10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

bolehkah memakai jeans saat interview kerja

Bolehkah Memakai Jeans Saat Interview Kerja? Ini Jawab

Pada saat ingin melakukan interview mungkin ada pertanyaan untuk sebagian beberapa orang, yaitu bolehkah memakai jeans saat interview kerja? Karena penggunanya yang umum dan nyaman digunakan. Sehingga hal tersebut menjadi umum bahwa pakaian tersebut layak dan dianggap semi-formal.

Anggapan tersebut menjadi alasan utama, ditambah banyak perusahaan zaman sekarang yang menggunakannya. Seperti yang dilakukan kebanyakan industri kreatif seperti Google, Meta, dan lain-lainnya. Akan tetapi, di Indonesia masih terlihat tabu untuk penggunaan tersebut.

Sebelum menjawab pertanyaan bolehkah memakai jeans pada saat interview kerja? Terlebih dahulu mengetahui beberapa tips memakai jeans dalam bekerja. Untuk pembahasannya lebih lanjut sebagai berikut.

Bolehkah Memakai Jeans Saat Interview Kerja? Berikut Tips Memakai Jeans untuk bekerja

Sebelum menggunakan jeans dalam bekerja, ada beberapa hal perlu diperhatikan seperti mencari tahu kultur perusahaan, untuk tidak cuek, menggunakan pakaian sopan, dan pemilihan warna yang tepat. Untuk pembahasannya sebagai berikut ini.

1. Mencari Tahu Kultur Perusahaan

Ada sebuah studi mengatakan bahwa seseorang bisa dinilai mulai dari beberapa detik pertama. Hal ini tidak bisa  terlepas dari pakaian atau penampilan. Bukan sekedar itu, kultur cara berpakaian sangat mempengaruhi seseorang lolos atau tidaknya saat interview.

Banyak perusahaan zaman sekarang memiliki kultur berbeda. Misalnya instansi perbankan memiliki kultur berpakaian formal, sedangkan industri kreatif memakai pakaian kasual. Keduanya memiliki cara atau aturan tersendiri pada perusahaan tersebut.

Untuk poin pertama ini sepertinya sudah bisa menjawab soal bolehkah memakai jeans saat interview kerja?. Karena pertanyaan tersebut bisa diketahui jika mencari informasi atau tanya langsung oleh pihak perusahaan. Sebab sebagian perusahaan memperbolehkan dan ada juga tidak membolehkan.

2. Jangan Cuek

Untuk melamar di perusahaan seperti perbankan, instansi sekolah, perhotelan dan lain sebagainya memiliki standarisasi sendiri dalam berpakaian. Hal ini mulai dari sepatu, baju, celana atau rok sudah ditetapkan oleh sebuah perusahaan. Ketika seseorang mengindahkannya, hal tersebut sangat tidak tepat dan bisa membuat seseorang canggung dalam melakukan interview.

Ketika memutuskan untuk memakai jeans, tidak disarankan untuk cuek untuk beberapa hal. Mulai dari kultur perusahaan dan aturan pakaian atau dresscode saat wawancara. Karena hal tersebut sangat mempengaruhi seseorang di mata pewawancara saat interview.

Poin kedua mirip dengan pertama, perbedaannya pada sebuah sikap. Seperti sudah dijelaskan tentang bolehkah memakai jeans saat interview kerja? hal ini terlebih dahulu mengetahui model perusahaan yang dituju. Jika formal seperti instansi sekolah, perbankan, dan lainnya sangat tidak disarankan.

Baca juga: 8 Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview untuk Fresh Graduate

3. Menggunakan Pakaian Sopan

Ketika seseorang melamar pada suatu perusahaan industri kreatif selalu disarankan untuk berpakaian kasual. Hal tersebut karena gaya bekerjanya tidak begitu terlalu kaku. Sehingga bisa menggunakan celana jeans atau sepatu sneakers ketika melakukan kerja.

Perusahaan industri kreatif tidak seformal perusahaan lainnya, akan tetapi perlu mengetahui kultur dari perusahaan tersebut. Ketika mendatangi interview, bisa berpakaian kasual tetapi juga harus sopan. Hal ini menjadi alasan bahwa bolehkah memakai jeans saat interview kerja? dengan jawaban boleh.

4. Pemilihan Warna

Dalam berpakaian pemilihan warna sangat dibutuhkan, karena hal tersebut bisa berpengaruh ketika interview. Saat mendatangi kegiatan tersebut sangat disarankan untuk menggunakan warna netral, sehingga tidak terlalu mengundang perhatian.

Ketika memilih warna cerah, seseorang bisa menjadi mencolok. Sehingga saat interview, pewawancara bisa terdistraksi karena hal tersebut. Karena itu, sangat tidak disarankan untuk menggunakan warna seperti kuning, oren, hijau, dan lain-lain.

Bahkan pertanyaan bolehkah memakai jeans saat interview kerja dan memiliki jawaban boleh. Hal tersebut juga perlu memilih warna yang sesuai karena memiliki kecenderungan masing-masing. Disarankan untuk memakai warna dasar sebab terlihat semi formal dan tidak begitu mencolok.

Ada beberapa hal perlu diperhatikan ketika memakai jeans saat bekerja atau interview. Seperti mencari tahu terlebih dahulu tentang kultur perusahaan, untuk tidak cuek dengan aturan dresscode saat interview, menggunakan pakaian sopan dengan memilih warna yang tepat.Mengenai beberapa hal tersebut mulai dari mencari informasi kultur perusahaan sampai pemilihan warnanya, kesimpulan dari bolehkah memakai jeans saat interview kerja? jawaban tersebut tergantung dari perusahaan seperti sudah dijelaskan sebelumnya mengenai hal tersebut.

Bagikan Artikel: