Cara membedakan panggilan interview asli dan palsu harus diketahui secara jelas untuk menghindari dari berbagai kasus penipuan. Nantinya Anda akan dimintai uang ketika datang ke panggilan palsu tersebut. Berikut adalah ciri-ciri panggilan interview asli.

1. Melalui Email Resmi Perusahaan

Ketika Anda mendapatkan panggilan dari email resmi perusahaan dan disertai dengan keterangan panggilan lengkap, maka ambil kesempatan tersebut.  

Anda bisa memeriksa email resmi tersebut di google. Biasanya akan muncul keterangan perusahaan resmi atau websitenya.

2. Lokasi Tes di Perusahaannya Langsung

Ciri-ciri panggilan interview asli selanjutnya adalah lokasi yang dicantumkan dalam pesan dari HRD mengacu pada lokasi perusahaan resminya. Biasanya HRD hanya mencantumkan alamat sederhana. 

Informasi tersebut sangat bermanfaat untuk menghindari berbagai kejahatan, seperti kasus penipuan saat panggilan tes kerja. Maka dari itu, Anda harus memahai dengan baik cara membedakan panggilan interview asli dan palsu.

Temukan Lowongan Pekerjaan Paling Pas Dengan Skill Kamu di Pintarnya!

Dengan persaingan yang tinggi dan lowongan pekerjaan yang tidak banyak membuat mencari lowongan kerja bukan menjadi perkara yang mudah bagi sebagian orang. Namun dengan Pintarnya, mencari pekerjaan dapat dengan mudah dilakukan. Dengan ribuan loker yang tersedia, Anda dapat menemukan pekerjaan yang paling sesuai dengan skill yang dimiliki. Caranya Gampang Banget! 

1. Klik Tombol “Lihat Loker SD-SMA yang ada di bagian Atas Ponsel Anda

Dengan Klik tombol tersebut anda akan dibawa ke halaman yang akan menampilkan ribuan lowongan kerja yang tersedia untuk lulusan SD sampai SMA. Namun jangan khawatir Anda juga melakukan filter sesuai dengan jenjang pendidikan maupun wilayah yang Anda tuju.

2. Pilih Lowongan kerja Yang Sesuai Dengan Skill

Temukan lowongan kerja yang sesuai dengan keterampilan yang Anda miliki agar kesempatan diterima semakin besar. Mulai dari Admin,Sales,Pabrik,Perhotelan,Restoran Hingga Perawat semua dapat Anda temukan di Pintarnya!

3. Klik, Lamar & Kerja

Jika Lowongan Telah ditemukan segera lamar dengan CV dan surat lamaran kerja yang telah dibuat sebelumnya. Pantau terus status lamaran kerja Anda dan nantikan panggilan Interview dari HRD!


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.