10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Apakah Public Speaking Berpengaruh saat Interview Kerja

Apakah Public Speaking Berpengaruh saat Interview Kerja

Apakah public speaking berpengaruh saat interview kerja? pertanyaan yang seringkali dilontarkan para job seeker. Pencari kerja pada instansi pemerintahan atau perusahaan yang semakin banyak dicari membuat beberapa pilihan seringkali harus diperhatikan.

Salah satunya dalam kemampuan public speaking. Di Indonesia sendiri banyak job seeker yang sedang mencari pekerjaan bahkan hampir tiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. Hal ini menandakan bahwa tingkat persaingan untuk mendapatkan kursi menjadi semakin terbatas.

Skill public speaking merupakan salah satu kemampuan yang sangat dibutuhkan banyak pencari pekerja. Contohnya saja saat melakukan presentasi di depan atasan atau saat rapat. Tentunya ini mendatangkan sebuah skill tersendiri atau nilai tambah bagi karyawan.

Walaupun perkembangan zaman semakin canggih, skill berkomunikasi tetap dibutuhkan sampai kapanpun. Karena dengan public speaking, membantu Anda dalam melakukan interaksi dua arah atau lebih secara lebih mendalam.

Kemampuan public speaking bisa saja dilatih dan dikembangkan. Dengan catatan Anda memiliki keinginan untuk merubah itu semua. Orang yang introvert sekalipun bisa menjadi ekstrovert dengan melatih cara public speakingnya secara konsisten.

Pengertian dari Public Speaking 

Sebelum masuk ke dalam penjelasan apakah public speaking berpengaruh saat interview kerja sebaiknya jika Anda mengetahui apa itu public speaking. Hal ini untuk menyamakan persepsi mengenai public speaking itu sendiri.

Kemampuan seseorang untuk melakukan tindakan berbicara di depan audiens secara langsung dengan tujuan untuk menyampaikan informasi, menghibur dan bersifat persuasif. Secara sederhana public speaking diartikan kemampuan berbicara kepada sekelompok orang.

Penggunaan public speaking seringkali tidak hanya dikaitkan dengan kemampuan mempresentasikan di depan sekelompok orang saja. Atau bahkan kemampuan untuk membranding atau memasarkan sebuah produk dari perusahaan.

Sebenarnya jika berbicara mengenai skill komunikasi memiliki banyak sekali jenisnya. Untuk penerapan kehidupan sehari-hari saja Anda secara tidak langsung sudah mampu menerapkan public speaking.

Namun pertanyaannya apakah public speaking berpengaruh saat interview kerja sudah memiliki struktur dan sistematis penyampaiannya. Ini juga menjadi perhatian khusus bagi Anda ketika ingin membedakan pengimplementasian skill komunikasi.

Dalam dunia kerja public speaking menjadi sebuah kebutuhan yang harus dimiliki oleh setiap karyawannya. Karena setiap hari akan menghadapi banyak orang untuk keberlangsungan goals dari instansi atau perusahaan tersebut.

Baca juga: cara meningkatkan skill komunikasi untuk berkarir

Apakah Public Speaking Berpengaruh saat Interview Kerja?

Hal ini seringkali dipertanyakan oleh banyak orang khususnya pencari kerja. Karena banyak yang merasa belum memiliki skill public speaking.

Saat Anda sedang menghadapi interview kerja tentunya terdapat beberapa indikator yang menjadi penilaian HRD. Namun yang perlu di garis bawahi adalah utamanya dalam kemampuan public speaking saat wawancara.

Karena hal ini pasti HRD sendiri akan melihat bagaimana cara Anda menjawab semua pertanyaan dan tingkah laku saat wawancara berlangsung. Ada beberapa poin dalam pertanyaan apakah public speaking berpengaruh saat interview kerja.

Di antaranya yaitu sampaikan antusias Anda saat menyampaikan identitas ketika melakukan wawancara kerja. Namun jangan sampai berlebihan dalam menjawab tetap pada konteks apa yang sedang dipertanyakan oleh HRD.

Dalam public speaking tentunya dibutuhkan jawaban yang sesuai dengan apa pertanyaannya. Jika Anda tidak mendengarkan dengan seksama pertanyaan yang diajukan maka hal ini tentunya menjadi poin minus tersendiri.

Dengarkan dengan seksama dan hati-hati setiap pertanyaan. Jangan takut untuk mengajukan pertanyaan juga ketika Anda sedang wawancara kerja karena hal ini menandakan bahwa Anda siap dan tidak takut saat interview.

Public speaking juga biasanya diiringi dengan pola gesture tubuh Anda. Pentingnya menjaga gesture saat berbicara di depan pewawancara dan hindari gerakan berlebih. Sesuaikan saja dengan apa yang Anda butuhkan dari setiap kalimatnya.

Sebelum Anda menghadapi interview kerja yang sesungguhnya alangkah baiknya sering melakukan latihan. Latihan di depan kaca dan sering melakukan komunikasi dengan banyak orang agar menghilangkan rasa introvert berlebihan.

Alasan Apakah Public Speaking Berpengaruh saat Interview Kerja?

Public speaking memegang peranan kuat dalam hasil interview kerja yang Anda ikuti. Biasanya orang dengan skill komunikasi bagus menandakan bahwa sudah terlatih dan terbiasa. Orang seperti ini cenderung lebih ekstrovert.

Namun juga tidak menutup kemungkinan orang introvert bisa melakukannya. Dalam sebuah perusahaan tentunya tidak terlepas dengan namanya interaksi klien, orang eksternal perusahaan dan lain sebagainya. Bahkan dengan presentasi bisa menentukan kemenangan sebuah tender.


Pentingnya Anda yang sedang mencari pekerjaan dan mulai mempersiapkan jangan tinggalkan public speaking. Karena pentingnya mengetahui apakah public speaking berpengaruh saat interview kerja sangat berdampak terhadap hasil kerja keras Anda masuk perusahaan impian.

Bagikan Artikel: